Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

7 Jan 2016

Fungsi dan Aplikasi DHCP, DNS, Mail, Web dan Proxy


Ads

Ads
Fungsi dan Contoh Aplikasi dari Layanan DHCP, DNS, Mail, Web dan Proxy - Aplikasi-aplikasi tersebut memang sangat penting bagi seorang Administrator dalam mengetahui posisi client yang ada di dalam jaringan serta memahami konsep penerapan konfigurasi client yang ada di dalam jaringan.

Administrator di sini berperan penting atas semua client-client yang ada di dalam suatu jaringan. Seperti contohnya DHCP, DNS, Mail, Web dan Proxy yang perlu untuk diketahui fungsi dan aplikasi untuk menjalankannya.

Pertanyaan :
1. Carilah fungsi dan contoh aplikasi dari layanan berikut :
Layanan DHCP
Layanan DNS
Layanan Mail
Layanan Web
Layanan Proxy

Fungsi dan Aplikasi DHCP, DNS, Mail, Web dan Proxy

1. Layanan DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) merupakan suatu sistem pengalamatan atau pendistribusian secara otomatis yang akan memberikan IP Address kepada Host/Komputer atau Client pada layanan TCP/IP yang meminta.

DHCP Server adalah komputer atau perangkat yang memberikan IP Address. Sementara itu, DHCP Client merupakan komputer atau perangkat yang meminta IP Address.

Fungsi DHCP
  1. Fungsi utama dari DHCP ialah untuk mendistribusikan IP Address secara otomatis kepada setiap client yang terhubung ke dalam jaringan komputer.
  2. DHCP memberikan kemudahan untuk network administrator dalam mengelola suatu jaringan komputer, karena alokasi IP Address bisa ditentukan dengan otomatis dan dalam 1x kerja.
  3. DHCP Server selain bisa memberikan alamat IP Address secara dinamik, juga bisa memberikan IP Address secara statis untuk client yang terhubung ke dalam jaringan komputer.
  4. DHCP memberi kemudahan dalam proses komunikasi data antar komputer.
Aplikasi DHCP
  • Open DHCP Server
  • DHCP Server

2. Layanan DNS

DNS (Domain Name System) merupakan Distribute Database System yang digunakan dalam pencarian nama komputer (name resolution) pada rangkaian yang menggunakan TCP/IP. DNS merupakan suatu aplikasi service yang biasa digunakan dalam internet seperti halnya web broser atau e-mail (surat elektronik) yang menerjemahkan suatu domain ke IP Address.

Fungsi DNS
  1. Menerjemahkan hostname (nama-nama host) menjadi IP Address, begitupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah untuk diingat oleh pengguna internet.
  2. Memberikan suatu informasi mengenai suatu host ke seluruh jaringan internet.
Aplikasi DNS
  • DNS Changer
  • DNS Jumper

3. Layanan Mail

Mail (Surat Elektronik) merupakan suatu bentuk dalam pendistribusian file atau dokumen melalui teknologi jaringan internet.

Fungsi Mail
  1. Bertukar data, informasi atau file-file kepada satu atau lebih penerima.
  2. Mengirim dokumentasi berupa file, musik, video dan bentuk dokumen yang lainnya.
Aplikasi Mail
  • Google Mail
  • Yahoo Mail


4. Layanan Web

Web merupakan suatu kumpulan dari halaman yang menampilkan berbagai macam informasi berupa teks, data, gambar, animasi, suara maupun video atau gabungan dari semuanya yang bersifat statis maupun dinamis, di mana membentuk suatu rangkaian yang saling berkaitan di mana masing-masing tersebut dihubungkan dengan jaringan halaman atau biasa disebut dengan nama hyperlink. Web ini bisa dikelola secara pribadi/perorangan bisa juga oleh suatu organisasi.

Fungsi Web
1. Media Komunikasi
Media komunikasi yang tercipta di dalam suatu website itu sangatlah beragam, tidak hanya chatting seperti bentuk komentar dan balasan, akan tetapi dengan ilmu yang disampaikan, artikel yang disajikan dari pemilik website kepada para pembaca juga merupakan suatu bentuk komunikasi walau tidak langsung.

