Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

10 Nov 2015

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan Tubuh


Ads

Ads
Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan Tubuh - Anggur merupakan tanaman buah yang lama dibudidayakan, dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang layak dan sedap untuk disantap. Anggur ini bisa disantap secara langsung ataupun sebagai bahan resep masakan bahkan dijadikan menjadi sirup.

Di wilayah Eropa, Anggur ini sudah dibudidayakan sejak sekitar 6000 tahun silam. Tanaman ini biasa hidup di daerah yang memiliki intensitas cukup tinggi dengan kondisi curah hujan yang rendah. Sebanyak sekitar 60 jenis varietas anggur, dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia.

Anggur, salah satu buah yang memiliki kandungan zat gizi yang baik untuk tubuh. Untuk setiap varietas buah anggur, memiliki nilai gizi yang berbeda-beda, akan tetapi secara umum, kandungan nutrisi dari buah anggur itu sendiri terdiri atas 70% air dan 20% zat gula, hal ini menjadikan buah anggur sangat baik bagi metabolisme tubuh.

Buah Anggur

Dan 10% zat lain yang termasuk di dalam buah anggur itu seperti :
  • Asam galat
  • Glukosida
  • Asam fosfat
  • Mangan
  • Zat besi
  • Sejumlah vitamin
  • Kalsium


Senyawa lainnya seperti zat polifenol dan resveratrol yang terkandung di dalam buah anggur yang kita kenal dengan antioksidan, yang memang kandungan antioksidan anggur menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk mencegah terbentuknya sel yang menjadi penyebab terjadinya kanker.

Manfaat Buah Anggur

1. Sumber Gula Darah yang Baik
Tidak semua buah yang ada memiliki regulasi gula darah, seperti yang ada di dalam buah semangka memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocoknya untuk dihidangkan dan disantap oleh orang yang memiliki masalah pada keseimbangan gula darah.

Pada buah anggur, tersaji sekitar 43-53 kadar glikemik yang menunjukkan bahwa kadar glikemik pada buah anggut ini adalah rendah. Di dalam studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik berkaitan dengan kandungan phytonutrisi pada buah anggur.

2. Bahan Anti Mikroba
Kandungan antioksidan umum seperti halnya piceatannol dan resveratrol, menghasilkan yang namanya fitonutrien di dalam anggur yang sudah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba.

Dalam penelitian, memang belum menemukan bagaimana zat anti mikroba ini bisa didapat dari buah anggur. Zat ini membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung
Di dalam suatu penelitian yang dilakukan pada buah anggur, menunjukkan jika kandungan zat resveratrol memiliki kegunaan yntuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, hal ini memberikan kesempatan bagi darah untuk bisa mengalir dengan lebih mudah.

Penelitian tersebut juga ditunjukkan pada saat keadaan tubuh yang tengah santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar sehingga menurunkan tekanan darah atau saat darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. Kondisi ini bermanfaat dalam peningkatan oksigen serta nutrisi ke sel-sel tubuh.

4. Sumber Vitamin
Pada buah anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh. Untuk setiap satu porsi anggur merah, memberikan sekitar 16 mg vitamin C, dan sekitar 27% dari kebutuhan harian, pada diet 2000 kalori seperti manfaat jeruk.

Banyak vitamin lain yang juga ditemukan pada buah anggur, seperti :
  • 22 mcg vitamin K
  • 0,4 mg thiamin
  • Vitamin E
  • Vitamin A, Asam Pantotenat
  • Vitamin B6
  • Folat
  • Beta Karoten
  • Alpha Karoten

Vitamin ini membantu fungsi proses pada tubuh berjalan dengan benar dan menjadi salah satu hal yang mengurangi resiko masalah kesehatan tertentu.

5. Kaya akan Mineral
Buah anggur kaya akan sejumlah mineral yang penting. Dalam 1 porsi anggur merah, mereka menyediakan mineral :
  • 288 mg kalium
  • 0,2 mg tembaga
  • 0,1 mg mangan
  • 0,5 zat besi

Anggur merah ini juga mengandung beberapa mineral dalam kecil seperti diantaranya kalsium, magnesium, seng serta selenium.

6. Manfaat Kognitif
Buah anggut yang dikonsumsi sebagai asupan jus oleh manusia, memberikan manfaat dalam mengoptimalkan kekuatan kognitif. Di dalam sebuah penelitian terhadap suatu konsumsi harian jus anggur sebanyak 1-2 minggu sekitar beberapa bulan, menunjukkan jika ada peningkatan nilai yang dialami oleh peserta penelitian yang dilakukan di California Verbal Learning Test tersebut.

7. Melindungi Tubuh dari Radiasi
Kandungan nutrisi yang terbukti dapat melindungi tubuh dari radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap radiasi kanker.

8. Membantu Pemulihan Otot
Antioksidan yang kuat pada buah anggur bisa mendukung sel-sel dan organ dalam menghilangkan asam urat dan racuk lainnya yang ada di dalam tubuh. Termasuk juga memberikan dukungan terhadap pemulihan cidera otot, terutama bagi para atlet.

9. Mengobati Sembelit
Sembelit atau di dalam istilah medid konstipasi, merupakan kondisi di mana sistem pencernaan pada manusia tidak bisa mengolah unsur makanan yang mengandung serat yang berlebih atau memiliki partikel substansi yang sulit untuk dihancurkan sehingga zat sisa yang memang semestinya dikeluarkan menjadi tidak ada.

Maka dari itu, cobalah untuk meminum jus anggur ketika Anda tengah sembelit. Kandungan yang ada di dalam buah anggur ini akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan menjadi lebih stabil dan lancar.

10. Meringankan Sakit Kepala Sebelah
Jika tiba-tiba Anda merasakan sakit kepala sebelah yang begitu mencengkeran dan tentu bisa mengganggu kegiatan Anda, maka jika sudah seperti itu, janganlah terburu-buru untuk langsung meminum obat karena buah anggur siap membantu meredakan penyakit yang tengah Anda rasakan.

Anda bisa langsung membuat jus anggur tanpa air agar kandungan yang terserap tubuh cepat memberikan reaksi dalam penyembuhan sakit kepala sebelah (migrain).

Sumber :

  1. http://manfaat.co.id/manfaat-anggur
  2. http://manfaatnyasehat.com/manfaat-buah-anggur-untuk-kesehatan

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top