Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

27 Jan 2016

Makna Proklamasi Kemerdekaan

Makna Proklamasi Kemerdekaan - Kemerdekaan yang berhasil diraih oleh Bangsa Indonesia bukanlah karena adanya pemberian yang diberikan oleh bangsa lain, namun hasil dari perjuangan secara sungguh-sungguh oleh rakyat Indonesia.

Proklamasi
Proklamasi, sumber : donisetyawan.com

Dalam intinya, proklamasi itu memuat 2 (dua) hal, yakni :
  • Pernyataan kemerdekaan Bangsa Indonesia, baik pada dirinya sendiri maupun terhadap dunia luar.
  • Tindakan-tindakan yang segera harus diselenggarakan berhubungan dengan pernyataan kemerdekaan.

Proklamasi bisa dikatakan sebagai bentuk titik puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih suatu kemerdekaan, akan tetapi bukan menjadi bagian akhir dari suatu perjuangan.

Proklamasi merupakan awal suatu perubahan dalam rangka untuk mewujudkan suatu masyarakat yang lebih adil dan makmur merdeka dan berdaulat. Hal ini perlu untuk disadari oleh setiap orang jika tanpa adanya kemerdekaa, bangsa Indonesia tak bisa melaksanakan pembangunan dalam mewujudkan cita-cita. Setelah kemerdekaan berhasil untuk diraih, para pendiri bangsa kemudian segera menyusun langkah-langkah untuk mewujudkan cita-cita.

Dari penjelasan yang ada di atas, kita bisa belajar jika proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang begitu mendalam untuk keberlangsungan bangsa Indonesia. Maka kita harus setia kepada Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan cara memegang nilai-nilai perjuangan yang telah diwariskan kepada kita dan berpartisipasi dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top