Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

3 Feb 2016

Contoh Termometer Khusus


Ads

Ads
Contoh atau Macam-macam Termometer Khusus - Termometer khusus dibuat untuk keperluan tertentu. Dalam penunjukkan skala, berdasarkan kebutuhan.

Termometer Badan/Klinis/Demam
Termometer Badan/Klinis/Demam, sumber : latihansiswa.blogspot.com

Termometer Khusus

1. Termometer Badan/Termometer Klinis/Termometer Demam
Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu dari tubuh manusia. Pada dasarnya, suhu manusia yang normal ini sebesar 37 derajat Celcius, dan manusia masih bertahan hidup apabila suhunya di atas 35 derajat Celcius dan di bawah 42 derajat Celcius.

Maka, skala dalam Termometer badan ini hanya berkisar antara 35 derajat Celcius hingga 42 derajat Celcius.


2. Termometer Ruangan
Termometer ruangan ini digunakan untuk mengetahui suhu kamar. Termometer ini dibuat berdasarkan negara yang akan memakainya. Di Indonesia sendiri, di mana Indonesia adalah negara yang memiliki daerah tropis, suhunya dibuat sekitar 27 derajat Celcius.

Sedangkan daerah yang memiliki musim dingin akan dibuat hingga di bawah 0 (nol), biasanya berkisar antara -30 derajat Celcius hingga -50 derajat Celcius.

3. Termometer Maksimum-Minimum
Termometer ini berguna untuk mengukur suhu maksimum dan minimum yang terjadi dalam selang waktu yang tertentu (misal 1 (satu) hari).

Termometer maksimum-minimum ini menggunakan 2 (dua) jenis zat cair, yakni air raksa dan alkohol.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top