Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

16 Mar 2016

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Hirarki/Tree


Ads

Ads
Kelebihan dan Kekurangan Topologi Hirarki/Tree - Topologi hirarki atau biasa disebut dengan topologi tree, atau ada yang menyebutnya lagi dengan nama topologi pohon, di mana topologi jaringan ini memiliki susunan jaringan yang bisa dikatakan hampir mirip jika dibandingkan dengan pohon yang bercabang.

Topologi tree merupakan salah satu bentuk kombinasi karakteristik antara topologi star beserta dengan topologi bus. Topologi ini terdiri atas beberapa kumpulan topologi star yang terhubung dalam 1 (satu) topologi bus sebagai jalur backbone. Komputer-komputer yang saling terhubung dengan hub, sementara itu hub lainnya dihubungkan sebagai salah satu jalur backbone.

Topologi ini juga biasa disebut dengan nama topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan dalam interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah, digambarkan dengan lokasi yang lebih rendah pula, dan semakin ke atas, maka memiliki hirarki yang semakin tinggi.

Topologi Hirarki/Topologi Tree

Di dalam topologi hirarki/topologi tree/topologi pohon ini juga merupakan topologi jaringan dalam versi luas dari bentuk topologi star. Di dalam topologi ini, jika setiap node yang terhubung, memiliki berbagai macam tingkatnya masing-masing.

Node yang memiliki tingkat tinggi diletakkan di atas, sementara itu untuk yang memiliki tingkat rendah diletakkan pada bagian bawah. Di dalam topologi ini, sebuah node bisa memiliki cabang layaknya suatu pohon yang memiliki banyak cabang lagi.

Data yang dikirim oleh node tertentu haruslah melewati node pusat (node pusat cabang) guna data bisa mencapai ke dalam suatu tujuan. Jadi, jika di dalam suatu kesempatan, node tersebut mengalami kerusakan, maka node tertentu akan merasa kesulitan dalam mengirim suatu bentuk data ke dalam node yang letaknya lebih jauh.

Kelebihan

  1. Topologi hirarki ini mudah dalam manajemen karena adanya pusat node yang ada di dalam tingkatannya masing-masing.
  2. Bisa menjangkau hingga jarak yang jauh jika dengan sifat repeater yang dimiliki oleh hub.

Kekurangan

  1. Apabila ada salah satu node yang rusak, maka node yang berada di bawahnya, akan sulit untuk mengirim node yang jauh atau tetangganya, entah itu tidak berfungsi dengan efektif, maka kinerja akan melambat.
  2. Harus memikirkan secara benar-benar matang di dalam mendesainnya, karena kabel yang dibutuhkan oleh topologi ini tidak sedikit.
  3. Sering terjadi suatu collision.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top