Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

17 Jan 2016

Menyimpulkan Isi Berita

Menyimpulkan Isi Berita - Berita merupakan suatu bentuk kabar ataupun informasi tentang suatu hal atau peristiwa yang disampaikan secara langsung oleh seseorang, ataupun melalui media yang lain. Berita bisa disampaikan dengan lisan maupun tertulis. Dengan demikian, berita bisa disampaikan dalam berbagai macam bentuk, misal cetak maupun elektronik.

Bagi orang yang menyampaikan suatu berita, perbedaan penyampaian berita tak begitu menimbulkan suatu masalah yang besar. Akan tetapi, bagi si penerima berita, penyampaian suatu bentuk berita sangat mempengaruhi terhadap informasi yang akan diterima. Informasi yang sama dari media berbeda, bisa memunculkan adanya perbedaan pemahaman oleh seorang penerima berita.

Berkenaan menanggapi persoalan itu, kemampuan seseorang dalam memahami berita yang disampaikan dengan lisan sangat penting untuk dikuasai. Lantas, bagaimana agar kita bisa menyimak, memahami isi dari sebuah berita serta menyimpulkannya? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses menyimak berita yang disampaikan secara lisan.

Beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan saat menyimak suatu berita yang dibacakan sebagai berikut.

Menyimpulkan Isi Berita

1. Konsentrasi

Konsentrasi menjadi sangat penting dalam kegiatan menyimak berita yang disampaikan secara lisan. Hal ini karena berita bersifat dalam sekali tayang atau dengan kata lain tidak ada pengulangan. Konsentras merupakan suatu kegiatan pemusatan pikiran dengan perhatian penuh mengenai suatu hal.

Suatu hal tersebut meliputi sesuatu yang dilihat, didengar, atau dilakukan secara fokus. Melakukan konsentrasi dalam menyimak berita yang dibacakan berati memusatkan segala pikiran dengan perhatian yang penuh terhadap berita dengan terfokus.


2. Memperhatikan dengan Cermat setiap Kalimat dan Mengambil Makna Utama Kalimatnya

Memperhatikan setiap kalimat yang disampaikan oleh penyampai berita menjadi hal yang sangat penting. Akan tetapi, tak semua kalimat yang terdapat di dalam berita merupakan pokok atau inti dari berita tersebut.

Apabila kita tidak menyimaknya dengan utuh, maka kita tidak akan bisa mendapatkan berita tersebut secara utuh pula. Bisa saja, 1 (satu) kalimat yang terlewat untuk kita simak merupakan kalimat yang penting di dalam berita tersebut.

Pentingnya dalam memahami makna setiap kalimat dalam berita membantu kita dalam memahami berita secara keseluruhan. Untuk memahami berita yang tengah kita simak, kita tak perlu untuk menghafal setiap kalimat yang telah disampaikan.

Menghafal kalimat yang terdapat di dalam berita justru bisa mengalihkan tingkat konsentrasi kita. Hal ini malah membuat kita untuk lebih konsentrasi mengingat kalimat dan bukan pada isi berita.

Jadi, dalam menyimak suatu berita, kita langsung mengambil makna kalimatnya dan bukan untuk menghafal kalimat tersebut.

3. Menentukan Pokok Isi Berita dan Memahaminya secara utuh dan lengkap

Setelah kita menyimak dan memahami benar-benar makna kalimat-kalimatnya, kita bisa menentukan pokok isi berita. Menentukan pokok isi berita dilakukan dengan cara merangkai makna setiap kalimat. Dari pokok-pokok isi tersebut, kita bisa memahami maksud dari berita yang disampaikan.

Dalam menyimpulkan isi berita yang tengah disimak, kalian bisa melakukannya dengan cara menganalisis poin-poin yang penting. Apabila berita tersebut sifatnya penting, maka pokok isi tersebut bisa untuk dicatat.

Supata bisa menyimpulkan isi berita dengan tepat, kalian harus menganalisis poin-poin berita dengan utuh dan lengkap. Pokok isi tersebut untuk diurutkan dan dicermati dengan teliti. Dari proses ini, kalian akan mendapat suatu kesimpulan isi berita.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top