Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

8 Jan 2016

Pengertian Jaringan NAT

Pengertian Jaringan NAT - NAT (Network Address Translation) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Penafsiran Alamat Jaringan adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari 1 (satu) komputer ke dalam jaringan internet dengan menggunakan 1 (satu) alamat IP Address.

Banyak yang menggunakan metode ini dikarenakan ketersediaan Alamat IP Address yang memang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas di dalam suatu administrasi jaringan.

NAT menjadi salah satu protokol di dalam suatu sistem jaringan. NAT ini memungkinkan suatu jaringan dengan IP Address atau Internet Protocol yang bersifat Private atau Private IP yang sifatnya belum ter-registrasi di dalam jaringan internet dalam mengakses jalur internet.

Hal ini berarti bahwa suatu alamat IP bisa mengakses internet menggunakan IP Private atau bahkan menggunakan IP Publik, NAT biasanya ditempatkan di dalam suatu router.

NAT ini juga sering digunakan dalam menggabungkan atau menghubungkan 2 (dua) buah jaringan yang saling berbeda, dan menafsirkan atau menerjemahkan IP Private atau bukan IP Public di dalam jaringan internal ke dalam jaringan yang legal network sehingga memiliki hak dalam melakukan akses data di sebuah jaringan.

Jaringan NAT
Sumber : padepokan-it.blogspot.com

Alamat IP

Saat ini, protokol IP yang banyak digunakan ialah IP versi 4 (IPv4). Dengan panjang alamat 4 byte, berarti ada 2^32 (baca : dua pangkat tiga puluh dua) = 4.294.967.296 jumlah Alamat IP yang tersedia. Jumlah ini secara teoretis ialah jumlah komputer yang bisa langsung terkoneksi ke dalam jaringan internet.


Karena adanya keterbatasan inilah, sebagian besar Internet Service Provider (ISP) hanya akan mengalokasikan 1 (satu) alamat hanya untuk 1 (satu) pengguna, dan alamat ini bersifat dinamik, dalam artian alamat IP yang diberi berbeda jika setiap kali pengguna (user) melakukan suatu koneksi ke dalam jaringan internet.

Hal ini menjadi menyulitkan dalam bisnis golongan menengah ke bawah. Di satu sisi, mereka membutuhkan banyak komputer untuk terkoneksi di dalam jaringan internet, akan tetapi di sisi lain hanya tersedia 1 (satu) alamat IP yang berarti hanya ada 1 komputer yang bisa terkoneksi ke dalam jaringan internet.

Hal tersebut bisa diatasi dengan adanya metode NAT!

Dengan NAT Gateway yang dijalankan pada salah satu komputer, 1 (Satu) alamat IP tersebut bisa dibagi ke dalam beberapa komputer yang lainnya dan mereka bisa saling melakukan koneksi ke dalam internet secara bersama-sama.

Keamanan

Saat suatu komputer terhubung ke dalam internet, komputer tersebut tidak saja bisa mengaksesnya, misal ke server suatu situs tertentu, akan tetapi komputer tersebut juga sangat mungkin bisa untuk diakses oleh komputer yang lain juga terkoneksi ke dalam internet.

Apabila disalahgunakan, hal ini bisa menjadi sangat berbahaya. Data-data penting bisa saja dilihat bahkan dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. NAT, secara otomatis akan memberi proteksi seperti halnya Firewall dengan hanya mengizinkan koneksi yang berasal dari dalam jaringan.

Hal ini berarti bahwa tingkat keamanan suatu jaringan menjadi meningkat, karena kemungkinan koneksi dari luar ke dalam jaringan menjadi relatif sangatlah kecil.

Administrasi Jaringan

Dengan NAT, suatu jaringan yang besar bisa dipecah menjadi jaringan yang lebih kecil. Bagian kecil ini masing-masing memiliki 1 (satu) alamat IP, sehingga bisa menambah atau mengurangi jumlah komputer tanpa mempengaruhi jaringan secara menyeluruh.

Sementara itu, pada gateway NAT modern terdapat Server DHCP yang bisa mengonfigurasi komputer client secara otomatis. Hal ini tentunya begitu menguntungkan bagi seorang Administrator Jaringan, karena dalam mengubah konfigurasi jaringan, seorang Admin hanya perlu mengubah pada komputer server dan perubahan ini akan terjadi pada semua komputer client.

Sementara itu, gateway NAT mampu membatasi akses ke dalam suatu jaringan internet.

Secara keseluruhan, dengan beragam kelebihan dari gateway NAT itu, Admin Jaringan akan menjadi sangat terbantu dalam melakukan tugas-tugasnya.

Sumber & Referensi :
  1. http://www.jejaring.web.id/pengertian-nat-dan-tipe-tipe-nat
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Penafsiran_alamat_jaringan
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top