Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

12 Oct 2016

Kebutuhan Makhluk Hidup dan Penjelasannya Lengkap

Sebutkan Apa Saja Kebutuhan Makhluk Hidup untuk Kelangsungan Hidupnya (Secara Umum) dan (Secara Khusus)? Ini Penjelasannya -  Jenis kebutuhan dari makhluk hidup itu sendiri sangatlah beragam. Berbagai macam kebutuhan diperlukan oleh makhluk hidup agar tetap bisa bertahan hidup dengan baik.

Kebutuhan makhluk hidup itu sendiri, baik manusia, hewan maupun tumbuhan ternyata mempunyai kebutuhan umum yang sama, namun memiliki kebutuhan khusus yang berbeda-beda. Apabila nantinya makhluk hidup itu tak mampu melangsungkan hidupnya, maka makhluk hidup tersebut secara perlahan akan punah.

Kebutuhan umum dari setiap makhluk hidup itu seperti makan dan minum, membutuhkan udara, cahaya matahari, dan lain sebagainya. Berbeda jika untuk kebutuhan khusus setiap makhluk berbeda, misal antara manusia dengan hewan berbeda, manusia dengan tumbuhan berbeda, juga hewan dan tumbuhan berbeda satu sama lain. [1]

Kebutuhan Makhluk Hidup

Kebutuhan Makhluk Hidup dalam Kelangsungan Hidupnya

1. Kebutuhan Umum

Kebutuhan umum bagi makhluk hidup merupakan suatu bentuk kebutuhan, yang semua makhluk hidup pasti membutuhkannya. Tanpa adanya kebutuhan umum ini, maka makhluk hidup itu sendiri tak akan mampu untuk bisa bertahan hidup.

Berikut di bawah ini adalah kebutuhan hidup yang harus dipenuhi oleh makhluk hidup :

A. Makanan

Makanan ini biasanya berasal dari hewan atau bahkan dari tumbuhan yang dimanfaatkan oleh makhluk hidup untuk memperoleh tenaganya dan juga nutrisi.

Untuk manusia itu sendiri, makanan yang biasanya dibutuhkan didapatkan dari hasil bertani atau hasil mereka berkebun, yang mana meliputi berbagai macam sumber hewan dan juga tumbuhan.

Pada umumnya, bahan makanan yang ada biasanya mengandung beberapa unsur atau senyawa, seperti contohnya air, protein, vitamin, pigmen, karbohidrat, lemak, dan lain sebagainya.

Setiap makhluk hidup pasti dan pasti membutuhkan yang namanya makanan. Tanpa adanya makanan, maka makhluk hidup akan kesulitan dalam mengerjakan aktivitas atau kegiatan sehari-hari mereka.

Dengan mengonsumsi makanan, bisa membantu makhluk hidup dalam memperoleh suatu energi atau tenaga yang mana mampu membantu pertumbuhan badan. Makanan yang bergizi bisa membantu pertumbuhan manusia dengan baik seperti perkembangan otak maupun pertumbuhan badan.

Perlu kalian ketahui, sebelumnya jika setiap makanan itu memiliki kandungan gizi yang tidak sama alias berbeda-beda tergantung jenis makanannya. Beberapa contoh gizi yang ada di dalam makanan itu sendiri seperti protein, karbohidrat, lemak dan masih banyak lagi yang lain.

Contoh makanan yang diperlukan oleh makhluk hidup :
  • Manusia
Hidangan pokok manusia adalah makanan yang kaya akan karbohidrat, sehingga tubuh mereka nantinya lebih bertenaga, seperti contohnya, roti, nasi, singkong, gandum, dan lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan di sini, untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan tenaga atau energi kita, tidak disarankan mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak, secukupnya saja. Cukup dengan menggenggamkan tangan Anda, nah itulah porsi makan Anda setiap 1 (satu) porsinya, tak boleh lebih dan tak boleh kurang.

Agar mendapatkan nilai gizi yang maksimal, tambahkan sayur yang seimbang, serta lauk pauk secukupnya. Apabila memungkinkan, meminum dengan segelas air susu atau bisa juga dengan air putih.

