Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

6 Mar 2016

Beberapa Keistimewaan dari Kitab Suci Al Qur'an

Beberapa Keistimewaan dari Kitab Suci Al Qur'an - Al Qur'an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara dari Malaikat Jibril. Al Qur'an tidak diturunkan secara sekaligus, akan tetapi dengan cara berangsur-angsur.

Waktu turun dari Al Qur'an itu sendiri kurang lebih sekitar 23 tahun lamanya, atau tepatnya 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. Al Qur'an terdiri atas 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, 74.437 kalimat, serta 325.345 huruf.

Wahyu yang pertama diturunkan ialah Surat Al Alaq ayat 1-5, yang di mana surat tersebut diturunkan pada malam 17 Ramadan tahun 610 Masehi di Gua Hira, di mana saat Nabi Muhammad SAW tengah berkhalwat.

Dengan diterimanya wahyu yang pertama ini, Nabi Muhammad SAW kemudian diangkat menjadi seorang Rasul, yakni manusia pilihan Allah SWT, yang diberikan wahyu untuk disampaikan kepada umatnya.

Mulai saat itulah, Nabi Muhammad SAW diberikan tugas oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalahNya kepada seluruh umat manusia.

Keistimewaan Al Qur'an

Sementara itu, wahyu yang terakhir turun adalah Surat Al Maidah ayat 3.

Ayat tersebut turun pada tanggal 9 Hijriyah di Padang Arafah, saat itu beliau tengah menunaikan haji wada' (haji perpisahan). Selang beberapa hari setelah menerima wahyu tersebut, Nabi Muhammad SAW wafat.

Al Qur'an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, menghapus sebagian syariat yang sudah tertera pada kitab-kitab terdahulu, dana melengkapinya dengan tuntunan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Al Qur'an merupakan kitab suci yang lengkap dan berlaku bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman. Maka dari itu, sebagai seorang muslim, kita tidak perlu untuk meragukannya sama sekali.

Keistimewaan Al Qur'an

Cara mengamalkan dari isi Al Qur'an itu sendiri ialah dengan mempelajari cara belajar membacanya (mengaji) baik itu memulainya dari iqra', qiraati, atau bahkan yang lain.

Kemudian, mencoba untuk mempelajari artinya, menganalisis dari segi arti, serta bisa langsung untuk mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

Keistimewaan dari kitab suci Al Qur'an ialah, sebagai berikut :
  1. Sebagai salah satu petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman serta bertakwa.
  2. Sebagai bentuk informasi kepada setiap umat jika Nabi dan Rasul terdahulu memiliki syariat (aturan) dan caranya masing-masing dalam menyembah kepada Allah SWT.
  3. Al Qur'an menjadi kitab suci yang terakhir dan terjamin akan keasliannya.
  4. Al Qur'an tidak bisa tertandingi oleh ide-ide manusia yang ingin menyimpangkannya.
  5. Membaca dan mempelajari isi dari kitab suci Al Qur'an, merupakan suatu ibadah dan dihitung sebagai pahala.
  6. Al Qur'an diturunkan oleh Allah SWT dan langsung dipelihara olehNya.
  7. Pembenar dari kitab-kitab sebelumnya (kitab-kitab yang terdahulu).
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top