Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

2 Nov 2015

Batas Wilayah Negara Indonesia

Batas Wilayah Negara Indonesia - Setiap wilayah di belahan bumi ini, pasti memiliki apa yang dinamakan dengan batas. Mulai dari contoh yang paling kecil, seperti rumah. Rumah milik kalian pasti memiliki batas-batasnya, sama halnya dengan tanah atau bahkan dengan sekolah atau universitas, pasti memiliki batas. Seperti halnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tercinta ini, pasti juga memiliki batas.

Peran dari batas ini secara pribadi memang sangat penting. Gunanya ialah untuk menandai bahwa wilayah tersebut memang benar-benar secara sah milik kita, sehingga tidak akan timbulnya tertukar antara wilayah yang satu dengan yang lain.

Sedangkan bentuk tersendiri dari batas wilayah itu sangatlah beragam atau bermacam-macam. Ada yang menandainya dengan sungai, laut, hutan atau bahkan hanya berupa tugu saja yang memang berfungsi jika wilayah tersebut berbatasan langsung dengan wilayah yang lain.

Batas wilayah negara Indonesia

Lantas, bagaimana dengan batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia itu sendiri? Perlu kita ketahui kembali jika Indonesia itu merupakan negara maritim, yang di mana 2/3 dari luas wilayah Negara Indonesia berupa lautan. Tidaklah begitu mengherankan apabila batas-batas wilayah laut Indonesia ini berhubungan dengan 10 negara, sedangkan perbatasan wilayah darat Indonesia hanya berhubungan dengan 3 negara.

Berikut ini, beberapa paparan batas-batas wilayah Indonesia dari sebelah utara, barat, timur dan selatan.

Batas-batas Wilayah Indonesia sebelah Utara

Untuk batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelah utara, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), yang tepatnya terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan.

Sedangkan itu, wilayah laut Indonesia sebelah utara berbatasan langsung dengan laut 5 negara, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Batas-batas Wilayah Indonesia sebelah Barat

Untuk batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelah barat, Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Perairan Negara India.

Dalam hal ini, tidak ada negara yang berbatasan langsung dengan wiayah daratan di Indonesia untuk sebelah barat. Walau secara geografis, daratan Indonesia terpisah jauh dengan daratan India, akan tetapi, keduanya memiliki batas wilayah yang terletak di titik-titik tertentu yang ada di sekitar Samudera Hindia dan Laut Andaman.

2 pulau yang menandai perbatasan antara Indonesia dengan India adalah Pulau Ronde (Aceh) serta Pulau Nicobar (India).

Batas-batas wilayah Indonesia sebelah Timur

Untuk batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelah timur, Indonesia berbatasan langsung dengan daratn di Papua Nugini serta Perairan Samudera Pasifik.

Indonesia dan Papua Nugini telah menyepakati hubungan bilateral antar kedua negara mengenai batas-batas wilayah, tak hanya wilayah daratan, melainkan pula wilayah laut.

Wilayah Indonesia di sebelah timur, yakni Provinsi Papua yang berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat, yakni Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Batas-batas wilayah Indonesia sebelah Selatan

Untuk batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia sebelah selatan, Indonesia berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, Perairan Australia dan Samudera Hindia.

Timor Leste ini merupakan bekas dari wilayah Indonesia yang dahulu pada tahun 1999 memisahkan diri untuk menjadi negara sendiri yang dulunya dikenal akrab dengan nama Provinsi Timor Timur. 

Sumber : Buku PPKn Kurikulum 2013 Kelas XI Semester 1
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top