Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

9 Jan 2016

Pengertian Sistem File (File System)

Pengertian Sistem File (File System) atau Sistem Berkas pada Sistem Operasi Jaringan - Secara definisi, sistem file ini memiliki 2 (dua) buah pengertian yang umum saat ini, yang pertama, sistem file sebagai sistem hirarki file pada komputer.

Hirarki ini mengatur struktur file-file dan dietektori-direktori di dalam media penyimpanan. Sistem Linux memiliki struktur direktori yang menyerupai pohon, dengan root (/) sebagai yang utama atau akarnya dan dilanjutkan dengan file, direktori dan sub direktori di bawahnya.

Pengertian yang kedua, sistem file juga bisa diartikan sebagai sistem penyimpanan file pada media penyimpanan.

Ini mengatur tentang pemformatan media penyimpanan/partisi, sehingga bisa digunakan dalam menyimpan suatu file.

Sistem File
Sumber : rizalnurhadi97.blogspot.com

Kesimpulannya, bisa diambil juga, definisi dari sistem file merupakan struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk.


Atau dengan kata lain, sistem file ini merupakan database khusus untuk penyimpanan, pengelolaan, manipulasi serta pengambilan data sehingga mudah untuk ditemukan dan diakses.

Hubungan antara sistem operasi dengan sistem file merupakan sistem file merupakan antarmuka (interface) yang menghubungkan sistem operasi dengan disk.

Saat program menginginkan pembacaan dari harddisk atau media penyimpanan yang lain, sistem operasi akan meminta sistem file untuk mencari lokasi dari file yang diinginkan. Setelah file ditemukan, sistem file akan membuka dan membaca file tersebut, lalu mengirim informasi kepada sistem operasi dan akhirnya bisa dibaca oleh pengguna (user).

Semua sistem operasi mulai dari DOS, Windows, Macontosh, dan turunan UNIX memiliki sistem file sendiri yang berguna untuk meletakkan file di dalam sebuah struktur hirarki.

Contoh dari sistem berkas yang termasuk di dalamnya FAT, NTFS, HFS dan HFS+, EXT2, EXT3, ISO 9660, ODS-5 dan UDF.

Beberapa sistem berkas antara lain juga jorunaling file system atau versioning file system, sistem berkas juga menentukan dalam konvensi penamaan berkas dan peletakkan berkas di dalam struktur direktori.

Sumber & Referensi :
  1. http://felly-adr.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-dan-macam-macam-file-system.html
  2. http://dosen.gufron.com/artikel/mengenal-sistem-file-file-system-linux/18
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top