Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

26 Oct 2015

Fungsi dan Kegunaan Website


Ads

Ads
Fungsi dan Kegunaan Website - Fungsi atau makna dari dibuatnya sebuah website ini sangat beragam, mulai dari untuk media promosi, media pemasaran, media informasi, media pendidikan serta sebagai media komunikasi.

Untuk perkembangan website di Indonesia sendiri, begitu meluas dan tumpah ruah seakan-akan mirip pasar. Mengapa bisa? Setiap kita terhubung ke dalam jaringan luas di dalam internet, pasti kita akan menemukan apa yang disebut dengan website itu sendiri.

Website itu sendiri identik dengan halaman di internet yang menampilkan informasi yang memang betul-betul dibutuhkan oleh para pengunjung atau bisa juga disebut para pembaca. Jadi, apabila diibaratkan, website itu bisa berupa sebuah wadah yang menyajikan beragam ilmu-ilmu yang hanyalah tinggal kita ambil (akses) dan mulai kita baca.

Dan alur untuk membuat website itu sendiri nyatanya memang tidak mudah bagi orang awam sekalipun. Pernah saya dengar dari perusahaan domain name dan web hosting di Indonesia, terutama di Bali, Bali Orange Communications (BOC) bahwa :
Membuat website itu kita di sini bisa lembur selama hingga 5 hari jadi. Dan membuat Website juga dibutuhkan bagian-bagian penting yang diinginkan oleh konsumen, ya misal penambahan Slide ucapan selamat datang secara melayang.
Tapi, jika pembuatan website menurut saya pribadi seperti yang sudah professional oleh BOC itu sendiri, membuat Website memang mudah, dan gampang-gampang susah jika memang permintaan dari konsumen yang terkadang ribet dan aneh menginginkan ini dan itu. Tapi setidaknya, berbelit-belit itulah yang akan menaikkan biaya suatu pembuatan website yang semakin tinggi.

Setelah website itu selesai dibuat, maka isilah dengan yang namanya konten atau artikel. Konten tersebut yang merupakan isi dari sebuah website yang menyajikan banyak sekali informasi kepada para pembaca di seluruh belahan, di seluruh penghujung, di seluruh penjuru dunia.

Dan bagi pengguna atau pembaca, jika ingin mengakses sebuah website, tentu harus memiliki jaringan terlebih dahulu sehingga bisa masuk ke dalam Internet. Website itu ya di dalam internet masa di dalam koran. Untuk terhubung di dalamnya, sediakan komponen jaringan yang memadai, seperti pada PC belilah modem dan pilihlah Internet Service Provider yang menjangkau layanan terbaik di daerah Anda.

Fungsi dan Kegunaan Website

Sementara itu, dalam fungsi dan kegunaan website sebenarnya ada 5 pokok pentingnya. Apa itu?

1. Media Komunikasi

Media komunikasi yang tersedia di dalam suatu website itu beragam, bukan hanya seperti chatting komentar, balasan saja, akan tetapi, ilmu yang disampaikan, artikel yang disajikan oleh pemilik website kepada kita sebagai pembaca juga merupakan salah satu bentuk komunikasi walau secara tidak langsung.

Bentuk komunikasi di dalam sebuah website itu beragam, seperti :
  1. Forum (biasanya untuk berinteraksi mengenai topik tertentu, dan topik tersebut tidak jauh dari topik website)
  2. Live chat (biasanya live chat ini hanya disediakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu seperti domain name + web hosting untuk melayani calon konsumennya secara tanggap)
  3. Komentar (di dalam sebuah postingan, pemilik website pasti 90% akan mengijinkan kolom komentar yang memang digunakan untuk berinteraksi, bertukar pendapat dengan komentator lain maupun dengan pemilik website)
  4. Formulir online (biasanya disediakan seperti untuk formulir saran website atau formulir-formulir penting lainnya di dalam website yang sifatnya opsional)
Dengan adanya manfaat media komunikasi ini, para pengguna internet akan merasa terbantu setelah mendapat ilmu, mereka juga bisa bertanya, berkomunikasi langsung dengan hal-hal yang saling keterkaitan, sehingga internet itu betul-betul digunakan secara bijak oleh penggunanya.

2. Media Informasi

Memiliki sebuah website tentu harus ada yang namanya artikel atau konten. Nah konten tersebutlah yang berisikan mengenai informasi yang memang kita perlukan dan kita butuhkan.

