Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

15 Nov 2015

Pengertian Norma

Pengertian Norma - Seringkali di dalam kehidupan kita pernah mendengar apa itu yang namanya norma. Akan tetapi semua orang belum tentu mengetahui apa yang dimaksud dengan norma itu sendiri. Pada hakikatnya, norma itu hadir, tumbuh dan dikembangkan oleh manusia yang hidup di dalam lingkungan masyarakat.

Manusia sebagai salah satu makhluk sosial pasti selalu membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup tanpa orang lain. Di dalam kehidupan bersama agar bisa berjalan dengan tertib dan tenteram, manusia memerlukan aturan tertentu karena tidak semua orang bisa berbuah sesuai kehendak hatinya.

Apabila keinginan seseorang tersebut dipaksakan terhadap orang lain, maka akan terjadi benturan dengan pihak lain. Untuk itulah agar bisa mencapai kehidupan yang nyaman dan aman, manusia sepakat mengenai hal-hal apa saja yang bisa dan boleh untuk dilakukan, sebaliknya, hal yang tak boleh dilakukan sebaiknya dihindari atau bahkan dihilangkan.

Norma

Pengertian Norma

Norma berasal dari bahasa Belanda, norm yang artinya pokok kaidah, patokan, atau pedoman. Di dalam Kamus Hukum Umum, kata norma atau norm merupakan kaidah yang menjadi petunjuk, pedoman bagi seseorang untuk berbuat atau tidak berbuat, dan bertingkah laku dalam lingkungan masyarakatnya, misal seperti norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum.

Akan tetapi, adapula yang berpendapat jika istilah norma tersebut berasal dari bahasa latin, mos yang merupakan bentuk jamak dari mores yang mengandung arti kebiasaan, tata kelakuan atau adat istiadat.

Baca juga!
  1. Nilai Semangat Pendiri Negara
  2. Pembentukan BPUPKI Pada Tanggal 1 Maret 1945
Norma menjadi bentuk nyata dari nilai-nilai sosial yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat berbudaya, memiliki aturan, serta kaidah entah itu tertulis maupun secara tidak tertulis. Norma itu mengatur mengenai kehidupan manusia dalam bermasyarakat.

Di dalam norma, terkandung aturan dan petunjuk kehidupan mengenai benar dan salah, baik atau butuk, pantas atau tak pantas, yang harus ditaati oleh setiap masyarakat. Apabila suatu norma dilanggar, maka pelanggar tersebut akan dikenakan sanksi.

Norma memiliki kekuatan yang mengingat dan memaksa pihak lain untuk bisa mematuhi aturan yang tengah berlaku. Terbentuknya norma ini didasari atas kebutuhan demi terciptanya kelangsungan hubungan yang harmonis, selaras dan serasi antar setiap masyarakat.

Sumber : http://www.ilmusiana.com/2015/04/pengertian-norma-apa-itu-norma.html
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top