Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

20 Apr 2016

Peran Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari

Peran Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari - Multimedia bisa digunakan dalam semua bidang kehidupan sehari-hari manusia, terlebih dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini, memungkinkan peran penting dari multimedia yang bisa selalu hadir dan menjadi kebutuhan yang menarik bagi setiap orang.

Tanpa adanya peranan dari Multimedia itu sendiri, mungkin kita akan merasa lebih gaptek (gagap teknologi) dan akibatnya menjadi tertinggal, den tergerus oleh masa kejayaan teknologi yang begitu berpengaruh di muka bumi ini.

Tidak perlu muluk-muluk, contoh multimedia di dalam kehidupan sehari-hari, seperti televisi, radio, ponsel, hingga komputer maupun laptop.

Multimedia yang berperan pada perangkat-perangkat tersebut, membantu manusia dalam mengetahui informasi apa yang sedang terjadi, dengan berbekal audio maupun visual yang membantu kita mudah dalam mencerna informasi yang telah ditampilkan.

Peran Multimedia

Sementara itu, ada penerapan multimedia menurut dari Vaughan, dalam kehidupan sehari-hari manusia, yakni dalam :

1. Bisnis

Aplikasi multimedia yang terdapat di dalam bidang bisnis ini meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database, katalog, instant message hingga komunikasi jaringan.

Tidak hanya itu saja, juga terdapat video conference yang memudahkan terjadinya tatap muka tanpa harus berada di dalam suatu tempat yang sama.

Dengan multimedia yang berjalan pada bidang bisnis ini, membantu bagi perusahaan maupun client untuk tetap bisa menjalankan bisnisnya dengan baik, serta informasi yang dibawakan mudah untuk dicerna, mengingat untuk bisnis biasanya berbentuk gambar.

Bisnis menjadi sangat terbantu, di mana dalam bisnis itu sendiri juga mengikuti pertumbuhan teknologi yang pesat.

Maka dari itu, bisa disimpulkan jika dengan adanya aplikasi multimedia dalam suatu bisnis, perusahaan-perusahaan mampu menjalankan bisnisnya dengan baik dan lebih lancar.

2. Pendidikan

Aplikasi multimedia yang terdapat dalam pendidikan ini mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga proses belajar mengajar tidak terlalu monoton, seperti yang saat ini dilakukan dalam sekolah-sekolah pada umumnya.

Contoh dalam bidang pendidikan ini sangat banyak sekali, seperti dalam presentasi, belajar dengan memberikan tayangan video pembelajaran, aplikasi multimedia, hingga melakukan latihan soal secara online, ini bisa membantu guru dan siswa dalam memudahkan kegiatan belajar mengajarnya.

Cara ini memang cukup efektif sehingga siswa tidak terpaku terus-menerus terhadap papan tulis, karena apabila dengan metode seperti ini terus dilangsungkan setiap harinya, maka akan menimbulkan kebosanan yang timbul dari dalam siswa tersebut.

Nah, dengan diselingi aplikasi-aplikasi multimedia, kegiatan belajar menjadi lebih mengasyikkan dan tidak terlalu monoton, dan bisa membantu dalam meningkatkan minat siswa dalam membaca maupun belajar.


3. Rumah

Aplikasi multimedia yang terdapat di dalam rumah sangat beraneka ragam. Contohnya saja seperti komputer yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai salah satu alat guna menyalurkan multimedia.

Tidak hanya itu saja, banyak juga yang diaplikasikan dalam bentuk permainan, seperti contohnya nintendo, playstation, PSP, X-Box, dan masih banyak lagi perangkat untuk bermain yang lainnya.

Perangkat pribadi yang terdapat di dalam rumah yang memiliki akses bagi multimedia juga banyak, seperti contohnya ponsel, televisi, radio, speaker, komputer, laptop, notebook, dan masih banyak lagi perangkat yang lain.

4. Tempat Umum

Aplikasi multimedia yang berada di tempat-tempat umum bisa berupa kios informasi, seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan, dan masih banyak lagi lainnya.

Aplikasi multimedia yang berada di tempat umum contoh mudahnya seperti argo yang terdapat pada taksi, tulisan berjalan di setiap sekolah-sekolah maupun tempat penting, dan masih banyak lagi contoh yang bisa didapatkan di tempat umum.

Aplikasi tersebut memiliki fungsi yang luar biasa penting bagi orang-orang karena dengan aplikasi tersebut orang-orang menjadi lebih tahu mengenai informasi yang disajikan mengenai apapun itu, baik itu informasi tempat yang bersangkutan hingga informasi penting yang perlu diketahui.


Begitu beragam peran dari multimedia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya multimedia, kita menjadi lebih terbantu mendapatkan informasi yang menarik dan tepat.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top