Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

1 Jan 2016

Perbedaan Langkah Instalasi Debian berbasis GUI dan CLI


Ads

Ads
Perbedaan Langkah Instalasi Sistem Operasi Debian berbasis GUI & CLI - Instalasi berbasis GUI (Graphical User Interface) merupakan instalasi yang menggunakan mode grafis, sementara itu apabila instalasi berbasis CLI (Command Line Interface) merupakan instalasi yang menggunakan beris perintah atau perintah-perintah khusus.

Dalam melakukan instalasi sistem operasi debian di dalam suatu komputer, memang banyak yang menggunakan instalasi berbasis GUI maupun instalasi berbasis CLI.

Akan tetapi, tidak hanya pengertiannya saja yang berbeda, dalam menginstall sistem operasi debian, antara instalasi GUI dan instalasi CLI jelas benar-benar berbeda. Walau tidak ada perbedaan banyak, akan tetapi ini mungkin berpengaruh bagi para penggunanya (user).

Apabila kita menginstall sistem operasi debian berbasis GUI, maka kita bisa menggunakan perangkat keyboard dan mouse saat menggunakannya, akan tetapi, jika kita menginstall sistem operasi debian berbasis CLI, kita hanya mampu menggunakan keyboard untuk mengetikkan perintah.

Lalu, di mana letak perbedaan langkah instalasi debian berbasis GUI dan CLI?

Perbedaan Langkah Instalasi Debian Berbasis GUI dan CLI

Hal ini menjawab pertanyaan di halaman 101, Buku Sistem Operasi Jaringan Semester 1 Kurikulum 2013, Jurusan Teknik Komputer & Jaringan Kelas XI :

1. Tentukan perbedaan langkah-langkah pada instalasi sistem operasi debian berbasis GUI dan teks (CLI)?

Kita di sini akan menjawab perbedaan langkah bukan perbedaan GUI & CLI. Dalam langkah instalasi, memang terdapat perbedaan yang mendasar antara instalasi GUI maupun CLI.

Lihat, simak baik-baik.

Apabila di Langkah Instalasi Debian berbasis GUI (Graphical User Interface), maka yang dipilih ialah Graphic Install di saat kalian akan menginstall sistem operasi tersebut ke dalam komputer Anda.

Klik Graphical Install
Graphical Install
Sumber : youtube.com

Sementara itu, apabila pada Langkah Instalasi Debian berbasis teks/CLI (Command Line Interface), maka yang dipilih ialah Install di saat kalian akan menginstall sistem operasi tersebut ke dalam komputer Anda.

Klik Install
Install
Sumber : youtube.com

Nah, bagaimana? Sudah begitu paham perbedaan yang ada di saat langkah instalasi sistem operasi debian berbasis GUI & CLI?

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top