Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

25 Mar 2016

Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Kabel STP


Ads

Ads
Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Kabel STP - Kabel STP (Shielded Twisted Pair) ialah bagian dari kabel tembaga yang memiliki 2 (dua) buah pembungkus yang ada pada masing-masing kabelnya. Pelindung dari kabel tersebut biasanya terletak di setiap pasang kabelnya yang dilindungi oleh timah serta setiap pasang itu masing-masingnya dilapisi oleh pelindung.

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) ini terdiri atas 4 jalinan yang erat dengan memiliki inci yang berbeda-beda setiap jenis STP. Kabel STP ini biasa digunakan bersama dengan konektor RJ-45 di mana hal ini mampu untuk mengirimkan data lebih banyak yang ada dari LAN (Local Area Network).

Kabel STP

Pengertian Kabel STP

Apabila diartikan, pengertian dari Kabel STP adalah Kabel jaringan yang memiliki pasangan berpilin atau berbelit di mana di dalamnya terdapat lapisan yang berupa alumunium foil yang dipasang di setiap pasang dawai kabel guna melindungi kabel ini terhadap suatu gangguan interferensi elektromagnetik, dan kabel ini diperuntukkan untuk media transmisi yang terarah bagi kepentingan perpindahan data.

Kabel STP ini merupakan salah satu kabel yang termasuk di dalam kategori jenis kabel jaringan yang berjenis Twisted Pair. Perlu diketahui, jika Twisted Pair itu sendiri merupakan kabel jaringan di mana pasangannya yang saling berpilin atau berbelit.


Kabel Jaringan STP ini bisa menjadi alternatif yang memungkinkan untuk bisa digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer lokal, apabila Kabel Twisted Pair lainnya, seperti UTP (Unshielded Twisted Pair) maupun FTP (Foiled Twisted Pair) dianggap tak bisa memenuhi segala bentuk kebutuhan yang diinginkan nantinya.

Fungsi Kabel STP

Pada awalnya, Fungsi dari Kabel STP ini digunakan sebagai kabel telepon serta beberapa bisnis instalasi lainnya, seperti contohnya televisi serta radio. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, Kabel STP ini berkembang menjadi media transmisi data yang dipakai di dalam jaringan Token-Ring IBM.

Bagian dari dalam Kabel Jaringan STP ini pada bagian dalam terdiri atas beberapa pasang kabel tembaga yang di mana tiap kabel-kabel tersebut dipilin dengan saling berlilitan sehingga membentuk suatu pola yang berbentuk spiral.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel STP

Kelebihan Kabel STP
  1. Lapisan alumunium foil yang terdapat pada kabel jaringan STP (Shielded Twisted Pair), membuat kabel ini lebih baik ketahanannya terhadap adanya gangguan interferensi elektromagnetik.
  2. Kabel jaringan STP ini memiliki bentuk perlindungan serta antisipasi dari tekukan kabel.
  3. Performa atau dari segi kemampuan kabel STP dalam menghantarkan suatu data dinilai cukup baik.

Kekurangan Kabel STP
  1. Atenuasi yang dihasilkan oleh Kabel STP ini berpotensi meningkat di dalam frekuensi yang tinggi.
  2. Keseimbangan dari Kabel STP ini berpotensi menurun di dalam frekuensi yang tinggi juga bisa berdampak kepada timbulnya suatu crosstalk dan sinyal noise.
  3. Harga kabel jaringan STP ini memiliki harga yang cukup mahal, terutama apabila membandingkannya dengan kabel UTP.
  4. Jarak dari jangkauan kabel jaringan STP hanyalah sekitar 100 meter saja, sehingga sangat terbatas serta masih kalah jika dibandingkan dengan kabel jaringan yang berjenis Coaxial, yang mampu hingga 500 meter.
  5. Terdapat kemungkinan jika kabel ini bisa dengan mudah disadap.
  6. Kabel jaringan STP ini tidak bisa digunakan dengan jarak yang lebih jauh tanpa adanya bantuan yang berasal dari perangkat penguat sinyal, repeater.
  7. Instalasi dari kabel STP ini cukup sulit, terlebih mengingat material isolator yang cukup tebal serta keras, sehingga di saat proses crimping bisa menyebabkan lecet pada tangan apabila kita tidak berhati-hati.
  8. Material kabel jaringan STP ini cukup kaku serta tebal sehingga membuatnya menjadi kurang fleksibel, meskipun pada dasarnya memang kabel STP ini memiliki perlindungan lebih apabila kabel tersebut harus ditekuk.

Referensi :
  1. http://teknodaily.com/pengertian-kelebihan-kekurangan-kabel-jaringan-stp
  2. http://tech.dbagus.com/pengertian-dan-kelebihan-kekurangan-kabel-jaringan-stp
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/STP

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top