Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

6 Apr 2016

Macam-Macam Ancaman Militer dan Contohnya


Ads

Ads
Macam-macam atau Bentuk Ancaman Militer beserta Contohnya dan Penjelasannya - Telah diketahui jika ancaman militer merupakan ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisasi dan dinilai memiliki kemampuan untuk membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, serta keselamatan segenap bangsa.

Sehingga, di era globalisasi ini, kita harus menumbuhkan sikap semangat nasionalisme dan patriotisme yang perlu ditingkatkan lagi dan perlu diperhatikan.

Sementara itu, di bawah ini ada beberapa macam-macam atau bentuk dari ancaman militer yang perlu kalian ketahui dan harus diwaspadai demi menjaga keutuhan wilayah negara kita.

Ancaman Militer

Macam-macam atau Bentuk Ancaman Militer

Agresi
Agresi merupakan penggunaan kekuatan bersenjata yang dilakukan oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah serta keselamatan segenap bangsa. Agresi ini merujuk kepada suatu perilaku yang dimaksudkan untuk membuat objeknya mengalami rasa sakit atau dalam keadaan bahaya.

Tindakan agresi ini bisa dilakukan secara verbal maupun fisik. Bahkan, kegiatan merusak barang serta perilaku destruktif lainnya juga termasuk ke dalam definisi dari agresi. Walaupun demikian, agresi ini tidak sama dengan ketegasan.

Agresi bisa dilakukan dengan cara :
  1. Invasi. Invasi merupakan suatu bentuk aksi militer di mana angkatan bersenjata atau suatu negara yang berusaha memasuki daerah yang telah dikuasai oleh negara lain, yang bertujuan untuk menguasai daerah tersebut atau bahkan mengubah pemerintahan yang berkuasa. Invasi ini bisa menjadi salah satu penyebab perang dan bisa digunakan sebagai salah satu strategi untuk menyelesaikan perang, atau bahkan bisa menjadi inti dari perang itu sendiri. Tujuan akhir dari invasi ini biasanya merujuk dalam skala yang besar dan dengan jangka waktu yang panjang, dan pasukan yang besar sangat dibutuhkan dalam mempertahankan daerah yang diinvasinya. Contoh invasi udara murni ialah Pertempuran Crete; Operasi Thursday, dan; Operasi Market Garden.
  2. Bombardemen. Bombardemen merupakan suatu bentuk penggunaan senjata atau bom yang dilakukan oleh musuh melalui angkatan udara.
  3. Blokade. Blokade merupakan suatu bentuk pengepungan (penutupan) suatu daerah, kawasan, tempat atau negara, sehingga orang-orang, barang, kapal dan sebagainya tidak bisa keluar masuk dengan bebas. Blokade merupakan salah satu hal yang hampir ada di semua bentuk kampanye militer serta alat pilihan untuk melakukan peperangan ekonomi melawan negara musuh. Ada 3 jenis blokade, yakni, blokade laut; blokade listrik, dan; pengepungan. Contoh dari blokade adalah Blokade Berlin.
  4. Serangan unsur Angkatan Bersenjata yang ada di dalam suatu wilayah negara, di mana tindakan atau keberadaannya bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Tindakan yang mengizinkan penggunaan wilayahnya sebagai daerah persiapan Agresi.
  6. Pengiriman kelompok bersenjata untuk melakukan tidak kekerasan.

Pelanggaran Wilayah
Pelanggaran Wilayah merupakan suatu bentuk tindakan dengan memasuki suatu wilayah tanpa izin, baik itu oleh pesawat terbang tempur maupun kapal-kapal perang. Salah satu contohnya adalah Helikopter yang berpenumpang Menteri Pertanian Malaysia mendarat di daerah Nunukan.

Spionase
Spionase merupakan suatu bentuk kegiatan dari intelijen yang dilakukan guna mendapatkan suatu informasi atau rahasia militer atau negara. Spionase juga bisa diartikan sebagai bentuk pengintaian, memata-matai yang merupakan suatu praktik guna mengumpulkan informasi tentang suatu organisasi atau lembaga yang dianggap rahasia tanpa adanya izin dari pemilik yang sah dari infomasi tersebut. Contoh Spionase asing di Indonesia salah satunya adalah aksi Allen Pope.

Sabotase
Sabotase merupakan tindakan pengrusakan yang dilakukan secara terencana, yang disengaja dan tersembunyi terhadap peralatan, personel serta aktivitas dari bidang sasaran yang ingin dihancurkan yang berada di tengah-tengah masyarakat, kehancuran ini menimbulkan efek atau dampak psikologis yang besar. Sabotase bisa dilakukan terhadap beberapa struktur penting, seperti contohnya infrastruktur, struktur ekonomi, dan lain sebagainya.


Aksi Teror Bersenjata
Aksi Teror Bersenjata merupakan aksi yang dilakukan oleh jaringan terorisme internasional atau yang bekerja sama dengan terorisme di dalam negeri atau luar negeri yang bereskalasi tinggi sehingga bisa membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, serta keselamatan segenap bangsa. Contoh aksi ini adalah aksi serangan jakarta 2016.

