Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

12 Nov 2015

Mengapa Perkembangan Seni Kaligrafi di Indonesia Kurang Begitu Pesat?

Mengapa Perkembangan Seni Kaligrafi di Indonesia Kurang Begitu Pesat? - Tersebarnya Agama Islam di Indonesia, memiliki pengaruh di bidang aksara maupun tulisan, yakin masyarakat mulai mengenal tulisan Arab, bahkan berekmbang tulisan Arab Melayu. Di samping itu, huruf Arab berkembang menjadi seni kaligrafi yang banyak digunakan menjadi motif hiasan ataupun ukiran.

Sebelum membahas ke topik dari pertanyaan di atas, alangkah baiknya kita ketahui tersebut apa sebenarnya kaligrafi.

Kaligrafi merupakan suatu seni artistik tulisan tangan atau kaligrafi, serta meliputi hal penjilidan yang berkembang di negara-negara yang pada umumnya memiliki warisan budaya Islam.

Kaligrafi
Sumber : pixabay.com

Bentuk seni ini berdasar pada tulisan Arab yang pada waktu lama pernah digunakan oleh banyak kaum Islam untuk menulis dalam bahasa masing-masing. Kaligrafi ini merupakan seni yang dihormati di antara berbagai seni rupa Islam karena alat utama untuk melestarikan Al Qur'an.

Lalu, apa yang menyebabkan seni kaligrafi kurang begitu pesat di Indonesia?
  1. Penggunaan Seni kaligrafi Arab sebagai salah satu hiasan di Indonesia masih sangat terbatas
  2. Bangunan kuno pada mula berdirinya Kerajaan Islam kurang memberikan peluang bagi penerapan seni kaligrafi
  3. Bangunan masjid kuno seperti Masjid Banten, Cirebon, Demak dan Kudus kurang memperhatikan penggunaan Seni Kaligrafi Arab
Hingga sekarang ini, kaligrafi berkembang di Indonesia terutama dalam hal seni ukir. Seni ukir kaligrafi ini dikembangkan masyarakat dari Jepara.

Sumber :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kaligrafi_Islam
  2. https://tenscience2history.wordpress.com/2014/05/19/perkembangan-seni-budaya-islam-di-indonesia
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
Author Profile

About Habibullah Al Faruq

6 tahun menuntut ilmu di SDN, 3 tahun memperluas wawasan di SMPN, 3 tahun lagi menggali jati diri di SMKN dan kini menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, jurusan Teknik Informatika.

0 Komentar Mengapa Perkembangan Seni Kaligrafi di Indonesia Kurang Begitu Pesat?

Post a Comment

Wah! Orang-orang di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 850 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berpendapat!

Back To Top