Hindari minuman seperti kopi dan teh, karena masing-masing itu apabila dikonsumsi dengan sering tidak baik bagi tubuh. Semisal kopi, apabila diminum pagi hari maka akan membuat lambung mudah rusak, sedangkan teh, akan membuat gigi Anda menjadi lebih cepat kuning.

Makan itu bukan soal kenyang, melainkan soal kualitas dari makanan yang telah dikonsumsi, seberapa nilai gizi yang telah Anda dapatkan dengan mengonsumsi makanan tersebut.

  • Hewan
Tidak hanya manusia, hewan juga membutuhkan makanan. Masing-masing jenis hewan makanannya tidak sama, bisa dibagi menjadi hewan herbivora, karnivora ataupun omnivora.

Bagi mereka yang termasuk ke dalam hewan herbivora, maka akan menyukai makanan seperti tumbuhan, contohnya rumput untuk bisa melangsungkan kehidupannya.

Berbeda dengan hewan yang termasuk ke dalam karnivora, yang mana lebih menyukai daging, misal daging mangsanya yang disantap secara lahap.

Apabila hewan tersebut adalah hewan omnivora, maka hewan ini pemakan segala, bisa memakan tumbuhan bisa juga memakan daging demi kelangsungan hidupnya.

Jika makanan yang berasal dari tumbuhan, bisa didapatkan dengan berupa daun, buah, akar, batang, biji-bijian atau umbi-umbian. Sedangkan untuk makanan yang berasal dari daging bisa berupa seperti daging, ikan, serangga, hingga tulang.

Biasanya, hewan-hewan kecil kebanyakan menjadi mangsa bagi hewan yang lebih besar.

  • Tumbuhan
Tak hanya manusia dan hewan saja yang memerlukan makanan demi kelangsungan hidupnya, tumbuhan juga memerlukan makanan agar tetap bisa hidup.

Yang unik di sini adalah, tumbuhan bisa membuat makanannya sendiri. Proses pembuatan makanan yang ada pada tumbuhan ini dinamakan dengan nama fotosintesis.

Bahan dari tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis ini ada 3, seperti :
  1. Air (H2O)
  2. Karbohidrat (CO2), dan
  3. Sinar Matahari
Untuk tempat berlangsungnya proses fotosintesis ini biasanya ada di daun yang mengandung klorofil alias zat hijau daun. [2]

B. Air

Selain makanan, air juga sangat dibutuhkan dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. Tanpa adanya air di dunia ini, maka makhluk hidup akan mati.

Yang perlu kalian ketahui di sini adalah, air menutupi hampir hingga 71% permukaan yang ada di Bumi.

Dari sudut pandang biologi, air ini sangat penting karena memiliki sifat bagi adanya kehidupan. Air bisa memunculkan suatu reaksi yang bisa membuat senyawa organik dalam melakukan replikasi.

Air ini merupakan suatu zat pelarut yang sangat penting bagi makhluk hidup serta ar menjadi bagian penting yang ada pada proses metabolisme tubuh. Air sangat dibutuhkan pada proses fotosintesis dan juga respirasi.

Bagi manusia, minuman yang paling bersih adalah dengan meminum air putih, baik bagi kesehatan. Jangan lupa juga untuk minum dengan teratur sehingga tidak akan terjadi dehidrasi nantinya.

C. Udara

Dengan adanya udara, maka sistem pernapasan makhluk hidup menjadi lebih terbantu. Udara yang kita hirup juga sangat bermanfaat karena bisa membuat peredaran darah menjadi lancar.

Apabila peredaran darah yang di dalam tubuh tidak lancar, maka akan menimbulkan berbagai macam bentuk gangguan, seperti contohnya pusing hingga mengantuk.

Udara bisa dikatakan tidak tampak oleh mata, tidak memiliki bau dan tidak berasa sama sekali. Kehadiran atau adanya udara ini hanya bisa dilihat dari angin yang mampu menggerakkan suatu benda yang dilaluinya.

