Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

10 Mar 2016

Karakteristik, Keuntungan dan Kerugian Topologi Star


Ads

Ads
Karakteristik, Keuntungan (Kelebihan) dan Kerugian (Kekurangan) Topologi Star - Di dalam topologi star, tidak langsung terhubung dengan satu sama lainnya, akan tetapi dengan melalui perangkat pusat pengendali (central controller) yang biasa disebut dengan nama Hub.

Di dalam topologi star, Hub memiliki fungsi seperti pengatur lalu lintas. Apabila suatu komputer ingin mengirimkan data ke komputer lainnya, maka data tersebut, akan dikirimkan ke dalam Hub terlebih dahulu, yang nantinya kemudian akan diteruskan ke dalam komputer tujuan.

Dengan bentuk hubungan seperti itu, kabel yang diperlukan hanya sebanyak komputer di dalam jaringan serta port I/O juga cukup hanya 1 (satu) untuk setiap komputernya. Sehingga banyaknya kabel link dan port I/O menjadi lebih sedikit yang memiliki arti jika biaya yang dibutuhkan menjadi tidak semahal seperti yang ada pada topologi mesh.

Topologi Star

Karakteristik Topologi Star

  • Setiap node berkomunikasi langsung dengan konsentrator (Hub).
  • Jika setiap paket data yang masuk ke dalam konsentrator (Hub), kemudian untuk dibroadcast ke seluruh node yang terhubung sangat banyak (misal memakai hub 32 port), maka kinerja dari jaringan akan semakin menurun.
  • Sangat mudah untuk dikembangkan.
  • Apabila salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhan jaringan masih tetap bisa melakukan komunikasi atau tak terjadi down di jaringan keseluruhan tersebut.
  • Tipe kabel yang digunakan biasanya berjenis UTP.

Keuntungan Topologi Star

  1. Cukup mudah untuk mengubah serta menambah komputer ke dalam jaringan yang menggunakan topologi star tanpa mengganggu dalam suatu kegiatan jaringan yang tengah berlangsung.
  2. Jika salah satu komputer mengalami kerusakan di dalam suatu jaringan, maka komputer tersebut tidak akan bisa membuat mati seluruh jaringan star.
  3. Kita bisa menggunakan beberapa tipe kabel yang ada di dalam suatu jaringan yang sama dengan hub yang bisa mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.

Kerugian Topologi Star

  1. Hanya memiliki 1 (satu) titik kesalahan, yang terletak pada Hub. Apabila Hub mengalami suatu kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal dalam beroperasi.
  2. Membutuhkan lebih banyak kabel karena semua kabel jaringan haruslah ditarik ke dalam 1 (satu) central point, jadi membutuhkan lebih banyak kabel dibandingkan dengan topologi jaringan lainnya.
  3. Jumlah terminal yang terbatas, tergantung dari port yang ada di dalam hub itu sendiri.
  4. Lalu lintas data yang padat bisa menyebabkan jaringan bekerja menjadi lebih lambat.

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top