Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

16 Jan 2016

Pengertian Norma dan Macam-macamnya beserta Contohnya


Ads

Ads
Pengertian Norma dan Macam-macam Norma beserta Contohnya - Artikel kali ini akan membahas mengenai Pengertian Norma dan macam-macam norma beserta dengan Penjelasannya, juga contohnya dalam kehidupan sehari-hari dan sanksinya.

Memang, tidak bisa disangkal jika setiap individu dalam kehidupan sehari-hari melakukan beragam interaksi dengan individu yang lainnya atau interaksi sosial.

Dalam interaksi sosial, senantiasa untuk diharapkan agar kehidupan menjadi lebih tertib dan teratur. Bisa kita sadari jika di dalam kehidupan masyarakat tak ada suatu pedoman yang mengatur, tentu akan timbul bentuk kekacauan.

Norma

Pengertian Norma & Penjelasannya

Lantas, agar terciptanya teratur dan tertibnya interaksi sosial, maka diperlukan adanya pedoman. Pedoman yang berlaku dalam masyarakat itu disebut dengan nama "adat" dan "norma". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud dengan norma antara lain :
  1. Aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok di masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan kendalian tingkah laku, yang sesuai dan diterima.
  2. Aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu.
Dengan kata lain, Norma adalah kaidah atau aturan yang menjadi petunjuk hidup dalam kehidupan masyarakat.

Macam-macam Norma

1. Norma Agama
Norma agama adalah peraturan hidup yang harus diterima oleh manusia sebagai bentuk perintah, larangan dan ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa yang bersifat dogmatis. Dogmatis adalah ajaran yang harus dilaksanakan dan tak boleh dikurangi atau ditambah.

Bagi setiap pemeluk agama, mengakui dan meyakini jika peraturan yang paling benar ialah peraturan yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Pemeluk agama berpendapat jika norma agama merupakan satu-satunya norma yang mengatur mengenai peribadatan dalam rangka melaksanakan hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Akan tetapi, para pemeluk agama juga menganut peraturan-peraturan hidup yang bersifat kemasyarakatan, yang biasa disebut dengan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antara manusia dan memberikan perlindungan kepada diri serta harta bendanya.

Sanksi Norma Agama
Sanksi norma agama ialah hukum yang berupa siksaan dari Tuhan Yang Maha Esa nantinya di akhirat. Jadi, sanksi norma agama tidak langsung diberikan, namun diperoleh setelah meninggal dunia. Bagi manusia yang tak melanggar norma agama ini, akan memperoleh pahala, dan mendapatkan dosa apabila sewaktu hidupnya di mana manusia tak menjalankan semua perintah Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh Norma Agama
  • Dilarang untuk mencuri
  • Dilarang untuk berzina
  • Dilarang berbuat riba
  • Dilarang membunuh
  • Dilarang berbuat kasar
  • Dilarang berbuat jahat

2. Norma Kesusilaan
Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang dianggap sebagai suara hati sanubari manusia, tentang baik buruknya suatu perbuatan. Norma ini merupakan sumber moral dan hati nurani manusia. Pelanggaran norma ini adalah pelanggaran terhadap perasaannya yang berakibat terhadap bentuk penyesalan, rasa malu dan menjadikan merasa bersalah.

Norma kesusilaan merupakan bentuk peraturan-peraturan kepada manusia sehingga manusia di dalam hidupnya menjadi manusia yang lebih sempurna.

Sanksi Norma Kesusilaaan
Sanksi norma kesusilaan ini biasanya bersifat tidak tegas, dan sanksi yang didapatkan ialah rasa malu, penyesalan dan rasa bersalah setelah bertindak melanggar.

Contoh Norma Kesusilaan
  • Tidak boleh mencuri barang milik orang lain
  • Berlaku dengan jujur
  • Tidak boleh berbuat bohong
  • Harus berbuat baik terhadap sesama manusia
  • Bertindak menghargai orang lain
  • Bertindak adil

3. Norma Kesopanan
Norma kesopanan adalah peraturan hidup yang timbul dari pergaulan segolongan manusia di dalam masyarakat dan dianggap sebagai tuntutan pergaulan sehari-hari dalam masyarakat tersebut. Norma ini timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan, sehingga masing-masing setiap gnggota masyarakat bisa saling menghormati satu sama lain.

Norma kesopanan merupakan bentuk pedoman dalam mengatur tingkah laku manusia terhadap manusia yang ada di sekitarnya. Di dalam masyarakat tertetu, kesopanan ditetapkan sebagai peraturan yang mengatur apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh untuk dilakukan oleh seseorang anggota masyarakat.

Norma kesopanan ini bersifat relatif, yang berarti apa yang dianggap sebagai norma keseopanan, berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan bahkan waktu. Sumber norma kesopanan ini berasal dari keyakinan masyarakat yang saling bersangkutan.

Sanksi Norma Kesopanan
Sanksi yang didapatkan oleh pelanggar ialah bisa dicela oleh sesamanya, sanksi ini bersifat tidak tegas, akan tetapi bisa diberikan dari dalam masyarakat itu sendiri yang bisa berupa cemoohan, bahkan dikucilkan dalam pergaulan masyarakat.

Contoh Norma Kesopanan
  • Memberi tempat duduk terlebih dahulu kepada wanita di dalam transportasi umum (bus, kereta api, dll) terutama bagi wanita yang sudah tua, hamil atau membawa bayi
  • Berkata dengan tutur kata lemah lembut, baik kepada yang lebih muda, sesama, bahkan lebih tua
  • Tidak berdesakan apabila memasuki ruangan
  • Tidak meludah di sembarang tempat
  • Tidak berkata kasar
  • Memberi salam atau bisa dengan menyapa

4. Norma Hukum
Norma hukum adalah peraturan-peraturan yang dibuat oleh badan atau lembaga yang berwenang untuk mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaannya bersifat memaksa oleh alat-alat negara. Dalam masyarakat tertentu, ada hukum yang berlaku sesuai lisan yang disebut dengan hukum adat.

Norma hukum berfungsi sebagai berikut :
  1. Melengkapi norma yang lain dengan sanksi nyata dan tegas.
  2. Mengatur hal-hal yang belum diatur oleh norma-norma lain.
  3. Norma hukum kadang mengatur hal-hal yang bisa bertentangan dengan norma yang lain. Contohnya, pengatur pelaksanaan hukuman mati, meskipun di dalam norma pada umumnya adalah dilarang untuk membunuh.
Sumber dari norma hukum bisa berupa peraturan perundang-undangan, yurisprudensi, kebiasaan dan doktrin.

Sanksi Norma Hukum
Sanksi dari norma hukum ialah bersifat tegas dan memaksa. Contohnya, berupa penjara atau ditahan, didenda, bahkan hingga dihukum mati.

Contoh Norma Hukum
  • Setiap pejalan kaki harus melewati jalur lambat
  • Dilarang mencuri atau merampok
  • Dilarang membunuh

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top