Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

21 Aug 2015

Macam-macam Kejujuran


Ads

Ads
Macam-macam Kejujuran - Perilaku jujur memang begitu baik, sehingga orang di sekitar bisa merasa aman dan percaya terhadap Anda, karena tidak ada kebohongan yang disembunyikan.

Dan berdasar dengan tempatnya, jujur ada beberapa macamnya, yakni jujur di dalam hati atau dalam niat, jujur di dalam perkataan atau ucapan, serta jujur di dalam melakukan suatu perbuatan.

Macam-macam Kejujuran

1. Jujur dalam Niat dan Kehendak
Yakni motivasi atau dukungan bagi setiap gerak dan langkah seseorang dalam rangka menaati perintah Allah SWT dan ingin mencapai RidhoNya. Jujur yang sesungguhnya berbeda dengan berpura-pura jujur. Orang yang bertindak pura-pura jujur merupakan orang yang tidak ikhlas dalam berbuat.

2. Jujur dalam Ucapan
Yakni memberitahukan sesuatu sesuai dengan realita yang tengah terjadi, kecuali untuk kemaslahatan yang dibenarkan syari'at seperti dalam kondisi Perang, mendamaikan orang yang tengah bersengketa dan semisalnya.

Setiap hamba memiliki kewajiban untuk menjaga lisan, yakni dengan berbicara secara jujur dan dianjurkan untuk menghindari kata sindiran karena dengan hal tersebut adalah sepadan dengan kebohongan, kecuali saat tengah dibutuhkan dan demi kemaslahatan pada saat tertentu, tidak berkata kecuali dengan benar dan jujur.

3. Jujur dalam Perbuatan
Yakni seimbang antara lahir dan batin hingga tidaklah berbeda antara amal lahir dan amal batin. Jujur dalam perbuatan juga memiliki arti melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridhoi oleh Allah SWT dan melaksanakannya secara terus-menerus dan ikhlas.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top