Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

12 Mar 2016

Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Ring

Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Ring - Topologi Ring ini hanya menghubungkan secara langsung antara 2 (dua) perangkat yang ada di dalam suatu jaringan.

Lihat gambar di bawah.
Dengan bentuk topologi yang memiliki bentuk lingkaran, mirip seperti cincin (ring), maka sinyal data akan bergerak searah dengan dari 1 (satu) perangkat ke perangkat yang lainnya, hingga pada akhirnya berhenti di perangkat tujuan.

Atau bisa juga dengan kata lain, untuk mencapai perangkat E, maka sinyal yang harus dikirimkan oleh perangkat A, harus melalui perangkat B, C dan D.

Topologi Ring

Yang jadi permasalahan, sinyal yang nanti akan melemah apabila jarak yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan begitu jauh.

Karena itu, untuk mengatasi sinyal yang melemah karena kemungkinan untuk menempuh jarak yang memang di luar batasan, maka dari setiap perangkat yang ada pada topologi ini dilengkapi dengan perangkat yang bernama Repeater.

Repeater merupakan perangkat yang berguna untuk menguatkan sinyal, atau dengan kata lain menguatkan kembali sinyal yang melemah karena jaraknya yang jauh.

Dengan adanya perangkat Repeater ini, maka sinyal data yang melalui sebuah perangkat akan langsung diperkuat kembali, sehingga bisa terus berjalan ke perangkat yang lainnya, demikian seterusnya, hingga pada akhirnya sinyal data tersebut sampai di perangkat yang dituju.

Karakteristik Topologi Ring

  • Node-node yang dihubungkan secara serial yang ada di sepanjang kabel, dengan bentuk jaringan yang menyerupai lingkaran.
  • Topologi ini memiliki bentuk yang sangat sederhana dalam layout, seperti jenis topologi bus.
  • Paket-paket data bisa mengalir dari 1 (satu) arah (ke kiri maupun ke kanan), sehingga collision bisa terhindarkan.
  • Masalah yang dihadapi relatif sama dengan topologi bus, yakni, apabila salah satu node mengalami kerusakan, maka seluruh node tidak bisa saling berkomunikasi 1 (satu) sama lainnya di dalam jaringan tersebut.
  • Tipe kabel yang digunakan oleh topologi jenis ini adalah biasanya kabel UTP atau Patch Cable (IBM tipe 6).

Keuntungan/Kelebihan Topologi Ring

  1. Data yang mengalir dalam 1 (satu) arah, sehingga collision bisa terhindarkan.
  2. Aliran arus data yang mengalir jauh lebih cepat karena bisa melayani data dari kiri maupun kanan dari server.
  3. Bisa melayani aliran arus lalu lintas data yang cukup padat, karena data bisa bergerak ke kiri maupun ke kanan.
  4. Waktu untuk mengakses suatu data menjadi lebih optimal.
  5. Mudah untuk dirancang serta diimplementasikan.
  6. Memiliki performa yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan topologi bus, bahkan untuk aliran data yang berat sekalipun.
  7. Mudah untuk melakukan bentuk pelacakan dan pengisolasian yang ada di dalam jaringan karena topologi ring menggunakan konfigurasi point to point.
  8. Hemat kabel.

Kerugian/Kekurangan Topologi Ring

  1. Apabila ada 1 (satu) uah komputer yang ada di dalam jaringan topologi ring ternyata gagal melakukan fungsinya, maka hal ini akan mempengaruhi seluruh kinerja jaringan.
  2. Dengan adanya penambahan atau pengurangan suatu komputer, akan menimbulkan kekacauan jaringan, terganggunya seluruh jaringan.
  3. Topologi Ring sulit untuk melakukan suatu konfigurasi ulang.
  4. Kinerja komunikasi yang ada di dalam jaringan sangatlah bergantung pada node yang terdapat di dalam suatu jaringan.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top