Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

13 Aug 2015

Pengertian Perilaku Amanah

Pengertian Perilaku Amanah - Amanah memiliki arti terpercaya (bisa dipercaya). Amanah juga memberikan arti pesan yang dititipkan dapat disampaikan kepada orang yang berhak. Amanah yang wajib untuk ditunaikan oleh tiap orang ialah hak Allah SWT, seperti sholat, zakat, puasa, berbuat baik kepada sesama dan lainnya.

Amanah ini berkaitan erat dengan yang namanya tanggung jawab. Orang yang menjaga amanah biasanya disebut sebagai orang yang mampu bertanggung jawab. Dan sebaliknya, orang yang tidak menjaga amanah disebut orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasannya menjaga amanah itu sangatlah penting. Jikalau kalian setuju dengan pernyataan ini, cobalah mulai sekarang berlatih untuk menjaga amanah. Untuk memulainya tidaklah begitu sulit. Kalian bisa dengan menjaga amanah dari yang kecil, seperti melakukan tanggung jawab piket kebersihan.

Amanah (Dapat Dipercaya)

Tidaklah hanya hal tersebut, belajar serta sekolah dengan sungguh-sungguh juga merupakan bagian dari menjaga amanah. Melaksanakan ibadah solat pun juga merupakan bagian menjaga amanah dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda :
Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda : "Setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang kepala negara adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya..." (HR Bukhari dan Muslim)

Amanah dibedakan menjadi 3 macam

1. Amanah terhadap Allah SWT
Amanah ini merupakan bentuk ketaatan akan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Allah SWT berfirman :
"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad), dan (juga) janganlah kalian mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (QS Al-Anfal/8:27)
Contoh bentuk amanah kepada Allah SWT ialah menjalankan semua yang diperintahkan dan meninggalkan semua yang dilarang.

2. Amanah terhadap sesama Manusia
Amanah ini meliputi hak antar sesama manusia. Misal ketika kita dititipi pesan ataupun barang, maka kita mestilah menyampaikan kepada orang yang berhak. Allah SWT berfirman :
"Sesungguhnya Allah SWT menyuruh kamu untuk menyampaikan amanah kepada yang berhak menerimanya..." (QS An-Nisa'/4:58)
3. Amanah terhadap Diri Sendiri
Amanah ini dijalani dengan mencoba memelihara dan menggunakan segala/segenap kemampuannya sendiri demi menjaga kelangsungan hidup, kesejahteraan dan kebahagiaan diri. Allah SWT berfirman :
"Dan (sungguh beruntung) orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya." (QS Al-Mu'minun/23:8) 
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top