Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

21 Nov 2015

Pengertian dan Contoh Majas Personifikasi

Pengertian dan Contoh Majas Personifikasi - Mengenai Majas Personifikasi, apakah kalian semua tahu tentang majas yang satu ini, atau masih asing dengan majas yang satu ini?

Dalam karya sastra seperti Cerpen, pasti bisa memuat seperti majas personifikasi ini.

Majas personifikasi mudah digunakan karena penggunaannya memang yang begitu mudah tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya.

Namun, apabila kalian kurang sedikit paham akan penjelasan atau dari buku yang kalian pelajari mengenai Majas Personifikasi ini, mari kita belajar bersama-sama, kupas tuntas majas personifikasi.


Pengertian Majas Personifikasi

Majas personifikasi merupakan salah satu gaya bahasa yang digunakan untuk memberi kesan kepada benda mati seolah-olah dia memiliki nyawa atau hidup.

Sebagai permulaan, kita ambil 3 contoh pertama :
Kursi itu terus memandangiku, menarikku agar aku duduk
Nah di sini, kursi merupakan salah satu benda mati. Kursi itu memandangi dan menarik, maka kursi ini seolah-olah merupakan benda hidup.

Pohon kelapa melambai-lambai kepadaku
Pohon kelapa memang makhluk hidup, akan tetapi pada kalimat melambai-lambai merupakan hal yang tak mungkin karena pohon kelapa daunnya bergerak tertiup angin. Maka, melambai-lambai itulah seperti hal yang mungkin terjadi, padahal hanyalah sebuah tiupan angin yang membuat daunnya menjadi bergerak.

Api itu melalap habis semua rumah yang dilaluinya
Api mrupakan salah satu benda mati. Namun, api menjadi seolah-olah hidup karena api itu bisa melalap habis setiap rumah yang dilaluinya.

Sudah begitu paham akan penjelasan Majas Personifikasi? Jika contohnya kurang, atau ingin mendapat contoh penggunaan majas personifikasi yang lain, kami berikan sebagai bahan belajar kalian di rumah maupun sekolah.

Contoh Majas Personifikasi

  1. Tanyalah kepada rumput yang menari-nari
  2. Matahari itu tersenyum padaku
  3. Bintang-bintang malam ini berkedip-kedip kepadaku
  4. Gemuruh tadi malam begitu sangat marah
  5. Wasit sepak bola meneriakkan peluitnya
  6. Datangnya angin membisikkan suatu isyarat padaku
  7. Aku takut, jam dinding itu terus memandangiku
  8. Perutku berteriak kelaparan
  9. Pohon itu menjerit saat akan ditebang
  10. Gelang yang kupakai memeluk tanganku
Sumber & Referensi : http://www.prbahasaindonesia.com/2015/06/30-contoh-kalimat-majas-personifikasi-dan-pembahasan-lengkap.html
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top