Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

13 Jan 2016

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang


Ads

Ads
Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang - Apabila dilihat dari beberapa segi atau beberapa faktor yang menunjang suatu kebutuhan negara, negara maju memang jelas diunggulkan dari negara berkembang.

Jika dibandingkan dalam segi fasilitas, dan potensi-potensi yang ada, negara berkembang masih kalah telak dengan negara maju.

Lalu, sebenarnya, apa pengertian atau definisi dari negara maju serta negara berkembang tersebut? Negara Indonesia ini termasuk ke dalam golongan/kategori negara yang maju atau negara yang masih berkembang?

Gambaran Negara Maju
Gambaran Negara Maju, sumber : serbadidunia.wordpress.com

Pengertian Negara Maju

Negara Maju adalah negara yang telah menikmati standar hidup yang relatif tinggi dengan adanya keberadaan teknologi tinggi dan kondisi ekonomi yang merata.

Kebanyakan negara dengan tingkat GDP per kapita tinggi dianggap sebagai salah satu negara yang berkembang. Akan tetapi, beberapa negara telah mencapai tingkat GDP yang tinggi melalui eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA) seperti contohnya Nauru melalui pengambilan Fosfor dan Brunei Darussalam melalui pengambilan minyak bumi tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tak dianggap memiliki negara dengan status negara maju.

Pengamat dan teoritis melihat alasan yang begitu berbeda mengapa beberapa negara (dan yang lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi.

Banyak sekali alasan yang menyatakan jika perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas dan sedikitnya atau ketiadaan kasus korupsi.


Beberapa memandang negara yang kaya itu menjadi kaya karena adanya eksploitasi dari negara miskin yang ada di masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme, atau pada masa sekarang, dengan adanya proses globalisasi.

Pengertian Negara Berkembang

Negara Berkembang adalah negara yang memiliki tingkat kesejahteraan material rendah. Karena tidak adanya definisi tetap negara berkembang yang diakui secara internasional, tingkat pembangunan bisa saja bervariasi di dalam negara yang berkembang tersebut. Sejumlah negara berkembang memiliki standar hidup rata-rata yang tinggi.

Negara yang memiliki ekonomi lebih maju daripada negara berkembang yang lainnya, akan tetapi tak sepenuhnya menampakkan tanda-tanda sebagai negara maju, dikelompokkan dalam istilah negara industri baru.

Bank Dunia mengelompokkan negara-negara yang ada di dunia ke dalam 4 kelompok pendapatan. Di mana kelompok ini diatur setiap tahunnya pada tanggal 1 Juli. Ekonomi yang terbagi berdasarkan pendapatan nasional per kapita 2008 menggunakan tingkatan pendapatan sebagai berikut :
  • Negara pendapatan rendah memiliki PN per kapita US$975 atau kurang
  • Negara pendapatan menengah bawah memiliki PN per kapita antara US$976 dan US$3.855
  • Negara pendapatan menengah atas memiliki PN per kapita antara US$3.856 dan US$11.905
  • Negara pendapatan tinggi memiliki PN per kapita lebih dari US$11.906
Dalam mengenai persoalan ini, Indonesia termasuk ke dalam Negara Berkembang.

Sumber & Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Negara_berkembang
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Negara_maju

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top