Sebenarnya, untuk mendapatkan informasi, kita tidak hanya dengan membaca buku saja, dengan tergabung di dalam jaringan internet, kita bisa menambah informasi yang lebih luas bahkan yang tidak kita ketahui sekalipun sebelumnya.

Dalam hal ini, website memiliki peran yang sangat penting sebagai wadah penyedia informasi ketimbang sosial media atau aplikasi chatting lain yang hanya kemungkinan besar berguna untuk saling berinteraksi saja.

Dan kelebihan menyajikan informasi di dalam website itu sendiri sangat mengasyikkan, bisa didukung konten multimedia (gambar, video, dll) dan yang lebih istimewanya lagi kita bisa mendapatkan bacaan yang sangat panjang serta merinci, yang mungkin bisa saja tidak bisa dibaca hanya dengan sekali duduk.

3. Media Pendidikan

Sebenarnya, informasi itu juga satu arah, jalan lurus dengan media pendidikan karena menyediakan informasi yang memang kita benar-benar belum tahu menjadi lebih tahu dengan adanya informasi.

Media pendidikan di sini bukanlah sebatas pembelajaran saja, akan tetapi media pendidikan yang menyajikan info yang layak untuk disalurkan seperti :
  1. Berita
  2. Politik
  3. Sosial budaya
  4. Ekonomi
  5. Teknologi
Dan masih banyak lagi lainnya. Di dalam sebuah Internet, semua bisa menjadi bahan menjadi referensi sebagai wadah pendidikan, seperti jika kita kesulitan untuk mengetahui kepanjangan dari PC, kita bisa gunakan dan manfaatkan Internet untuk mengetahui apa itu sebenarnya PC dan muncul dijelaskan secara rinci bahwa PC adalah Personal Computer dan penjelasan yang lebih merinci lainnya mengenai PC.

Untuk mencari kota atau daerah lain juga tidak hanya menggunakan 1 media saja, Atlas, akan tetapi juga bisa menggunakan Internet dengan Google Mapsnya, mengetahui arah, daratan, lautan, jalur, dan pembelajaran lainnya yang bisa kalian petik.

Sangat banyak sekali sebenarnya media pendidikan yang disediakan oleh website, bahkan per kalimat saja bisa kita jadikan sebuah pendidikan atau hanya sebuah motivasipun itu juga sebenarnya sudah sangat-sangat bagus.

4. Media Pemasaran

Website itu sendiri juga sebenarnya bisa digunakan sebagai salah satu media pemasaran. Media pemasaran di sini berarti yaitu memasarkan secara online, beda dengan memasarkan di dalam dunia nyata, begitu sangat-sangat beda.

Jika kalian memiliki barang atau produk dan bingung untuk memasarkannya, pasarkanlah di Website-website pasar online yang memang sudah sangat terkemuka, dan tidak dipungut biaya sepeserpun untuk memasarkannya.

Dan tampaknya memasarkan barang di Internet itu lebih afdol, mengapa tidak? Kita bisa menaruh deskripsi secara lengkap di bawah produk yang memang itu pasti benar-benar dibaca oleh pengunjung, ketimbang kita menaruh bacaan di produk yang kita jual di dunia nyata, kemungkinan besar deskripsi tersebut tidak akan dibaca, karena daya tarik membaca di dunia nyata untuk orang Indonesia itu sangatlah kurang.

5. Media Promosi

Terlebih website yang berguna untuk media promosi itu sangatlah banyak. Mungkin tidak hanya website, sosial media pun, eits bukan! Aplikasi chatting pun bahkan dijadikan sebagai media promosi, kira-kira itulah, ya entah kurangnya wadah atau kurangnya ide untuk mempromosikannya.

Media promosi melalui website bisa dibilang sangat-sangat efektif karena jika kita tampilkan 1 buah promosi, maka promosi kita itu bisa dilihat orang-orang di seluruh penjuru dunia. Daripada kita mempromosikannya secara susah-payah dan manual di dunia nyata. Lelah dapat, konsumen belum tentu dapat.


Itulah 5 fungsi dan kegunaan dari website yang pastinya sangat menguntungkan bagi siapapun, dari sudut pandang yang dilihat, pasti sebagian besar menguntungkan, tidak ada website yang menjadi kerugian bagi 1 pelaku atau bahkan lebih, pasti sangat kecil dibilangnya, atau malahan tidak ada sama sekali.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top