Bentuk komunikasi di dalam website sangatlah beragam, seperti :
  1. Forum (untuk berinteraksi mengenai topik/tema tertentu dan topik tersebut tidak jauh atau tidak menyeleweng dari topik website di dalamnya).
  2. Live chat (biasanya live chat ini disediakan oleh perusahaan-perusahaan tertentu yang sangat membutuhkan interaksi dengan pembaca atau pengunjung, seperti domain name, web hosting dan lainnya dalam melayani calon konsumennya dengan tanggap).
  3. Komentar (di dalam suatu postingan, pemilik website akan mengijinkan penempatan adanya kolom komentar yang mempang sangat perlu untuk melakukan proses interaksi, bertukar pendapat dengan komentator yang lain maupun dengan pemilik wesite).
  4. Formulir online (biasanya disediakan seperti untuk formulir berisi jajakan pendapat mengenai saran atau formulir penting lainnya pada suatu website yang sifatnya lebih opsional).
2. Media Informasi
Konten yang disajikan di suatu website merupakan suatu bentuk penyajian informasi kepada para pembaca. Tidak hanya dengan membaca buku saja, dengan membaca di suatu website juga merupakan suatu proses pertukaran informasi. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, informasi yang diberikan oleh pemilik website bisa berupa tulisan, gambar maupun video interaktif.

3. Media Pendidikan
Media pendidikan bukan sebatas pembelajaran, akan tetapi media pendidikan menjadi wadah yang menyajikan info yang bisa disalurkan kepada para pembaca.

4. Media Pemasaran
Media pemasaran di sini memiliki arti dalam memasarkan suatu produk secara online, beda dengan memasarkannya di dunia nyata.

Apabila kalian memiliki barang atau produk dan bingung dalam proses pemasarannya, bisa untuk memasarkan di website-website pasar online yang terkemuka dan menggembirakannya, tidak untuk dipungut biasa sepeserpun!

5. Media Promosi
Media promosi yang dilakukan melalui website bisa dibilang sangat efektif karena jika kita menampilkan 1 buah promodi, maka promosi tersebut bisa dilihat oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia. Daripada kita harus mempromosikannya secara susah payah dan manual di dunia nyata.

Aplikasi Web
  • Zyro
  • Wix
  • Snappages
  • Webs
  • Webnode
  • Google Sites

5. Layanan Proxy

Proxy merupakan suatu server yang menyediakan layanan dalam meneruskan setiap permintaan kita kepada server lainnya di dalam internet. Dengan proxy, identitas komputer yang berupa IP Address menjadi bersifat tersembunyi karena yang dikenali oleh server yang di request ialah IP dari server proxy Anda.

Fungsi Proxy
Connection Sharing
Bertindak sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dengan jaringan luar. Gateway juga bertindak menjadi titik di mana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian, koneksi dari jaringan lokal ke dalam internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama.

Filtering
Bekerja di dalam layar aplikasi, sehingga memiliki fungsi sebagai Firewall paket filtering yang digunakan dalam melindungi jaringan lokal terhadap gangguan ataupun serangan dari jaringan luar. Bisa dikonfigurasi untuk menolak situs web tertentu di waktu yang tertentu.

Caching
Proxy server memiliki mekanisme dalam penyimpanan obyek-obyek yang telah diminta dari server di internet. Mekanisme dari caching ini akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan permintaan dari pengguna (user) yang didapatkan dari internet.

Aplikasi Proxy
  • UltraSurf
  • CCProxy
Sumber & Referensi :
  1. http://imchunkz.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-dan-fungsi-dhcp-dynamic-host.html
  2. http://www.iangoblog.com/2015/03/pengertian-dan-jenis-aplikasi-dhcp.html
  3. https://habibahmadpurba.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-dan-fungsi-domain-name-system-dns-server
  4. http://www.pengertianku.net/2014/09/mengetahui-pengertian-website-dan-jenisnya.html
  5. http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-proxy-dan-kegunaannya-dalam-jaringan-internet
  6. https://www.niagaweb.co.id/blog/6-aplikasi-terbaik-untuk-membuat-website-gratis
  7. http://www.kajianpustaka.com/2013/09/pengertian-manfaat-dan-fungsi-proxy.html

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top