Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

5 Jan 2016

Instalasi Debian Berbasis GUI dan CLI, Mana yang Lebih Baik?

Instalasi Debian Berbasis GUI dan CLI, Mana yang Lebih Baik? - Dalam instalasi di Sistem Operasi (dalam bahasa inggris : Operating System) pada Debian, ada yang dengan berbasis GUI (Graphical User Interface) maupun dengan berbasis CLI (Command Line Interface).

Dalam penggunaan tersebut, banyak yang menggunakan metode GUI, dan juga banyak yang menggunakan metode CLI, tergantung selera, kemudahan maupun kebutuhan.

Pertanyaan :
3. Berikan pendapat kalian dari hasil proses instalasi Debian berbasis GUI dan CLI yang dilakukan manakah yang lebih baik?

Install Debian dengan GUI dan CLI, Mana yang Lebih Baik?

Memang tidak bisa dipungkiri, jika penggunaan dari keduanya begitu ketat.


Akan tetapi, lebih baiknya untuk mencoba dengan menggunakan Metode CLI agar lebih bisa memahami dan mendalaminya, tidak terus-terusan harus terpaku dengan metode GUI saja.

Dalam penggunaan instalasi memang disarankan untuk lebih memilih instalasi debian berbasis CLI karena agar bisa terbiasa dalam menggunakan Sistem Operasi Debian yang berbasis dengan teks. Bagi siapapun saja seperti komputer pribadi (Personal Computer) bahkan untuk Server memang lebih cocok bahkan dikhususkan untuk menggunakan Instalasi Debian berbasis CLI.

Dan untuk alasan lain, kita juga sering menginstall Sistem Operasi Windows yang berbasis GUI, maka harus diseimbangkan juga jika untuk Instalasi Debian menggunakan CLI, agar kita bisa seimbang dan sama-sama menguasainya, dan pelajaran berharga tersebut bisa diterapkan pada Prakerin (Praktik Kerja Industri) / PKL (Praktik Kerja Lapangan) dan bahkan ilmu tersebut bisa dipakai saat kuliah bahkan untuk bekerja.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top