Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

30 Jan 2016

Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli - Untuk memahami pengertian negara terlebih dahulu mari kita untuk memahami dahulu istilah "negara". Istilah negara berasal dari bahasa Jerman dan bahasa Belanda, yakni staat, dalam bahasa Inggris state, dan bahasa Prancis etat, serta dalam bahasa Latin statum.

Menurut Marcus Tullis Ciciro, statum diartikan sebagai kedudukan yang berkaitan dengan kedudukan persekutuan orang.

Menurut Prof Mr. L. J. Van Apeldoorn, dalam bukunya yang berjudul "Inleiding tot de Studie van Het Nederlandsche Recht" negara diartikan penguasa, yakni untuk menyatakan jika orang atau orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi atas persekutuan rakyat yang bertempat tinggal dalam suatu daerah.

Berdasar istilah tersebut, maka negara bisa diartikan sebagai organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang memiliki cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu dan memiliki pemerintah yang berdaulat.

Untuk memahami lebih dalam mengenai apa itu sebenarnya pengertian tentang negara, berikut ini merupakan pendapat dari para pakar memberikan pengertian mengenai negara, antara lain sebagai berikut :

Negara
Negara, sumber : mrharlan.wordpress.com

George Jellinek
Negara merupakan organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.

George Wilhelm Friedrich Hegel
Negara merupakan organsisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.

Mr. Kranenburg
Negara merupakan suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.

Roger F. Saltau
Negara merupakan alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

Meriam Budiardjo
Negara merupakan suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warganya ketaatan pada perundangan melalui penguasaan kontrol dari kekuasaan yang sah.

Prof. Dr. Djokosoetono
Negara merupakan suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.

Prof. Dr. Soenarko
Negara organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, di mana kekuasaaan negara berlaku sepenuhnya sebagai souverign (kedaulatan).

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top