Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

7 Dec 2015

Mengapa Diperlukan Analisa Kebutuhan Server?

Mengapa Diperlukan Analisa Kebutuhan Server? - Menganalisa Kebutuhan Server memang begitu penting perannya untuk terciptanya sebuah komunikasi di dalam jaringan antara server dan pengguna (user) dengan baik sehingga bisa meminimalisir adanya suatu kekurangan bahkan menghilangkan suatu hambatan yang mungkin bisa saja terjadi di antara keduanya.

Dengan menganalisa kebutuhan server, maka waktu yang kita gunakan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, di mana sebelum kita mulai mempraktikkannya, kita terlebih dahulu sudah mengetahui resiko dan tahu cara menanggulanginya dengan cara analisis, daripada langsung melakukan praktik tanpa melalui proses analisa terlebih dahulu.

Seperti pada Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI SMK (Teknik Komputer & Jaringan) Semester 1, di halaman 38 nomor 3 ialah :

3. Mengapa diperlukan analisa kebutuhan dalam menentukan kebutuhan server?

Analisa Kebutuhan Server

Analisa kebutuhan sebelum menentukan kebutuhan daripada server memang sangatlah perlu diperlukan karena adanya keterkaitan untuk mengetahui macam server apa yang akan dibangun dalam sebuah jaringan.

Contohnya memilih Sistem Operasi. Sistem Operasi yang dipilih diharapkan memang mampu untuk menjalankan semua kebutuhan aplikasi yang diinginkan oleh penggunanya (user), yang di dalamnya memang termasuk perangkat keras (hardware) yang bisa mendukung untuk menjalankan aplikasi program yang diinginkan.

Apabila analisa kebutuhan server telah usai untuk diulas dengan mendalam apa saja yang dibutuhkan yang memang cocok yang memang bersahabat dengan pengguna (user), maka dengan hal ini bisa mengurangi hambatan, dan bisa meminimalisir kekurangan di waktu yang akan datang.


Sumber & Referensi : Buku Sistem Operasi Jaringan Kelas XI SMK (Teknik Komputer & Jaringan) Semester 1 Kurikulum 2013
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top