Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

5 Dec 2015

Langkah yang Perlu Dilakukan Untuk Kebutuhan Perangkat Lunak Server


Ads

Ads
Langkah yang Perlu Dilakukan Untuk Kebutuhan Perangkat Lunak Server - Dalam menganalisis suatu komponen perangkat lunak (software) server, tentu harus menggunakan piranti perangkat lunak yang membuat keperluan dari kegiatan antara server dan client menjadi mudah.

Sistem operasi yang perlu untuk dipilih merupakan sistem operasi yang kompatibel (compatible) dengan berbagai macam aplikasi yang terdapat di dalam Sistem Operasi tersebut.

Kegiatan ini bisa dilakukan melalui cara identifikasi berbagai kebutuhan aplikasi dari pengguna (user). Apabila akan digunakan dalam sebuah jaringan, identifikasilah pula kompatibilitasnya dengan Sistem Operasi yang lain. Kompatibilitas ini bisa diketahui melalui tipe jaringan yang digunakan. Jaringan Linux mampu menghubungkan berbagai turunan (distro) Linux termasuk juga dari berbagai versi yang ada dari Sistem Operasi Windows dan Mac OS.

Yang ada di Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI SMK (Teknik Komputer & Jaringan) Semester 1, di halaman 38 nomor 2 :

2. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk dapat mengetahui kebutuhan perangkat lunak server?

Langkah Kebutuhan Perangkat Lunak Server

Ada panduan-panduan berikut ini yang bisa digunakan guna menentukan Sistem Operasi terbaik untuk perangkat Server sesuai dengan kebutuhan pengguna (user) :

A. Apakah ada kebutuhan pengolahan data menggunakan aplikasi khusus?
Apabila ada, maka penentuan Sistem Operasi bisa dilihat berdasar aplikasi khusus tersebut.

B. Apakah aplikasi-aplikasi tersebut mendukung lingkungan multi-user atau user tunggal?
Hal ini bisa menentukan apakan diintall di dalam komputer server maupun komputer client. Selain itu, hal ini juga bisa digunakan untuk menentukan bagian mana dari pengolahan data yang nantinya bisa disimpan di Server.

C. Apakah ada data (file) yang dibagi di dalam jaringan?
Apabila ada, sebaiknya memerlukan Sistem Operasi Jaringan yang mampu menjaga kompatibilitas format datanya.

Untuk sebagai contohnya, apabila di dalam jaringan ada aktivitas untuk berbagi dokumen teks seperti file yang berekstensi .doc, maka Server bisa menyediakan aplikasi seperti LibreOffice atau WPS Office untuk bisa digunakan oleh pengguna (user) untuk membuka file tersebut, termasuk juga menyediakan layanannya seperti Server FTP (File Transfer Protocol).


Sumber & Referensi : Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top