Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

27 Nov 2015

Apa yang dimaksud dengan Sistem Operasi Jaringan?

Apa yang dimaksud dengan Sistem Operasi Jaringan? - Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang Sistem Operasi Jaringan, adakalanya untuk mempelajari basicnya dahulu, yakni mulai dari Pengertian Sistem Operasi Jaringan.

Seperti halnya pada Soal di Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1, pada halaman 33, tepatnya nomor 1, ialah :

1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Operasi Jaringan?

Sistem Operasi Jaringan

Sistem Operasi Jaringan atau dalam Bahasa Inggris dinamakan dengan Network Operating System adalah suatu jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani masalah jaringan.

Pada umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak sekali layanan (service) yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti halnya layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (sharing printer), DNS Service, HTTP Service dan lain sebagainya.

Hal ini hampir mirip dengan sistem komputer stand alone (berdiri sendiri), dan perbedaannya hanya terletak di sistem operasi jaringan, di mana salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer yang lain.

Di dalam suatu Jaringan Komputer, terdiri atas :
  • Komputer Server = Komputer yang menyediakan fasilitas untuk komputer lain yang terhubung di dalam jaringan (menyediakan layanan/memenuhi layanan)
  • Komputer Client = Komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang digunakan oleh Server (mendapatkan layanan) atau bisa juga untuk meminta layanan kepada server (meminta layanan)
Sumber & Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi_jaringan
  2. http://masydur.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-sistem-operasi-jaringan.html
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top