Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

18 Aug 2015

Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Prinsip Pengolahan Limbah Organik - Pengolahan limbah organik memerlukan pengetahuan yang memadai, sehingga dalam pemanfaatannya tidak menghasilkan limbah baru yang malah justru bisa menambah masalah dalam kehidupan.

Setidaknya, limbah dari hasil daur ulang bisa dikelola dengan efisien dan efektif agar sampah yang dihasilkan dari proses pemanfaatan bisa diminimalisir.

Limbah Organik

Berikut ini merupakan prinsip yang diterapkan di dalam pengolahan sampah. Prinsip ini biasa dikenal dengan nama 3R, yakni :

1. Mengurangi (Reduce)
Meminimalisir barang atau material yang kita gunakan. Semakin banyak kita menggunakan material tersebut, maka akan semakin banyak sampah yang nantinya dihasilkan.

2. Menggunakan kembali (Reuse)
Memilih barang-barang yang bisa untuk digunakan kembali. Hindarilah pemakaian barang-barang yang hanya bersifat sekali pakai, lalu dibuang.

3. Mendaur ulang (Recycle)
Barang yang sudah tidak memiliki gunanya bisa untuk didaur ulang kembali. Tidak semua barang bisa untuk didaur ulang, akan tetapi saat ini sudah semakin menjamurnya industri kecil dan industri rumah tangga yang memanfaatkan sampah menjadi barang yang lain, seperti kerajinan.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
Author Profile

About Habibullah Al Faruq

6 tahun menuntut ilmu di SDN, 3 tahun memperluas wawasan di SMPN, 3 tahun lagi menggali jati diri di SMKN dan kini menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, jurusan Teknik Informatika.

0 Komentar Prinsip Pengolahan Limbah Organik

Post a Comment

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Back To Top