Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

27 Sep 2015

Contoh Perilaku Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Bangsa dan Negara

Contoh Perilaku Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Bangsa dan Negara - Setelah kalian mencoba melakukan upaya penegakan HAM di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, ada baiknya untuk melakukan penegakan HAM yang lebih jauh lagi, di lingkungan bangsa dan negara.

Tidak usah malu, karena setiap orang boleh untuk membela HAM dan melindungi hak-hak yang benar dengan prinsipnya. Untuk melakukan kebaikan, pasti akan didukung pula dengan kebaikan.

Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Bangsa dan Negara

Banyak contoh yang bisa kalian lakukan untuk mendukung terjadinya upaya penegakan HAM di lingkungan bangsa dan negara, seperti :
  1. Berusaha untuk memahami, mendalami dan menaati setiap instrumen HAM yang berlaku.
  2. Memberikan pelayanan yang terbaik di lingkungan bangsa dan negara.
  3. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di suatu pemerintahan.
  4. Mencoba untuk ikut serta dalam membantu segala kebijakan baik yang dibuat oleh pemerintah.
  5. Bersedia untuk menjadi saksi dalam proses pengadilan dalam kehidupan berbangsa dan mengetahui peristiwa terjadinya pelanggaran HAM.
  6. Tidak menyabotase proses pengadilan tindak pelanggaran HAM.
  7. Berani untuk melahirkan kepada pihak yang berwenang jika mengetahui/melihat peristiwa pelanggaran HAM dan sebagainya.
  8. Berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membuat kerusuhan dan melakukan tindak provokator yang bisa memecah belah bangsa Indonesia.
  9. Menghormati dan menghargai lembaga perlindungan HAM.
  10. Mendengar dan melaksanakan materi penyuluhan mengenai HAM.
  11. Aktif dalam mensosialisasikan hukum dan HAM.
  12. Menghargai segala hak dari kaum perempuan.
  13. Membantu terwujudnya perlindungan hak anak.
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, berusaha untuk memahami sungguh-sungguh instrumen HAM yang berlaku begitu penting, karena setiap perbuatan maupun pelanggaran pasti ada landasannya.

Dan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang baik, kita harus bersikap selalu mematuhi peraturan yang ada. Entah itu peraturan dari yang kecil dan tidak tertulis semisal makan menggunakan tangan kanan, atau peraturan yang ada di sekolah, untuk datang tepat waktu dan bahkan peraturan yang berlaku di dalam pemerintahan harus ditaati.

Dan jika saat Pemerintah melakukan upaya hal baik terkait dengan HAM, kita sebagai masyarakat wajib untuk mendukungnya. Tidak akan pernah terjalin dengan baik upaya yang dibentuk jika tidak ada dukungan dari orang lain, contohnya dukungan positif dari masyarakat akan pentingnya penegakkan HAM yang dilakukan oleh pemerintah.

Saat kita mengetahui betul, melihat dengan mata kepala sendiri saat orang tengah melanggar HAM, laporkan langsung kepada pihak yang berwenang jika Anda mengetahui tindak pelanggaran tersebut. Carilah bukti sebanyak-banyaknya agar mudah dalam memproses terkait tindakan pelanggaran HAM yang tengah Anda amati tersebut.

Berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membuat kerusuhan/kericuhan dan lain sebagainya yang membuat banyak pihak yang bertengkar atau berselisih. Karena hal tersebut bisa memecahkan bangsa. Mengapa bisa? Tentu bisa, karena perpecahan itu timbul dari akarnya (dari masalah kecil) dan apabila jika dibiarkan secara terus-menerus akan menimbulkan perpecahan yang mana jika suatu Negara ingin kuat, harus bersatu.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top