Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

30 Nov 2015

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan Sistem Operasi Open Source

Apakah kelebihan dan kekurangan menggunakan sistem operasi terbuka (open source) dibandingkan tertutup (proprietary)? - Sudah diketahui bahwa perbedaan antara Sistem Operasi Jaringan dan Sistem Operasi pada umunya memang sangat jauh sekali perbedaannya, di mana Sistem Operasi Jaringan memang Sistem Operasi yang dikhususkan untuk menangani masalah jaringan.

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis/macam sistem operasi open source itu sendiri seperti contohnya Linux dan banyak turunan yang lainnya.

Seperti halnya di soal Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1, pada halaman 33, tepatnya nomor 4, ialah :

4. Apakah kelebihan dan kekurangan menggunakan sistem operasi terbuka (open source) dibandingkan tertutup (proprietary) ?

Open Source

Kelebihan

1. Kreatif
Dengan Sistem Operasi Open Source kita bisa secara langsung mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasi, atau bahkan membuat pordukyang baru dengan sumber daya yang ada.

2. Mandiri
Dengan Open Source ini kita tidak perlu bergantung lagi dengan suatu produk tertentu, bahkan kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan yang memiliki skala raksasa seperti halnya Microsoft.

3. Hemat Biaya
Open Source kadang diberikan secara gratis hal ini tentunya tidak membeli produk Close Source yang berlisensi.

4. Hemat Devisa
Menggunakan Open Source juga menyelamatkan devisa negara karena tidak selalu terus-terusan menggunakan produk dai negara lain terlebih berbayar.

5. Legalitas
Open Source memungkinkan kepada penggunanya agar tak lagi menggunakan milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu menjadi seorang pencuri atau pembajak.

Kekurangan

1. Kurangnya SDM yang bisa memanfaatkannya
Ketersediaan adanya source code yang diberikan menjadi suatu hal malapetaka yakni menjadi sia-sia, apabila SDM yang ada tak bisa menggunakannya.

2. Tidak ada proteksi terhadap HaKI

3. Tidak ada garansi dari pengembang


Sumber & Referensi : http://uzi-online.blogspot.co.id/2013/04/kelebihan-kekurangan-software-open-source.html
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top