Pemberontakan Bersenjata
Pemberontakan merupakan cara, proses, perbuatan memberontak atau menentang terhadap kekuasaan yang sah. Contoh yang terjadi adalah Pemberontakan G30S/PKI.
Perang Saudara. Perang Saudara ini merujuk kepada suatu jenis perang di mana bukan 2 atau lebih negara yang menjadi kubu berlawanan satu sama lain, namun beberapa faksi/saudara di dalam suatu entitas politik. Dalam bahasa inggris, Perang Saudara ini disebut dengan Civil War yang secara harfian artinya perang warga sipil atau perang madani.

Penjelasan Lengkap beserta Contohnya

1. Jenis Agresi
Agresi merupakan fenomena kompleks yang terdiri atas sejumlah perilaku dari jenis yang lebih khusus.
  • Klasifikasi dari Moyer
    • Moyer (1968) menyajikan klasifikasi awal yang berupa 7 bentuk agresi, dari sudut pandang biologis serta evolusi.
      • Agresi pemangsa : serangan terhadap mangsa oleh pemangsa.
      • Agresi antar jantan : kompetisi antara jantan dari spesies yang sama tentang akses terhadap sumber tertentu contohnya seperti betina, dominansi, status, dan lain sebagainya.
      • Agresi akibat takut : agresi yang dihubungkan dengan upaya untuk menghindari suatu ancaman.
      • Agresi teritorial : mempertahankan suatu daerah teritorial dari penyusup.
      • Agresi maternal : agresi dari perempuan untuk melindungi anaknya dari berbagai ancaman. Ada juga agresi paternal.
      • Agresi instrumental : agresi yang ditujukan untuk mencapai suatu tujuan. Agresi ini biasa dianggap sebagai suatu respon yang dipelajari terhadap situasi.
  • Klasifikasi Sekarang
    • Sekarang, ada konsensus di dalam komunitas ilmiah untuk setidaknya 2 kategori besar dari agresi, dikenal sebagai agresi afektif dan agresi instrumental. Penelitian empiris mengindikasikan jika klasifikasi ini merupakan suatu perbedaan yang penting, entah itu secara psikologis maupun fisiologis. Beberapa penelitian telah menunjukkan jika orang yang cenderung melakukan agresi afektif memiliki IQ yang lebih rendah jika dibandingkan dengan cenderung melakukan agresi instrumental.

Pelanggaran Wilayah (Contoh)
  • Helikopter yang berpenumpang Menteri Pertanian Malaysia mendarat di Nunukan. Helikopter carteran yang membawa menteri pertanian Malaysia mendarat di lapangan helipad Yonif 521 Kampung Aji Kuning, Kecamatan Sebatik Tengah, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Sesaat setelah mendarat, helikopter tersebut bahkan masih tetap menyalakan mesinnya. Prajurit TNI AD yang tengah bertugas langsung menghampiri helikopter yang mendarat tanpa adanya izin itu.
  • Pesawat Militer Malaysia Terobos Ambalat. Pesawat militer milik Malaysia disebut-sebut telah memasuki kawasan dan melanggar wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Kalimantan, Blok Ambalat. Kejadian ini tercatat untuk yang kesekian kalinya.
  • Kapal Perang Malaysia Masuk Perairan Ambalat. Hubungan yang terjalin antara Indonesia dengan Malaysia kembali memanas yang diakibatkan oleh kapal perang Malaysia yang tiba-tiba telah memasuki wilayah perairan Ambalat tanpa adanya izin.
  • Tentara Malaysia Masuk Nunukan Tanpa Paspor. Seorang tentara Malaysia LLP, Raymonega Bin Taguna ditangkap oleh aparat di Pelabuhan Sei Nyamuk, Kecamaran Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan. Dia ditangkap karena diketahui telah masuk secara ilegal atau tidak adanya paspor. Saat diinterogasi, dirinya mengaku jika sebagai warga negara Malaysia yang masuk ke Pulau Sebatik untuk berusaha menemui keluarganya yang berada di Kabupaten Nunukan Kota Tarakan dan Kabupaten Berau.

