Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Aug 2015

Keunggulan Tanah di Indonesia

Keunggulan Tanah di Indonesia - Kalian pasti sangat sering melihat dan memperhatikan kondisi sekitar tempat tinggal kalian? Apa dan bagaimana masyarakat memanfaatkan tanah di lingkunganmu? Apa saja perbedaan yang kalian temukan di kondisi tanah lingkungan kalian? Keunggulan apa saja yang ada di kondisi tanah Indonesia ini?

Tanah di Indonesia subur salah satunya karena disebabkan Indonesia yang berada di daerah vulkanis. Indonesia memiliki sangat banyak gunung berapi yang letusannya setiap saat bisa menyuburkan tanah.

Tanah di Indonesia

Mengapa gunung berapi bisa menyuburkan tanah? Letusan gunung berapi menyemburkan abu vulkanik yang menjadi penyubur bagi tanah yang kurang subur. Tanah di Indonesia yang subur bisa mendukung berbagai jenis tanaman sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Kondisi tanah yang subur ini, iklim tropis dengan sinar matahari dan curah hujan yang cukup memadai, merupakan salah satu bentuk keunggulan komparatif bagi wilayah negara kita tercinta. Apabila dijelaskan dengan kata lain, tanah di Indonesia dapat ditanami oleh berbagai jenis tanaman dan mampu memberikan hasil yang melimpah.

Tanah di Indonesia yang subur berdampak positif bagi kelangsungan berbagai jenis flora maupun fauna yang bisa tumbuh, berkembang biak dan hidup dengan baik. Dengan kondisi tanah yang subur, iklim tropis dan curah hujan yang cukup menjadikan tanah di Indonesia mampu untuk ditanami berbagai macam tanaman yang sekaligus sebagai penyedia makanan untuk berbagai jenis fauna.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top