Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

3 Jan 2016

Kelebihan dan Kekurangan GUI dan CLI


Ads

Ads
Kelebihan dan Kekurangan Antarmuka Berbasis GUI dengan CLI - Di dalam sistem operasi, tidak semua antarmuka sama. Hal ini juga didukung jika dalam setiap sistem operasi juga memiliki antarmuka yang berbeda, tidak semuanya sama.

Dalam antarmuka mode GUI kita memang lebih diunggulkan dengan adanya mode grafis dalam bentuk model interaksi antara manusia dengan komputer.

Akan tetapi, jika kita melihat antarmuka dalam mode CLI, maka yang ditampilkan hanyalah sebuah baris-baris teks/perintah saja, tidak ada tampilan grafis sama sekali. Dan dengan bentuk baris perintah maupun teks inilah yang dijadikan model interaksi antara manusia dengan komputer.

Jika secara sederhananya, dalam mode antarmuka berbasis CLI lebih sederhana, lebih ringan dibandingkan dengan mode antarmuka berbasis GUI.

Pertanyaan :
2. Apa kelebihan dan kekurangan antarmuka berbasis GUI dengan CLI?

 ANTARMUKA GUI
Antarmuka GUI (Graphical User Interface)
Sumber : en.wikipedia.org
Antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface) memang sangat dikenal, memang begitu identik dengan yang namanya mode grafis. Di antarmuka ini, tampilan grafis memang dikenalkan dan dibuat secara menyeluruh untuk media interaksi antara pengguna (user) dan komputer.


Kelebihan GUI
1. Tampilan yang Menarik
Dengan adanya mode grafis pada antarmuka GUI ini, bisa membuat pengguna menjadi lebih nyaman dan cenderung bisa mengubah perasaan pengguna ketika menggunakan tampilan GUI. Jadi, GUI ini tampilannya memang keren, bagus dan tidak terkesan monoton.

2. Interaksi antara Pengguna dan Komputer Lebih Baik
Interaksi yang dilangsungkan antara pengguna dengan komputer menjadi jauh lebih mudah dan lebih baik karena dengan mode grafis tidak membuat pengguna kebingungan. Hal ini menjadikan interaksi mereka tidak kaku dan bisa berhubungan, berkomunikasi satu sama lain dengan baik.

3. Mudah Digunakan
Kemudahan yang ditonjolkan pada antarmuka GUI memang begitu banyak, sehingga dalam penggunaan GUI ini memiliki kelebihan dalam kemudahan penggunaan. Dalam penggunaan, hanya sedikit pengguna yang menemui kesulitan, bahkan bisa dibilang tidak ada sama sekali.

Kemudahan digunakan di sini banyak sekali jika diberikan dalam segi contoh, seperti untuk membuka aplikasi tidak memerlukan penulisan perintah pada papan ketik (keyboard), cukup dengan klik, klik dan klik, Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

4. Mudah Dipelajari
Orang-orang yang baru kenal dengan komputer kadang belum paham cara menggunakan komputer dengan baik itu bagaimana caranya. Akan tetapi, dengan adanya mode GUI ini bisa membuat pengguna yang tidak tahu sama sekali menjadi bisa dalam waktu yang singkat.

Bagaimana tidak? Misal untuk menggambar, bukalah "paint" dengan klik ikon atau cari pada accessories. Jika ingin mengetik sesuatu, bukalah "Microsoft Office" dengan mengkliknya, tepatnya Mocrosoft Office Word pada desktop. Seorang awampun bisa menggunakan komputer dalam waktu yang singkat tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Mudah bukan?

Kekurangan GUI
1. Membutuhkan Memori yang Besar
Adanya mode GUI ini mengakibatkan pada komputer terutama pada segi memori jika pada GUI ini memakan begitu banyak memori dibandingkan dengan mode CLI.

2. Bergantung pada Hardware (Perangkat Keras)
Dalam penggunaan antarmuka GUI, Hardware memang sangat penting gunanya. Karena jika hardware merupakan hardware yang tak memenuhi untuk kebutuhan GUI ini, misal RAM yang kecil, VGA tak memenuhi dan lainnya, maka antarmuka GUI pada komputer tidak bisa berjalan dengan baik.

