Habibullah Al Faruq

Portal Situs Edukasi SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi di Jaringan Luas Indonesia

3 Dec 2015

Kemungkinan Aplikasi User Berjalan Tanpa Sistem Operasi

Kemungkinan Aplikasi User Berjalan Tanpa Sistem Operasi - Aplikasi user berjalan tanpa sistem operasi memang bisa mungkin tidak bisa dan mungkin bisa berjalan tergantung dari pemakaiannya sendiri.

Namun di sini, bisa diambil kesimpulan jika Aplikasi user tidak akan berjalan tanpa adanya Sistem Operasi. Hal ini karena memang fungsi dari Sistem Operasi itu sebagai penghubung perangkat-perangkat di komputer.

Seperti di dalam soal Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1, pada halaman 33, tepatnya nomor 5, yakni :

5. Jelaskan kemungkinan aplikasi user untuk berjalan langsung tanpa melalui sistem operasi?

Aplikasi User Tanpa Sistem Operasi

Aplikasi User tidak akan mungkin bisa untuk berjalan tanpa adanya Sistem Operasi. Hal ini dikarenakan apabila tanpa menggunakan sistem operasi, pengguna tidak bisa menjalankan program aplikasi yang mereka inginkan di perangkat elektroniknya (Komputer, PC) kecuali program aplikasi booting.

Mengapa tidak bisa?
Karena Sistem Operasi itu memiliki fungsi sebagai penghubung antara lapisan perangkat keras (hardware) dan lapisan perangkat lunak (software).

Selain itu, Sistem Operasi komputer juga akan melakukan suam perintah penting di dalam komputer serta menjamin aplikasi-aplikasi yang memiliki fungsi berbeda bisa berjalan lancar dengan bersama-sama tanpa ada hambatan.

Sistem Operasi komputer menjamin aplikasi perangkat lunak (software) lainnya bisa untuk menggunakan memori, melakukan input serta output terhadap berbagai peralatan lainnya dan memiliki akses kepada sistem file.

Apabila beberapa aplikasi berhasil dijalankan secara bersama-sama, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin agar semua proses yang ada di komputer saat berjalan bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu antar perangkat yang 1 (satu) dengan lainnya.

(Pertanyaan sebelumnya) = 4. Apakah kelebihan dan kekurangan menggunakan sistem operasi terbuka (open source) dibandingkan tertutup (proprietary)?

Sumber & Referensi : http://ragungherditia.blogspot.co.id/2014/08/5-jelaskan-kemungkinan-aplikasi-user.html

2 Komentar Kemungkinan Aplikasi User Berjalan Tanpa Sistem Operasi

  1. Terima kasih kak, sangat bermanfaat. Semoga terus memberi ilmu ke orang lain ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Pramesti Regita Cahyani, siap! Terima kasih kembali sudah berkunjung ^_^

      Delete

KEREN! Teman-teman di sekitar kita telah berkomentar sebanyak lebih dari 1000 komentar! Sekarang giliran kalian! Ayo berkomentar!

Back To Top