Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

16 Dec 2015

Jenis-jenis Instalasi Sistem Operasi

Jenis-jenis Instalasi Sistem Operasi - Sistem operasi diinstall ke dalam bagian yang tertentu dari harddisk. Lokasi tertentu ini biasa dikenal dengan istilah "partisi disk". Ada terdapat beberapa metode yang bisa digunakan untuk menginstall sistem operasi.

Dalam penentuan metode ini bisa didasarkan pada kondisi perangkat keras (hardware), persyaratan sistem operasi dan dari kebutuhan pengguna (user). Ada 4 pilihan jenis dalam instalasi sistem operasi :

Hal ini untuk menjawab pertanyaan nomor 2 halaman 77 Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI SMK (Teknik Komputer & Jaringan) Semester 1 :

2. Jelaskan jenis-jenis Instalasi Sistem Operasi yang Diketahui?

Jenis-jenis Instalasi Sistem Operasi

Instalasi Baru

Instalasi ini bisa digunakan apabila jaringan yang akan dibangun merupakan jaringan yang baru ataupun adanya penambahan perangkat server yang baru karena tak mendukung sistem operasi jaringan yang ada saat ini.

Apabila Anda memilih pilihan ini, maka semua data yang terdapat di partisi terpilih akan dihapus. Apabila ada aplikasi yang sebelumnya telah terinstall pada sistem operasi yang lama, maka aplikasi tersebut perlu untuk diintal kembali.

Upgrade

Pilihan ini banyak digunakan di dalam sistem-sistem jaringan yang telah berjalan. Pilihan ini dilakukan karena adanya perbaikan fitur yang ada pada sistem operasi yang digunakan, termasuk juga karena adanya fitur baru yang memang diperlukan.

Dengan memilih pilihan ini, aplikasi yang telah terinstall sebelumnya mungkin akan bisa digunakan setelah proses upgrade. Opsi upgrade hanya akan mengganti file-file sistem operasi sebelumnya dengan yang baru.

Multi-boot

Jika memang disyaratkan untuk memiliki adanya lebih dari 1 sistem operasi di dalam 1 komputer, maka pilihan ini memang pilihan yang tepat untuk memungkinkan penggunaan lebih dari 1 sistem operasi.

Nantinya, setiap sistem operasi tersebut akan ditempatkan di partisinya masing-masing. Maka dari itu, perlu adanya persiapan partisi yang cukup sebelum memulai untuk melakukan instalasi multi-boot ini.

Virtualisasi

Virtualisasi merupakan teknik yang memungkinkan adanya instalasi sistem operasi yang dilakukan di atas sistem operasi yang ada (yang berjalan) saat ini. Tidak dalam partisi yang tertentu, namun dalam suatu file yang tertentu.

File ini merupakan perwakilan dari suatu sistem komputer virtual. Satu komputer bisa memiliki lebih dari 1 sistem operasi dengan teknik virtualisasi ini. Beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk membuat sistem virtual ini seperti VirtualBox, VMWare dan Virtual PC.

Pertanyaan Sebelumnya = 1. Apakah yang dimaksud dengan instalasi sistem operasi?
Pertanyaan Selanjutnya = 3. Tahapan manakah dari proses instalasi Sistem Operasi yang merupakan tahapan yang paling utama menurut pendapat kalian dan berikan alasannya?

Sumber & Referensi : Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI SMK Semester 1 Kurikulum 2013
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top