Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

13 Apr 2016

Definition and Generic Structure of Procedure Text

Definition and Generic Structure of Procedure Text - Procedural/Instructional Text (dalam Bahasa Indonesia : Teks Prosedur) merupakan salah satu teks yang menerangkan untuk membuat atau melakukan sesuatu.

Sesuatu tersebut bisa bermakna barang, makanan, sandang atau bahkan yang lainnya, contoh kecilnya seperti Cara Membuat Jus Jeruk, Cara Menggoreng Telur, Cara Menyalakan Komputer, dan masih banyak lagi cara lainnya yang bisa kamu tuangkan di dalam Teks Prosedur ini.

Teks Prosedur sering kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari, namun tidak pernah dalam tulisan, hanya lisan saja. Namun, berbekal pengetahuan dan pernah melakukan, maka Teks Prosedur menjadi salah satu hal yang mudah bagi Anda.

Orange Juice

Definition

The Procedural Text tells the readers how to do or make something. The information is presented in logical sequence of events that are broken into steps.

A procedure is a sequence of steps in a particular order. It is also known as instructions or directions. The most common example of procedural text is a recipe.

Bisa diartikan definisi dari Teks Prosedur di atas merupakan teks yang menceritakan kepada para pembaca  mengenai bagaimana membuat atau melakukan sesuatu. Informasi ini disajikan dalam urutan-urutan yang logis, di mana akan dipecah menjadi beberapa langkah-langkah.

Generic Structure

  1. Title. It is the goal or outcome of the activity, for example : how to make fried chicken, how to make meatballs, etc.
  2. Ingredients/Materials. It is the list and amount of things and materials required.
  3. Steps/Method. It is the step by step description of how to complete the task.
  4. Tips. It is the final comment.

Materi Bahasa Inggris Lainnya
Talking About Self

Strukturnya adalah :
  1. Judul. Judul merupakan tujuan atau hasil dari aktivitas yang telah dilakukan, sebagai contohnya adalah : bagaimana cara membuat ayam goreng, bagaimana cara membuat bakso, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Bahan-bahan. Bahan merupakan daftar dan jumlah bahan yang nantinya dibutuhkan.
  3. Langkah. Langkah merupakan penjelasan langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan tugas.
  4. Tips. Tips merupakan komentar, atau bisa berupa penjelasan lanjut. [1]
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top