Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

1 Jun 2016

Perilaku yang Menunjukkan Kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia

Cara Menunjukkan Rasa Kebanggaan sebagai Warga Negara Indonesia - Kita wajib berbangga terhadap Bangsa Indonesia sekaligus menjadi Warga Negara Indonesia, karena kita lahir di sini dengan budaya yang sangat dijunjung tinggi, dan orang-orangnya yang ramah.

Tidak hanya itu saja, di Indonesia masih kental kaitannya dengan menghargai antar sesama, mengenal etika dan sopan santun.

Kebanyakan orang asing jika diharuskan berpendapat tentang Indonesia adalah yang muncul Indonesia itu indah, banyak budaya, makanannya yang enak-enak hingga orangnya yang ramah tamah, ini nyata, ini asli, bukan karangan!

Tidak sedikit orang asing yang memilih untuk meninggalkan negara mereka hanya untuk berpindah kewarganegaraan di Indonesia. Wow! Orang asing saja bisa, mengapa kita tidak bisa? Seharusnya kita malu apabila kita tidak bisa mencintai bangsa kita sendiri.

Bangga sebagai Warga Negara Indonesia
Bangga sebagai Warga Negara Indonesia, via : kaltim.tribunnews.com

Cara Menunjukkan Rasa Bangga sebagai Warga Negara Indonesia

1. Rajin Belajar
Dengan menjadi siswa yang rajin belajar, merupakan salah satu bentuk dari kebanggaan menjadi Warga Negara Indonesia.

Hal ini bisa membuat kita bangga sebagai Warga Indonesia karena dengan rajin belajar, maka nantinya hasil yang akan kita peroleh sangat memuaskan. Dan dengan hasil tersebutlah, kita mulai sejak dini membangun bangsa yang hebat, bangsa yang pintar, dan tidak mudah untuk dibohongi.

Karena segalanya dengan belajar dan rajin mencari ilmu, informasi akan mudah didapat, di manapun kalian berada, bersama siapa, dan kapanpun, ilmu pasti akan selalu datang. Dengan ilmu itulah, secara bersama-sama kita akan membangun bangsa yang besar dan bermartabat.

2. Membeli Produk Buatan Dalam Negeri
Salah satu upaya dengan mencintai dan membeli produk dalam negeri memang masih belum tertanam di setiap pribadi. Namun, dengan adanya kemauan membeli produk dalam negeri, kita juga merasa bangga dengan apa yang bangsa kita miliki.

Hal ini dikarenakan dengan membeli produk dalam negeri, kita mencintai apa yang dimiliki oleh bangsa kita sendiri. Salah satunya contoh membeli produk baju. Di mana baju tersebut merupakan hasil buatan dalam negeri secara asli, dengan artian kita juga bangga dengan bahan-bahan yang ada di dalam negeri untuk membuat baju tersebut.

Efek yang ditimbulkan dengan membeli produk dalam negeri sangatlah besar. Dengan membeli produk-produk dalam negeri, kita tidak mematikan produsen, mematikan pasar, justru malah dengan adanya daya beli dari masyarakat kita terhadap produk dalam negeri, akan membangkitkan gairahnya untuk meningkatkan kualitas dan tentu dengan kualitas, produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk internasional, bahkan lebih, karena kita tahu sumber daya yang ada di Indonesia sangat banyak sekali, tinggal bagaimana cara memanfaatkannya.

Sekarang sudah sangat marak loh produk buatan dalam negeri. Ini terlihat karena barang dalam negeri sudah terbukti kualitasnya dengan bahan baku yang terbaik.

3. Menjunjung Tinggi Kebudayaan Indonesia
Sudah kita ketahui jika budaya daerah yang di Indonesia begitu beraneka ragam. Dengan keanekaragaman budayanyalah, jangan menjadikan kita untuk memisahkan antar budaya tersebut, namun mencoba untuk saling menghargai dan menyatukan jika budaya daerah adalah milik Indonesia, bukan untuk diperburuk.

Menjunjung tinggi kebudayaan yang ada di Indonesia sangatlah mudah, bisa dengan bertutur kata lemah lembut, sopan, beretika, berbahasa daerah dalam kehidupan sehari-hari dengan teman, menggunakan pakaian adat daerah saat ada peringatan hari-hari nasional, menggunakan batik, hingga mempelajari budaya bangsa Indonesia, minimal kita bisa mengetahuinya.

Dengan mencintai dan menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia ini, maka kalian akan terheran-heran dengan banyaknya budaya yang ada di Indonesia, sesuai dengan karakternya masing-masing. Dari segi inilah semangat persatuan dan cinta akan Warga Negara Indonesia akan tumbuh, karena merasa jika perbedaan adalah hal yang harus disatukan bukan untuk dipisahkan. Karena segalanya akan kuat apabila kita semua bersatu.

4. Memperingati Hari Nasional
Banyak sekali Hari Nasional bangsa Indonesia, yang paling sering kita ikuti contohnya seperti Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Pahlawan.

Di hari itulah kita diharuskan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memberikan segalanya bagi Bangsa Indonesia tercinta ini. Mengapa harus mencintai? Buktinya, hingga saat ini, jasa-jasa yang telah mereka berikan, digunakan oleh kita.

