Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

28 Nov 2015

Sebutkan Sistem Operasi Jaringan yang Diketahui

Sebutkan Sistem Operasi Jaringan yang Diketahui - Ada berbagai/banyak macam dari Sistem Operasi Jaringan yang bisa kalian ketahui dan bisa langsung praktikkan dengan guru dan teman di sekolah.

Setelah kalian tahu sebenarnya apa yang dimaksud dengan Sistem Operasi Jaringan, di sini kita akan mempelajari materi lanjut yakni macam Sistem Operasi Jaringan.

Seperti pada Soal di Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1, pada halaman 33, tepatnya nomor 2, ialah :

2. Sebutkan sistem operasi jaringan yang diketahui?


Macam-macam Sistem Operasi Jaringan

1. Microsoft MS-NET

2. Microsoft LAN Manager
Microsoft LAN Manager merupakan sebuah sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation bersama dengan 3Com Corporation. LAN Manager memang didesain sebagai penerus dari perangkat lunak (software) server jaringan 3+Share yang berjalan di atas sistem operasi MS-DOS.

LAN Manager dibuat dengan berbasis IBM OS/2 dan protokol NetBEUI, sama halnya dengan pendahulunya yakni MS-NET untuk MS-DOS dan Xenix-NET untuk Xenix. Selain itu, ada juga LAN Manager/X (LMX) yang memang ditujukan untuk sistem operasi UNIX.

Di tahun 1990, Microsoft meluncurkan LAN Manager 2.0 yang menawarkan berbagai macam keunggulan. Versi terakhir dari LAN Manager adalah versi 2.2 yang dimasukkan ke dalam OS/2 1.31 yang menjadi sistem operasi server Microsoft, sebelum terganti oleh Windows NT Server di tahun 1994.

Ada beberapa vendor yang menjual versi LAN Manager, seperti :
  • 3Com 3+Open
  • HP LAN Manager/X
  • IBM LAN Server
  • Tapestry Torus

3. Novell NetWare
Novell NetWare adalah suatu sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell dan dibuat dengan berbasis tumpukan protokol jaringan Xerox XNS.

NetWare telah terganti oleh adanya Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dari NetWare hingga bulan April 2007 ialah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-NetWare Kernel, Support Pack 2.

4. Microsoft Windows NT Server
Windows NT merupakan sebuah sistem operasi 32-bit dari Microsoft yang menjadi leluhur sistem operasi Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003 dan Windows Vista.

Windows NT diluncurkan dalam beberapa edisi meski produk tersebut dibangun dari kode sumber yang sama, yakni :
  1. Windows NT Workstation yang dikhususkan untuk penggunaan pada workstation jaringan.
  2. Windows NT Server yang dikhususkan untuk penggunaan pada server jaringan.
  3. Windows NT Enterprise Server atau Windows NT Advanced Server yang sama-sama ditujukan untuk penggunaan di server jaringan, akan tetapi menawarkan lebih banyak fungsi dan fitur dibandingkan dengan Windows NT Server Standar.

5. GNU/Linux
Linux merupakan nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer yang memiliki tipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil dari pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama.

Seperti halnya perangkat lunak bebas dan sumber yang terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux bisa dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali dengan bebas oleh siapapun.

6. Banyan VINES
Banyan VINES (singkatan dari Virtual Integrated Network Service) merupakan sebuah sistem operasi jaringan yang populer di akhir dekade 1980an hingga awal dekade 1990an yang banyak digunakan dalam jaringan-jaringan korporat.

Sebenarnya, VINES pada awalnya dibut berdasar protokol jaringan yang diturunkan oleh Xerox Network Systems (XNS). VINES sendiri menggunakan arsitektur jaringan yang terdistribusi client/server yang mengizinkan para client untuk bisa mengakses sumber daya di dalam server melalui jaringan.

Fitur-fitur yang terdapat di Banyan VINES, adalah :
  • Memiliki layanan berbagi berkas
  • Memiliki layanan berbagi alat cetak
  • Memiliki layanan direktori terdistribusi yang disebut dengan StreetTalk untuk melakukan manajamen jaringan
  • Dukungan pada protokol TCP/IP
  • Menawarkan perangkat bantu administrasi jaringan dengan menggunakan antarmuka berbasis grafis
  • Mendukung manajemen dengan menggunakan protokol SNMP

7. SCO OpenServer

8. Novell UnixWare

9. Solaris


Sumber & Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/LAN_Manager
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Novell_NetWare
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_NT
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Banyan_VINES
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top