Apabila semakin dekat dengan lapisan troposfer, maka udara yang ada menjadi kian menipis, sehingga melewati gravitasi bumi, nantinya udara malah akan hampa sama sekali.

Tetap jaga tubuh dengan baik agar terhindar dari polusi udara yang sangat tidak baik bagi tubuh dan membahayakan organ pernapasan.

D. Sinar Matahari

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan cahaya atau sinar matahari, yang mana digunakan sebagai penerang lingkungan yang ada di bumi

Bayangkan apabila di dunia ini tak ada sama sekali sinar matahari, maka dunia akan berubah menjadi gelap gulita, kita sebagai makhluk hidup kesulitan untuk melihat dan kesulitan dalam melakukan dan menjalankan aktivitas. Nantinya, apabila tidak ada cahaya matahari, maka tidak akan ada juga kehidupan di bumi ini.

Tanaman menggunakan sinar matahari ini untuk melakukan fotosintesis dan membuat makanan.

Ternyata, sinar matahari ini diketahui menyehatkan karena banyak mengandung vitamin D. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan juga terpapar oleh sinar matahari, yang mana bisa membuat kulit kita menjadi terbakar.

Apabila tanaman tersebut sudah disiram dengan air, namun tidak ada cahaya matahari, maka, tanaman tersebut nantinya akan tumbuh dengan tinggi dan cepat. Akan tetapi, tanaman tersebut terlihat berwarna kuning dan kekurangan air.

E. Tempat Tinggal

Tempat tinggal di sini memiliki peran yang sangat penting bagi setiap makhluk hidup, dikarenakan tempat tinggal memiliki fungsi sebagai tempat teduh (peneduh).

Di dalam tempat tinggal itu sendiri, makhluk hidup terutama manusia bisa saling bercengkerama, berbagi cerita, memotivasi dan masih banyak lagi yang lain untuk bisa diceritakan kepada sesama.

Dengan adanya tempat tinggal, maka makhluk hidup terhindar dari yang namanya terik matahari yang begitu menyengat, hujan yang sangat lebat hingga angin yang bergulir sangat kencang.

Tidak itu saja, tempat tinggal juga memiliki fungsi sebagai tempat istirahat, melepas penat, setelah seharian bekerja mencari makan bagi hewan, mencari makan dan mencari nafkah bagi manusia, serta tempat yang subur bagi tumbuhan.

Tumbuhan itu sendiri tak bisa tinggal di tanah yang tandus atau gersang, tumbuhan memerlukan tanah yang subur untuk kelangsungan hidupnya.

2. Kebutuhan Khusus Makhluk Hidup

Setelah di atas tadi tercantum kebutuhan umum dari setiap makhluk hidup, maka di sinilah perbedaannya, di mana manusia, hewan dan tumbuhan memiliki kebutuhan khusus yang berbeda-beda.

Manusia memiliki kebutuhan khusus sendiri, hewan memiliki kebutuhan khusus sendiri, dan juga tumbuhan memiliki kebutuhan khusus tersendiri.

Berikut ini beberapa contoh dan penjelasan mengenai kebutuhan khusus yang perlu kalian pelajari :

