Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

31 Aug 2015

Mengapa Penegakan HAM Penting dilakukan di Indonesia?

Mengapa Penegakan HAM Penting dilakukan di Indonesia? - Terlebih dahulu kembali ke mateeri pokok bahwasanya Pelanggaran HAM dalam Pasal 1 angka 6 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, yang dimaksud dengan pelanggaran hak asasi manusia adalah :

Setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara, baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.
Mengapa Penegakan HAM Penting dilakukan di Indonesia

Dan Mengapa Penegakan HAM Penting dilakukan di Indonesia?
Karena pada saat ini, sudah banyak orang yang tak mau lagi untuk menghargai Hak Manusia yang lainnya dan semakin maraknya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di mana-mana.

Sehingga, Penegakan HAM Penting dilakukan di Indonesia karena dengan ditegakannya HAM, maka ini merupakan bentuk dari tindakan preventif terhadap banyaknya penyimpangan segala bentuk norma yang berlaku di dalam masyarakat seperti halnya norma hukum, norma moral, norma agama dan norma sosial serta dengan banyak penyimpangan atau pelanggaran HAM yang lain. Apabila HAM telah ditegakkan dengan benar, maka cita-cita untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang lebih damai, tenteram, adil dan sejahtera bisa secepatnya tercapai dan terlaksana.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top