Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

13 Aug 2015

Persebaran Flora di Indonesia


Ads

Ads
Persebaran Flora di Indonesia - Flora di Indonesia bisa dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yakni Indo-Malayan dan Indo-Australian. Pada kelompok Indo-Malayan ini meliputi kawasan Indonesia bagian Barat. Pulau yang masuk di dalam kelompok ini seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Pada Kelompok Indo-Australian meliputi berbagai tumbuhan yang ada di kawasan Indonesia timur. Pulau yang termasuk dalam Nusa Tenggara, Maluku serta Papua. Dalam perbandingan karakteristik flora yang ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur, sebagai berikut.

Flora di Indonesia

Indonesia Barat :

  1. Jenis meranti-merantian sangatlah banyak.
  2. Ada berbagai jenis rotan.
  3. Tidak adanya hutan kayu putih.
  4. Jenis tumbuhan matoa sedikit.
  5. Jenis tumbuhan sagu sedikit.
  6. Ada berbagai jenis nangka.
Indonesia Timur :
  1. Jenis meranti-merantian sedikit.
  2. Tidak ada berbagai jenis rotan.
  3. Ada hutan kayu putih.
  4. Terdapat berbagai jenis tumbuhan matoa.
  5. Banyak tumbuhan sagu.
  6. Tidak terdapat jenis nangka.
Berbagai jenis flora itu telah dimanfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia, baik sebagai bahan furniture, bahan bangunan, bahan makanan dan lain sebagainya.

Sebagai contohnya, rotan banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk membuat kursi, meja serta perabotan rumah tangga yang lain.

Berbagai jenis kerajinan dihasilkan dengan memanfaatkan bahan baku dari rotan. Sentra penghasil produk kerajinan itu sendiri telah banyak berkembang di daerah tertentu, seperti di Cirebon dan daerah lain di Pulau Jawa.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top