A. Manusia

Manusia memiliki kebutuhan khususnya tersendiri. Berikut ini kebutuhan khusus manusia :
  • Kebutuhan Primer (Pakaian). Kebutuhan primer manusia itu sendiri terdiri atas sandang, pangan dan papan. Akan tetapi, yang termasuk ke dalam kebutuhan khusus di sini adalah sandang. Sandang adalah pakaian. Pakaian ini memiliki fungsi untuk melindungi dari adanya suhu yang panas maupun dingin. Pakaian ini juga menjadi pembeda antara manusia dengan hewan dan tumbuhan, di mana hewan dan tumbuhan tidak berpakaian. Sesuai dengan kebutuhannya, pakaian berubah menjadi beberapa fungsi, seperti baju tidur, baju kerja, dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan Sekunder. Setelah manusia sudah mencukupi kebutuhan primer, maka yang selanjutnya adalah kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder itu sendiri seperti rekreasi/hiburan, olahraga, dan masih banyak lagi yang lain. Kualitas hidup akan menjadi bertambah jika kebutuhan primer dan sekunder ini sudah terpenuhi atau tercukupi dengan baik.
  • Kebutuhan Tersier. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bisa dipenuhi atau bisa dilakukan apabila kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Beberapa contoh tersier ini seperti mobil, sepeda motor, komputer, laptop, smartphone, perhiasan, dan lain sebagainya.
  • Pendidikan. Pendidikan merupakan suatu pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan juga kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari 1 (satu) generasi ke generasi yang selanjutnya dengan melalui pengajaran, pelatihan atau dari penelitian. Tidak menutup kemungkinan, manusia bisa belajar secara otodidak. Tahap pendidikan formal pada umumnya adalah prasekolah, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah lalu Perguruan Tinggi. Dengan adanya pendidikan, maka bakat seseorang bisa tersalurkan, pengetahuan didapatkan dan keterampilan juga mumpuni.
  • Kesehatan. Sehat adalah aset tubuh yang tak ternilai harganya dan perlu untuk dijaga. Dengan kondisi yang bugar dan sehat, maka kita mudah untuk menjalankan suatu aktivitas. Berbeda halnya dengan orang yang tidak sehat atau sakit, cenderung malas untuk beraktivitas dan sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Kesehatan bisa didapatkan dengan berolahraga secara teratur atau bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang sarat akan gizi. Apabila orang sakit, maka membutuhkan perawatan intensif untuk kesembuhannya, bisa dengan memakan obat atau bisa beristirahat agar tubuh kembali segar dan pikiran kembali segar. Maka, berbanyak-banyaklah kita bersyukur kepada Allah SWT atas kesehatan yang telah diberikan olehNya, kepada kita semua.

B. Hewan

Beda dengan manusia, kebutuhan khusus hewan juga berbeda.

Berikut ini kebutuhan khusus dari hewan itu sendiri :
  • Kesehatan. Hewan juga tetap membutuhkan fasilitas kesehatan agar tetap bisa terjaga dengan baik. Jika hewan sakit, maka yang akan menanganinya adalah dokter hewan.
  • Vitamin. Kita juga tidak tahu makanan yang diberikan kepada hewan memiliki vitamin atau tidak. Dengan adanya vitamin, maka kondisi tubuh dari hewan akan tetap terjaga, sehat dan terhindar dari segala macam penyakit yang akan menyerangnya.
  • Perawatan. Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan, maka perawatan ini menjadi sangat penting untuk menjaga tubuhnya dengan baik. Sebenarnya, fungsi dari perawatan itu sendiri adalah menjaga tubuh dari si hewan tetap bersih.

C. Tumbuhan

Kebutuhan khusus dari tumbuhan ini sangat berbeda dengan manusia dan hewan.

Lalu, apa saja kebutuhan khusus dari tumbuhan? Yuk simak penjelasannya :
  • Pupuk. Pupuk merupakan material yang ditambahkan pada media tanam atau pada tanaman guna mencukupi kebutuhan hara yang memang diperlukan oleh tanaman, sehingga mampu dalam melakukan produksi dengan baik. Dalam pemberian pupuk juga harus tetap diperhatikan sesuai dengan kebutuhan tumbuhan itu, sehingga tumbuhan tak akan memperoleh terlalu banyak zat makanan di dalamnya. Berikan secukupnya, sewajarnya saja, tidak kurang atau tidak lebih. Salah satu jenis pupuk organik yang ada yaitu kompos.
  • Obat Hama. Hama merupakan organisme yang dianggap merugikan dan tidak diinginkan keberadaannya. Adanya hama bisa menyebabkan terjadinya kerusakan yang ada pada ekosistem alami atau menjadi agen penyebar penyakit. Di dalam pertanian ini, hama bisa menimbulkan suatu kerusakan secara fisik, dan yang membuat rugi dalam masalah pertanian. Maka dari itu, untuk memaksimalkan hasil produksi, tanaman perlu untuk dilindungi dari berbagai macam tumbuhan atau hewan yang bersifat mengganggu.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top