Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

2 Sep 2015

Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan


Ads

Ads
Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan - Faktor Eksternal adalah faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan yang terutama berhubungan dengan zat makanan.

Protein pada hewan sangat perlu dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan pembentukan sel yang baru. Apabila kekurangan protein, maka gejala umum pada anak yang tengah tumbuh antara lain terganggunya pertumbuhan.

Di dalam tumbuhan, beberapa faktor eksternal yang memiliki pengaruh penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan seperti cahaya, air, suhu dan tanah.

Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Cahaya Matahari

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama bagi seluruh kehidupan di bumi ini. Matahari berpengaruh terhadap proses fotosintesis. Fotosintesis tidak akan bisa berlangsung jika tidak terdapat cahaya yang cukup.

Air

Di samping sebagai faktor utama untuk fotosintesis, air juga memiliki peran dalam pembelahan sel. Ketersediaan air dalam jumlah yang cukup nantinya akan mengisi rongga vakuola sehingga dinding sel mengembang dan mendorong sel untuk membelah.

Apabila ketersediaan air kurang, dan trasnspirasi berlangsung dengan intensif, maka proses fotosintesis akan terganggu, pembelahan sel akan terhambat yang menyebabkan tumbuhan menjadi kerdil, meranggas lalu mati.

Tanah

Tumbuhan tentu akan tumbuh dengan subut apabila unsur yang diperlukan tersedia dalam jumlah yang cukup. Sebaliknya, apabila unsur tersebut tidak tersedia dengan cukup, maka pertumbuhan akan terhambat.

Sebagian besar unsur hara diserap dari dalam tanah bersama dengan penyerapan air. Jika kekurangan nitrogen menyebabkan terhambatnya pembentukan klorofil dan pembentukan antosianin dengan giat sehingga daun berwarna kuning dan kemudian rontok. Kekurangan kalium menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan batang menjadi kurang kuat sehingga mudah patah. Kekurangan kalsium akan menyebabkan pengambilan magnesium secara berlebih sehingga muncul timbul gejala keracunan. Kekurangan magnesium akan menyebabkan klorosis, saun menjadi berwarna kuning dan mengganggu proses fotosintesis.

Suhu

Di daerah yang memiliki 4 musim, musim salju kadang tidak memungkinkan untuk tumbuhan dalam melangsungkan hidupnya. Beberapa tumbuhan tentu menghentikan kegiatan sebagiannya atau bahkan secara menyeluruh hingga lingkungan memungkinkan. Keadaan seperti ini biasa disebut dengan dormansi.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top