Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

19 Sep 2015

Pengertian dan Fungsi Internet Service Provider (ISP)


Ads

Ads
Pengertian dan Fungsi Internet Service Provider (ISP) - Pernahkah Anda melepas genggaman ponsel yang ada di tangan Anda? Tentu sudah jarang bukan?

Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin majunya teknologi, kita pasti membutuhkan perangkat elektronik canggih (Ponsel, Komputer, dll) untuk saling bertukar informasi dan berbagi data satu sama lain dengan instan!

Ada banyak cara untuk melakukan proses komunikasi, bisa menggunakan Pesan Singkat (SMS), Telepon atau bahkan melalui Internet. Dan yang paling digemari saat ini adalah kebanyakan orang menggunakan Internet untuk saling berbagi data, karena biaya yang murah dan bisa mendukung konten berbasis multimedia.

Internet Service Provider

Dalam jaringan Internet, kita bisa berinteraksi kapan saja, di mana saja, dengan siapa saja dan apa saja yang kita mau dan inginkan. Proses berbagi dan bertukar informasi bisa didapat dengan cepat.

Tak lepas dari hal tersebut, untuk terhubung ke dalam suatu jaringan internet, kita bisa menggunakan koneksi, dan saat kita memiliki koneksi, sebelumnya kita harus berlangganan ke Internet Service Provider (ISP) atau dalam bahasa Indonesia, biasa disebut dengan "Penyedia Jasa Layanan Internet".

Pengertian ISP

Internet Service Provider merupakan perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada seluruh masyarakat sehingga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan internet.

Bagi pengguna, untuk bisa terhubung ke dalam Internet begitu mudah. Bisa dengan menghubungi ISP melalui Modem (Modulator de Modulator) dan Komputer, lalu ISP tersebut yang nantinya akan langsung mengurus perincian yang dibutuhkan untuk bisa terhubung dalam jaringan komputer, juga sudah termasuk biaya koneksi tersebut.

ISP ini nantinya akan membagi kapasitas koneksi di dalam Internet yang mereka miliki untuk penggunanya yang membutuhkan layanan internet.

Saat ini, keberadaan dari Internet Service Provider sangat-sangat dibutuhkan. Dan kehandalan dari sistem ini juga berpengaruh/berdampak pada kecepatan koneksi yang dimiliki. ISP memiliki jaringan baik itu secara domestik maupun secara internasional sehingga pengguna dari sambungan yang telah disediakan oleh ISP bisa terhubung dengan baik ke dalam jaringan Internet global atau jalur internet yang lebih luas.

Jika kalian ingin tahu, awalnya ISP ini memiliki identik dengan jaringan telepon, karena dahulu ISP menjual koneksi dengan melalui jaringan telepon. Dan sekarang, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ISP tersebut berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon, akan tetapi juga menggunakan teknologi seperti wireless dan fiber optic.

Fungsi ISP

  1. Menyediakan layanan jaringan internet bagi para penggunanya sehingga bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
  2. Sebagai perantara dalam menyediakan sambungan internet.
  3. Menghubungkan komputer client ke dalam gateway internet terdekat.
  4. Menyediakan perangkat modem sebagai sambungan dial-up.
  5. Menghubungkan pengguna ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
  6. Memungkinkan para pengguna untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  7. Memungkinkan para pengguna untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
  8. Bisa juga melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem anti virus kepada pelanggannya.

Sebelum berlangganan dengan ISP tertentu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Kecepatan Transfer
Anda bisa menanyakan langsung berapa kecepatan transfer atau bisa dengan melihat dan membuka situs web resmi dari ISP tersebut untuk kecepatan transfer data maksimal pada penawaran provider tersebut. Dan perlu diketahui, kecepatan transfer data untuk setiap ISP berbeda-beda!

Provider bisa dikatakan akan semakin bagus jika memiliki transfer data yang semakin cepat.

Jenis Modem
Modem yang digunakan dari Pihak ISP sehingga koneksinya cepat itu berbeda-beda. Maka dari itu, pilih ISP yang mampu menawarkan modem terbaik dan yang telah mendukung teknologi berbasis 3G atau bahkan teknologi terbaru 4G untuk sambungan internet yang menggunakan wireless.

Fitur Tambahan
Dalam memilih ISP, Anda memang harus dituntut untuk teliti memilihnya. Jika semakin banyak fitur yang diberikan alias ditawarkan, maka menunjukkan bahwa ISP tersebut sedang tidak main-main dan bisa dibilang ISP mereka adalah yang paling handal.

Jenis ISP

1. Dial-up Connection
Dial-up Connection ini adalah koneksi ke jaringan internet yang memiliki sifat sementara di mana pengguna tidak terkoneksi secara terus-menerus ke dalam sebuah jaringan internet. Pengguna hanya akan dikenakan biaya berdasar berapa lama waktu untuk mereka terhubung ke dalam jaringan internet.

Dan untuk melakukan Dial-up Connection (mendial) yang harus Anda butuhkan adalah Perangkat Keras Elektronik (PC/Laptop), Modem, Saluran Telepon dan Software yang sudah disediakan oleh ISP, biasanya Software sudah sepaket dengan Modem.

Jenis koneksi ini umum digunakan oleh pengguna yang mengakses internet melalui rumah dan umumnya komputer yang digunakan adalah komputer tunggal maupun komputer milik pribadi.

2. Dedicated Communication
Dedicated Communication memiliki sifat yang menetap, berarti bahwa terhubung ke dalam jaringan internet selama 24 jam dan selama 7 hari. Jenis dari koneksi ini biasanya banyak digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah komputer dan karyawan yang banyak.

Untuk menekan biaya internet yang begitu mahal, maka perusahaan membuat sebuah jaringan bernama LAN (Local Area Network) dan menghubungkan LAN tersebut ke dalam internet dengan melalui suatu ISP dan hanya dengan menggunakan 1 buah modem dan saluran telepon sewa yang online selama 24 jam.

Karena sistem ini termasuk ke dalam jangkauan yang mahal, maka biasanya ISP akan memberikan beberapa metode untuk menekan harga, misal dengan memberikan batasan jumlah yang boleh untuk diupload (diunggah) atau didownload (diunduh) oleh pelanggan selama 1 bulan.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top