Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

10 Jan 2016

Pengertian Simbiosis Parasitisme dan Contohnya

Pengertian Simbiosis Parasitisme dan beserta dengan Contohnya - Simbiosis merupakan salah satu kata yang berasal dari bahasa Yunani, di mana sym berarti "dengan" dan biosis yang berarti "kehidupan".

Simbiosis ini merupakan bentuk interaksi antara 2 (dua) organisme yang hidup secara berdampingan atau bersama.

Simbiosis merupakan pola interaksi yang begitu erat dan khusus antara 2 (dua) makhluk hidup yang berlainan jenisnya. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut dengan simbion.

Benalu dan Inangnya
Sumber : ilmudandunia.blogspot.com

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Simbiosis Parasitisme merupakan di mana pihak yang satu mendapatkan keuntungan (untung) dan membuat rugi pihak yang lainnya.

Hal ini bisa diartikan jika parasitisme ini menggambarkan suatu hubungan antara 2 (dua) organisme di mana yang 1 (satu) mendapat untung atau manfaat, dan yang lainnya merasa dirugikan.

Parasit merupakan organisme yang menguntungkan dari hubungan, sementara yang menjadi tuan rumahlah yang dirugikan karena hubungan tersebut.

Parasit ini bisa mencakup sejumlah hal yang termasuk tanaman, hewan, bahkan virus dan bakteri.

Hal ini berguna dalam mengetahui mengenai parasit karena secara teknis, apa saja yang diuntungkan sementara kita dirugikan dianggap parasit.

Sementara itu, beberapa parasit yang bisa mempengaruhi manusia bisa mnjadi gangguan, seperti contohnya kutu atau tungau, adapun parasit yang lainnya yang bisa membuat kita benar-benar merasakan sakit. Seperti contohnya ialah gigitan dari kutu yang bisa menyebabkan penyakit Lyme, atau Giardia yang kita cerna di mana berasal dari air minum yang telah terkontaminasi.

Biasanya, meski parasit itu membahayakan bagi tuan rumah mereka, akan tetapi itu merupakan bentuk dari kepentingan parasit yang terbaik karena tidak membunuh tuan tumahnya, karena hal tersebut sangatlah bergantung pada tubuh dan fungsi tubuh inang, seperti dalam pencernaan atau peredaran darah untuk hidup.


Contoh Simbiosis Parasitisme

1. Cacing Pita dan Tubuh Manusia
Cacing pita hidup dengan cara endoparasit di dalam usus manusia. Manusia jelas dirugikan karena cacing pita ini menghisap darah dan sari makanan yang dibutuhkan oleh manusia, sehingga manusia menjadi kurus dan pucat karena kekurangan darah dan sari makanan. Sedangkan itu, cacing pita merasa diuntungkan karena bisa mendapatkan makanan sebagai kelangsungan hidupnya.

2. Jamur dan Tubuh Manusia
Jamur seperti contohnya jamur panu hidupnya menempel pada kulit manusia. Jamur ini diuntungkan karena bisa mendapatkan makanan dari tubuh manusia. Dan manusia ini dirugikan karena selain mendapat rasa gatal, juga manusia kehilangan zat makanan karena sudah diambil alih oleh jamur.

3. Kutu Kepala dan Tubuh Manusia
Kutu kepala hidup dengan cara ektoparasit di kepala manusia. Kutu ini diuntungkan karena mendapatkan makanan atau dengan menghisap darah manusia. Manusia menjadi dirugikan karena menjadi kehilangan darah dan menyebabkan adanya rasa gatal yang timbul yang berasal dari gigitan kutu tersebut.

4. Benalu dan Pohon Alpukat
Benalu diuntungkan karena bisa mendapatkan makanan dengan cara menghisap sari makanan dari tubuh pohon alpukat, sedangkan itu, pohon alpokat jelas dirugikan karena kehilangan sari makanan yang telah diambil oleh benalu.

5. Benalu dan Pohon Inang
Benalu termasuk ke dalam tumbuhan biji dan berdaun hijau. Akar tumbuhan tersebut tidak sempurna sehingga tak mampu untuk menyerap air dan hara secara langsung dari dalam tanah. Untuk memenuhi kebutuhan akan air dan hara, benalu menumpang pada ranting tumbuhan jenis lain. Akarnya berupa alat hisap yang disebut dengan haustoria yang bisa menembus kulit masuk ke jaringan pengangkat.

Dari jaringan itulah, benalu menyerap air dan hara yang larut di dalamnya. Oleh karena itu, tumbuhan inang mengalami kerugian karena air dan hara yang akan digunakan untuk hidup malah diserap oleh benalu. Akibat dari kegiatan yang dilakukan oleh benalu itu, biasanya ujung ranting tanaman yang ditumpanginya menjadi mengecil, kurus, dan akhirnya mati.

6. Rafflesia dan Tumbuhan Inangnya
Bunga bangkai atau rafflesia arnoldi ini hanya bisa ditemukan di hutan cagar alam yang ada di daerah Bengkulu. Tumbuhan ini termasuk ke dalam tumbuhan yang langka dan dilindungi oleh undang-undang. Rafflesia hidup sebagai parasit di akar tumbuhan lain.

Tubuh yang menyembul di atas permukaan tanah ialah bunganya, sementara bagian tubuh yang lain tertanam di akar yang tertutup dengan tanah. Benang-benang akarnya masuk ke dalam jaringan akar. Dari jaringan tersebut, Rafflesia menyerap zat yang diperlukan.

Sumber & Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Simbiosis
  2. http://www.sridianti.com/pengertian-contoh-parasitisme.html
  3. http://kartika.xyz/biologi-klas-x/simbiosis-parasitisme
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top