Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

14 Mar 2016

Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Mesh

Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Mesh - Topologi Mesh ini jika di dalam bahasa Indonesia, biasa disebut dengan Topologi Jala.

Topologi Mesh merupakan suatu hubungan antar setiap perangkat, di mana dari setiap perangkat yang tersambung secara langsung ke perangkat yang lainnya di dalam jaringan. Hal ini, memungkinkan jika di dalam topologi mesh, setiap perangkat yang terhubung bisa saling berkomunikasi "secara langsung" dengan perangkat yang dituju.

Komponen utama pembentuk dari Topologi Jaringan Mesh ini yang biasanya dipakai adalah Digital Cross Connect, dengan 1 (satu) atau lebih dari 2 (dua) sinyal aggregate, serta tingkat cross connect (koneksi persilangan) yang begitu bermacam di level sinyal SDH.

Topologi Jaringan Mesh ini menerapkan adanya penggunaan hubungan yang terjalin antar sentral secara penuh. Banyaknya saluran isni harus disiapkan, untuk membentuk suatu Jaringan Topologi Mesh, yakni jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, dengan n merupakan jumlah sentral).

Adapun tingkat kesulitan yang ada di dalam Topologi Jaringan Mesh ini, yakni sebanding/sama dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Jadi, bisa kita ketahui lebih lanjut, jika di samping kurang ekonomis, juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Topologi Mesh


Ciri-ciri Topologi Jaringan Mesh

  • Konsep Internet.
  • Tidak ada bentuk antara client-server, semua bisa bertindak menjadi client, maupun sebagai server.
  • Koneksi dengan peer to peer.
  • Bentuk Topologi Mesh yang paling sederhana merupakan array 2 dimensi, tempat masing-masing simpul saling terhubung 1 (satu) sama lainnnya.
  • Diameter dari komunikasi sebuah Topologi Mesh yang sederhana yakni 2 (n-1).
  • Koneksi wrapparaound yang ada pada bagian ujungnya akan mengurangi diameter menjadi 2 (n/s).
  • Bentuk jaringan dari Topologi Mesh ini sangat cocok digunakan untuk hal-hal yang masih berkaitan dengan algoritma yang berorientasi matriks.

Karakteristik Topologi Mesh

  • Topologi Jaringan Mesh ini memiliki hubungan yang berlebih, antara peralatan/perangkat yang ada.
  • Susunan pada setiap peralatan yang ada di dalam jaringan, saling terhubung 1 (satu) sama lainnya.
  • Apabila jumlah peralatan yang terhubung begitu banyak, tentu hal ini menjadi sangat sulit untuk dikendalikan, dibandingkan dengan jika hanya sedikit peralatan saja yang terhubung.

Keuntungan/Kelebihan Topologi Mesh

  1. Keuntungan utama yang didapatkan dari adanya penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.
  2. Terjaminnya akan kualitas channel komunikasi, karena masih memiliki hubungan yang berlebih.
  3. Relatif lebih mudah untuk dilakukan suatu troubleshooting.
  4. Adanya komunikasi yang langsung kepada perangkat yang dituju (dedicated links) menjamin jika data langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lain, sehingga bisa menjadi lebih cepat karena 1 (satu) link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara bersama-sama/sharing).
  5. Topologi Mesh memiliki sifat Robust, yang berarti jika terjadi gangguan antara komputer A dengan komputer B yang disebabkan oleh rusaknya kabel koneksi antara A dan B, maka gangguan yang terjadi ini tidak akan mengganggu atau dengan kata lain tidak akan mempengaruhi koneksi komputer antara Komputer A dengan komputer yang lainnya.
  6. Privacy dan Security yang lebih terjamin, karena komunikasi ini terjadi antara 2 (dua) buah komputer tidak akan bisa diakses oleh komputer yang lain.

Kerugian/Kekurangan Topologi Mesh

  1. Sulit dalam melakukan suatu instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan yang tersambung semakin banyak jumlahnya.
  2. Biaya yang memang besar, untuk memelihara hubungan yang berlebih.
  3. Membutuhkan banyak kabel serta Port I/O, dengan kata lain, jika semakin banyak komputer di dalam Topologi Mesh, maka akan diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O.

Berdasarkan dari kelebihan serta kekurangannya, Topologi Jaringan Mesh ini biasanya diimplementasikan di dalam komputer utama, di mana masing-masing komputer utama tersebut membentuk suatu jaringan tersendiri dengan Topologi yang berbeda (Hybrid Network).

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top