Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

18 Sep 2015

Contoh Perilaku Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Masyarakat


Ads

Ads
Contoh Perilaku Upaya Penegakan HAM di Lingkungan Masyarakat - Peran serta kalian dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan atau terselenggaranya HAM dengan baik tidak hanya dilakukan di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekolah, akan tetapi bisa diterapkan di lingkungan masyarakat.

Peran serta kalian dalam menegakkan HAM di lingkungan masyarakat begitu penting, dan tak lepas dari itu semua, kalian juga harus membekali diri dengan keberanian dan kesopanan karena mengingat di masyarakat banyak yang lebih tua daripada kita sendiri, dan kita harus menghormatinya.

Banyak sekali contoh yang bisa dilakukan untuk menegakkan HAM di lingkungan masyarakat, seperti :

Upaya Penegakkan HAM di Lingkungan Masyarakat


  1. Membuat tata tertib yang sesuai dengan kondisi masyarakat.
  2. Memberikan contoh yang baik kepada warga di sekitar.
  3. Melakukan kewajiban yang semestinya yang telah ada di masyarakat.
  4. Tidak membedakan-bedakan masyarakat berdasar golongan dan sebagainya.
  5. Membantu tetangga jika mereka tengah berada dalam kondisi kesusahan.
  6. Berusaha untuk tidak menyinggung perasaan tetangga.
  7. Menghargai berbagai bentuk pendapat dari orang lain.
  8. Berkomunikasi antar sesama dengan sopan dan santun.
  9. Tidak mengganggu ketertiban umum.
  10. Saling menjaga dan melindungi harkat dan martabat sesama.
  11. Turut membantu terselenggaranya masyarakat yang aman, damai dan tenteram.
  12. Mengembangkan sikap tenggang rasa.
  13. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  14. Mengutamakan musyawarah untuk mufakat.
  15. Melakukan kegiatan yang bermanfaat.
  16. Menghindari segala bentuk tindakan yang berhubungan dengan tindak kekerasan.
  17. Menjauhkan sifat yang suka main hakim sendiri.
Perilaku upaya penegakan HAM yang tercipta di lingkungan masyarakat tentu jika dilaksanakan dengan perlahan namun pasti akan menimbulkan rasa yang aman, damai dan tenteram sehingga tidak akan timbul perbuatan yang menyimpang dari kebenaran.

Saling membantu alias saling tolong-menolong juga sangat dibutuhkan di sini jika ada tetangga sekitar yang sedang dalam merasakan kesusahan atau bahkan sedang terkena bencana kita bisa membantu untuk menghiburnya dan mengurangi beban mereka dengan bantuan yang kita miliki, di mata mereka bantuan kita memang tidak seberapa akan tetapi sangat berharga dan kebersamaan di sini bisa terjalin dengan sangat erat. Susah bersama, senang pun bersama.

Untuk mewujudkan lingkungan msyarakat yang aman dan tenteram bisa juga dengan menyelenggarakan program siskamling dan bisa mengadakan kegiatan membersihkan jalan beramai-ramai di lingkungan masyarakat tersebut.

Semakin eratnya terjalinnya kebersamaan, maka nantinya secara otomatis akan terjalin persatuan yang kokoh. Karena ingat, kekuatan tidak akan pernah bisa timbul jika hanya dari 1 orang pribadi saja, akan tetapi dengan semangat bersatu, kita bisa membantu yang lain, menopang kesusahan orang lain dan silaturahmi yang terjalin akan lebih terasa.

Setiap orang juga harus menghormati satu sama lain, tidak hanya kepada yang lebih tua, akan tetapi juga kepada yang lebih muda maupun sesama karena kita tahu bahwa seseorang sudah dibekali HAM dan kita wajib menghormati dan menghargainya karena hak tersebut memang sudah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top