Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

21 Aug 2015

Pengertian Internet dan Intranet


Ads

Ads
Pengertian Internet dan Intranet - Dalam segi ruang lingkup, dalam perbedaannya jelas terlihat. Di mana Internet dalam lingkup yang luas, sementara itu Intranet dalam lingkup yang sempit.

Lalu, sebelum berlanjut ke tahap selanjutnya, alangkah baiknya kita cari tahu terlebih dahulu sebenarnya apa yang dinamakan dengan Internet dan Intranet.

Pengertian Internet dan Intranet

Internet

Kita tentu tidak asing dengan satu kata ini. Walau hanya satu makna, nampaknya sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kita.

Apabila kita bertanya, sebenarnya .... itu apa sih? Kebanyakan besar, teman kita akan menjawab Cari aja di internet, banyak!

Dan mungkin, tidak sedikit dari kita lebih sering menggunakan Internet untuk mengetahui hal baru yang belum kita ketahui daripada kita menanyakannya kepada teman yang belum tentu benar jawaban yang mereka ajukan.

Internet (singkatan dari Interconnection Network) yakni beberapa komputer yang saling terhubung satu sama lain sehingga membentuk suatu jaringan komputer (network). Lalu, sejumlah jaringan komputer digabungkan dan dihubungkan lagi sehingga membentuk Internet.

Lebih ringkasinya, Internet merupakan jaringan komputer global, sementara jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan dengan Intranet.

Untuk mendapat akses Internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau biasa disebut dengan Internet Service Provider (ISP). Dengan jasa perusahaan Internet Service Provider, kita bisa mendapat jalur Internet setelah menghubungkan komputer dengan komputer server.

Dalam cakupannya, Internet itu bersifat mendunia (global) berarti luas sehingga jutaan komputer di seluruh dunia bisa saling terhubung.

Intranet

Intranet merupakan kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan Protokol TCP/IP atau HTTP. Maka dari itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki Internet seperti email, File Transfer Protocol dan sebagainya.

Jaringan Intranet merupakan jaringan Internet yang hanya dimiliki kelompok ataupun perusahaan, sekolah dan lainnya yang tidak bisa diakses oleh orang lain.

Akan tetapi, Intranet tetap bisa terkoneksi ke dalam Internet sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran data dan informasi dengan jaringan Intranet lainnya (Internet Working) melalui backbone Internet.

Intranet sangat mudah untuk diterapkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dan yang menjadi salah satu hal yang terpenting pada Intranet adalah keamanan jaringan (Network Security). Isu ini sangatlah sensitif karena jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (Public Service Communication Network) sehingga rentan terjadi penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top