3. Performa Berat
Dengan memiliki antarmuka mode GUI ini performa memang sedikit lebih berat ketimbang dengan antarmuka berbasis CLI. Akan tetapi, jika kebutuhan hardware mencukupi bahkan lebih besar dari kebutuhan minimal untuk suatu Sistem Operasi berbasis GUI, maka performa tidak terasa berat sama sekali.

ANTARMUKA CLI
Antarmuka CLI (Command Line Interface)
Sumber : imaratna98.blogspot.com
Dalam antarmuka berbasis CLI (Command Line Interface) ini marak dikenal di kalangan masyarakat terutama pada bidang komputer jika CLI ini merupakan antarmuka dengan berbasis perintah atau teks. Tidak ada mode grafis (tampilan grafis) pada CLI ini. Dan cara pengguna (user) berinteraksi dengan komputer ialah dengan mengetikkan suatu perintah sehingga program bisa berjalan.

Kelebihan CLI
1. Mudah membuat Folder dan Sub Folder
Membuat folder dengan begitu mudah jika pada antarmuka CLI ini. Cukup dengan mengetikkan format perintah mkdir pada suatu lokasi maupun bertingkat, maka Anda sudah memiliki folder.

Coba bandingkan dengan GUI, di mana harus klik New Folder, dan ini itu. Memang terpaut beberapa milidetik saja, akan tetapi, CLI masih unggul dalam urusan ini.

2. Cepat dalam Mengcopy
Bayangkan jika Anda mengcopy suatu file di dalam OS (Operating System) berbasis antarmuka GUI, dengan klik kanan copy atau bisa dengan Ctrl + C, lalu cari folder dan klik kanan paste atau bisa dengan Ctrl + V. Membutuhkan waktu yang sedikit lama kan?

Jika di dalam mode antarmuka CLI, cukup dengan mengetikkan format perintah cp Anda bisa langsung mengcopy filenya lalu diletakkan ke sumber folder tujuan.

3. Spesifikasi Hardware (Perangkat Keras) Rendah
Dalam mode antarmuka CLI ini tidak begitu terlalu banyak membutuhkan memori maupun hardware yang mumpuni. Memang, hardware yang mumpuni itu justru jauh lebih bagus. Akan tetapi, jika dalam CLI, menggunakan hardware yang rendah, tapi tidak terlalu rendah, bisa tetap berjalan dengan baik.

4. Akses Cepat
Lihat jika dalam contoh GUI pada Windows, untuk mencari Paint kita harus repot-repot klik Start dan cari pada accesories. Contoh lagi, membuka sebuah folder milik kita, harus menekan Libraries, lalu masuk ke folder yang diinginkan.

Jika dalam mode CLI, contoh saja untuk melihat isi dari suatu folder, cukup dengan mengetikkan format perintah ls. Bahkan seperti untuk menghapus suatu file, bisa dengan mengetikkan format perintah rm. Cukup cepat dan mudah bukan?

Kekurangan CLI
1. Resiko Kehilangan File Lebih Besar apabila "Ceroboh"
Bisa dicontohkan jika kita ingin menghapus suatu file dengan perintah rm dengan ditambahkan lokasi file atau targetnya, apabila salah mengetik rm dengan tujuan target file yang salah dengan kecerobohan kita, file tersebut bisa terhapus otomatis.

2. Tampilan yang Tidak Menarik
Coba lihatlah tampilan pada basis CLI. Begitu tidak menarik bukan? Dengan background berwarna hitam, tulisan berwarna putih, apalagi fontnya tidak berubah. Hanya itu-itu saja. Membosankan mungkin.

3. Masih Menggunakan Perintah atau Teks
CLI ini memang identik dengan mode perintah atau teks, jadi jangan heran jika di dalamnya hanya berisikan baris perintah semua dari atas layar hingga selesai. Tidak ada ikon, bahkan ikon yang kecilpun tak tampak pada mode CLI ini.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top