Spionase (Contoh)
  • Aksi Allen Pope. Allen Lawrence Pope merupakan seorang tentara bayaran yang diberi tugas oleh CIA untuk melakukan berbagai misi. Salah satu misinya yang ada di Indonesia ialah membantu pemberontakan PRRI/Permesta. Dia tertangkap basah oleh TNI saat usahanya mengebom armada gabungan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia dengan pesawat pembom B-26 Invader AUREV. Pesawatnya ditembak jatuh oleh P-51 Mustang milik Angkatan Udara Republik Indonesia yang diterbangkan oleh Ignatius Dewanto. Dari dokumen yang berhasil disita, terkuak jika Allen Pope merupakan orang yang terkait dengan operasi CIA. Allen Pope menyusup pada gerakan pemberontakan di Indonesia yang berusaha untuk menggulingkan Soekarno.
  • Intel Soviet. Jaringan Intelijen Uni Soviet ternyata pernah beraksi di Jakarta tepatnya tahun 1982. Seorang perwira tinggi TNI Letkol Soesdarjanto membocorkan dokumen data-data kelautan Indonesia kepada Alexandre Finenko, seorang Intel yang mengepalai kantor cabang maskapai Aeroflot di Jakarta.
  • Penyadapan Intelijen Australia. Dinas Intelijen Australia pernah berusaha untuk menyadap telepon seluler Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta istrinya, yaitu Ani Yudhoyono. Informasi ini berhasil terkuak di dalam dokumen Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang telah dibocorkan oleh Edward Snowden. Sasaran lainnya adalah Wakil Presiden Boediono serta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa serta mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika, Dino Patti Djalal.
  • Pengakuan Philip Dorling. Menurut mantan diplomat Philip Dorling, Australia telah lama mengintai Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Dorling dalam kolomnya di Sydney Morning Herald. Suatu catatan harian salah satu diplomat senior Australia yang tidak dipublikasikan menyebutkan jika badan intelijen Australia (DSD) rutin melakukan penyadapan terhadap hubungan kawat diplomatik Indonesia sejak pertengahan tahun 1950an.

Sabotase (Contoh)
Banyak sekali contoh peristiwa sabotase yang terjadi di masa lalu. Misal seperti pada masa Perang Dunia II, tahun 1939 hingga 1945; gerakan bawah tanah di Eropa seperti di Perancis, Polandia, Norwegia, dan lain sebagainya melakukan sabotase dengan cara merusak jalan, jembatan, gedung, dan lain-lain sehingga tidak bisa digunakan oleh musuh yakni tentara Nazi dan Jerman.

Sementara itu, pada masa revolusi kemerdekaan Republik Indonesia, para pejuang melakukan sabotase dengan merusak berbagai macam fasilitas, seperti contohnya jalan, jembatan, pabrik, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Aksi yang dikenal dengan nama aksi bumi hangus ini memiliki tujuan agar fasilitas tersebut tidak bisa digunakan oleh pihak Belanda.

Aksi Terorisme (Contoh)
  • Bom Bali pada tahun 2002. Bom bali 2002 atau biasa disebut dengan Bom Bali I ini terjadi pada malam hari tepatnya pada tanggal 12 Oktober 2002. Aksi ini merupakan rangkaian dari 3 pengeboman yang berada di lokasi berbeda di Bali.
  • Bom JW Marriott 2003. Sebuah bom meledak serta menghancurkan sebagian Hotel JW Marriott yang berada di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Indonesia. Bom ini meledak sekitar pukul 12.45 WIB dan 12.55 WIB pada hari Selasa, 5 Agustus tahun 2003.
  • Bom Bali 2005. Ledakan besar kembali terjadi kedua kalinya. Aksi teror di Pulau Dewata, Bali ini kembali terjadi pada tanggal 1 Oktober 2005.
  • Serangan Jakarta 2016. Serangan Jakarta 2016 merupakan serentetan peristiwa yang sedikitnya 6 ledakan serta penembakan di daerah sekitar Plaza Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia tepat pada tanggal 14 Januari 2016.

Pemberontakan Bersenjata
Pemberontakan bersenjata melawan pemerintahan yang sah dengan menggunakan senjata sebagai alat kekerasan. Perlawanan ini bisa berorientasi dalam usaha kudeta terhadap pemerintahan yang sah, perebutan antara kekuasaan politik menggunakan senjata, serta cara-cara inkonstitusional serta melanggar terhadap norma hukum yang berlaku. Contohnya adalah pemberontakan G 30/S/PKI yang terjadi pada tahun 1965.

Perang Saudara
Perang saudara merupakan perang yang tak melampaui wilayah negara tertentu. Perang saudara ini bisa terjadi karena berbagai macam alasan seperti masalah etnis, kesenjangan ekonomi, konflik agama, gejolak politik, dan masih banyak lagi alasan lain. Perang saudara ini memiliki dampak negatif yang banyak dalam struktur ekonomi, struktur politik, struktur sosial, serta juga dalam hubungan antar warga.


Referensi :
  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Ancaman_militer
  2. http://www.merdeka.com/peristiwa/4-kasus-pelanggaran-wilayah-ri-paling-parah-oleh-malaysia.html
  3. http://www.merdeka.com/peristiwa/4-aksi-spionase-asing-di-indonesia-yang-menggemparkan.html
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_Jakarta_2016
  5. http://www.kompasiana.com/badiyo/awas-sabotase_54f343017455137c2b6c6e47
  6. http://ciricara.com/2012/09/10/inilah-5-kasus-terorisme-yang-heboh-di-indonesia
  7. http://www.drkonline.org/2015/06/pemberontakan-bersenjata-dan.html
  8. http://www.amazine.co/40150/harus-tahu-inilah-perbedaan-perang-saudara-perang-dunia

Ads
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top