Seperti belajar, berjuang dan pantang menyerah, tidak mudah putus asa dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan memperingati Hari Nasional juga bisa mengingatkan kita untuk kembali di masa lalu, betapa para pejuang berusaha dengan kuat dan pantang menyerah hanya demi satu, Indonesia! Seharusnya, kita bangga dengan hal ini. Berbanggalah!

5. Mengikuti Upacara Bendera dengan Khidmat
Dengan mengikuti upacara bendera saja, upacara yang hanya memakan waktu satu jam, sama saja kita sudah bangga sebagai Warga Negara Indonesia.

Mengapa kita harus takut untuk upacara di pagi hari (terkena sinar matahari dan baik untuk tubuh) bahkan hanya dalam beberapa jam saja? Apakah kalian lupa jika para pejuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan berlumur keringat, bertetesan darah hingga air mata yang jatuh hanya untuk membela Negara Indonesia.

Mengikuti upacara bendera dengan khidmat, tolong untuk bisa diterapkan sebaik mungkin. Jangan banyak bertingkah. Hanya upacara bendera saja, masa masih loyo?

6. Mematuhi Aturan-aturan yang Berlaku
Untuk apa aturan diciptakan? Agar suasana bisa lebih tertib, nyaman dan tenteram, serta damai. Untuk itulah peraturan diciptakan, bukan untuk membatasi hak dan kewajiban seseorang.

Dengan peraturan inilah, perilaku buruk akan ditindak lebih lanjut serta dibina untuk menjadi pribadi yang baik.

Coba bayangkan saja jika hidup kalian tanpa aturan? Mungkin kalian tidak memiliki sopan santun hingga saat ini, contoh berbicara dengan ngawur dan tidak sopan, tidak pernah menghormati dan menghargai kepada yang lebih tua.

7. Ikut Serta dalam Pemilu
Ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum (Pemilu) apa salahnya? Pilihan kamu nantinya akan menentukan Bangsa Indonesia di masa yang mendatang.

Sekarang ini banyak trend yang muncul lebih senang untuk melakukan Golput. Sebenarnya, apa yang didapat jika kalian Golput? Rasa bangga?

Tolong, hanya ikut berpartisipasi dalam Pemilu saja susah, bagaimana nanti ke depannya? Pilihan kamu itu akan menentukan nasib Bangsa Indonesia ke depannya. Tidak ada alasan untuk golput. Tinggal bangun tidur, mandi, berjalan mendatangi TPS setempat, apa susahnya? Walau beberapa menit, ingat lagi, pilihan masa depan Bangsa Indonesia ada di tangan kalian!

8. Memperindah Moral
Sekarang ini, banyak Warga Negara Indonesia mulai dari anak-anak hingga dewasa, bahkan sering para remaja, akhlak dan moralnya sudah rusak akibat pengaruh globalisasi yang tidak bisa ditangkal dengan baik.

Moral anak bangsa kian bobrok! Terpengaruh dari dunia luar (dunia asing) yang justru bukan santapan mereka sehari-hari.

Contoh saja, menyukai anime, lebih menyukai Jepang daripada Indonesia. Sungguh aneh tapi nyata. Saat kita mencoba untuk menasihatinya, justru kita yang akan disindir oleh mereka.

Dunia memang sudah berubah. Banggalah dengan apa yang kamu miliki sekarang. Menyukai suatu hal memang boleh dan bisa menjadi hobi kita, jangan sampai dengan apa yang kita senangi, malah harus mengesampingkan apa yang menjadi kewajiban kita, jangan terlalu fanatik!

9. Menggapai Cita-cita Setinggi Langit (Yang Kamu Dambakan)
Dengan menggapai cita-cita setinggi langit, itu juga menjadi salah satu bukti jika kamu cinta sebagai Warga Negara Indonesia.

Jika kamu ingin menjadi seorang Dokter, maka kamu bisa merawat dan mengobati masyarakat Indonesia yang sakit agar bisa sembuh kembali, dan otomatis jika sudah sembuh maka bisa menjalankan aktivitasnya. Dengan kamulah, mereka bisa terbantu.

Contoh lagi jika kamu ingin menjadi seorang Guru, maka tugasmu sangat mulia. Dengan menjadi Guru, kamu bisa mencerdaskan bibit-bibit bangsa yang nantinya akan meneruskan perjalanan panjang dari Bangsa Indonesia. Dengan didikan yang benar, maka akan tumbuh menjadi Bangsa yang hebat!

10. Mengedepankan Kepentingan Bersama, Bukan Kepentingan Pribadi
Kepentingan bersama yang menghasilkan jalan keluar memang sangat bagus. Terlebih jika ada tujuan, ada visi misi bersama yang harus dicapai, itulah hal yang sangat menarik.

Dibandingkan dengan lebih mengutamakan kepentingan pribadi, yang mungkin sedikit manfaatnya, apa yang nantinya berarti bagi kita dan apa yang nantinya akan kita ambil.

11. Menghargai HAM Orang Lain
Setiap orang memiliki Hak Asasi Manusia masing-masing, yang perlu dihargai dan dihormati.

Apa yang menjadi haknya, maka itulah yang tetap menjadi haknya. Kita tidak boleh, bahkan dilarang untuk mengambil apa yang telah menjadi hak orang lain.

Kita tidak bisa menuntut hak orang lain. Karena kita ketahui, setiap orang memiliki haknya masing-masing.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top