Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

22 Oct 2016

Pengertian, Ciri-ciri dan 20 Contoh Hewan Herbivora serta Penjelasannya

Hewan atau disebut juga dengan binatang merupakan kelompok organisme yang diklasifikasikan pada kerajaan Animalia atau metazoa, yang mana merupakan salah satu dari berbagai jenis makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Dalam Bahasa Inggris, hewan ini disebut dengan nama Animal.

Jika menyangkut mengenai masalah makanan, penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya itu ada 3 :
  • Herbivora (Pemakan tumbuhan)
  • Karnivora (Pemakan daging), dan
  • Omnivora (Pemakan daging dan tumbuhan)

3 jenis makanan hewan di atas apabila dijelaskan lebih lanjut sangat banyak dan begitu bervariasi.

Semisal, hewan atau binatang yang termasuk ke dalam herbivora, maka, sangat banyak sekali jenis tumbuhan yang dimakan, atau hanya beberapa saja, misal daun, rumput, dan lain sebagainya.

Jika hewan yang termasuk ke dalam jenis karnivora, bisa memakan serangga, bisa memakan daging, atau yang lain, tergantung dari hewan itu sendiri.

Inilah penjelasan lengkap mengenai pengertian hewan herbivora, dan ciri-ciri hewan herbivora, serta 20 contoh hewan herbivora alias pemakan tumbuh-tumbuhan.

Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Hewan Herbivora

Hewan/Binatang Herbivora

Pengertian Hewan Herbivora

Herbivora dalam pengertian singkatnya adalah hewan atau binatang pemakan tumbuhan. Dalam artian luas, herbivora merupakan hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan dan tidak memakan daging.

Ciri-ciri Hewan Herbivora


20 Contoh Hewan Herbivora dan Penjelasannya

1. Angsa

Pada umumnya, angsa jantan memiliki berat badan yang lebih berat dan lebih besar dibandingkan dengan angsa yang betina.

Untuk ekosistemnya sendiri, angsa terdapat di daerah yang memiliki iklim sedang, jarang jika terdapat pada daerah yang tropis. Makanan angsa ada di daratan dan juga di air, yang mana seringkali angsa ini termasuk ke dalam hewan herbivora, walaupun sejumlah kecil makanan mereka adalah hewan akuatik kecil.

Makanan dari angsa terdiri atas akar-akaran, batang, dedaunan, dan lain sebagainya.

2. Anoa

Semenjak tahun 1920-an, hewan yang satu ini termasuk ke dalam status hewan yang terancam punah. Diperkirakan, pada saat ini hanya terdapat populasi kecil saja, yakni kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.

Kebanyakan Anoa sering diburu adalah karena untuk diambil kulitnya, tanduk dan juga dagingnya.

Habitat dari Anoa berada di hutan tropika dataran, sabana dan kadang juga bisa kita jumpai di daerah rawa-rawa.

Jika membahas mengenai makanan, hewan yang satu ini termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora, karena makanan dari Anoa seperti buah-buahan yang sudah jatuh dari pohon, pakis, rumbut hingga umbi-umbian. Di dataran rendah, Anoa meminum air laut untuk memenuhi kebutuhan mineral, jika di dataran tinggi Anoa menjilat garam alami.

3. Badak

Badak termasuk ke dalam hewan herbivora karena makanannya seperti dedaunan, buah-buahan, rumput dan lain sebagainya.

Walaupun badak ini adalah hewan yang termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora, akan tetapi perlu diwaspadai juga karena badak menjadi hewan yang cukup berbahaya.

Biasanya, yang menjadi incaran orang-orang akan badak ini adalah culanya karena jika cula sudah berhasil didapatkan, bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi.

4. Banteng

Tinggi dari banteng itu sendiri bisa mencapai hingga sekitar 1,6 meter di bagian pundaknya, sementara untuk panjang badan bisa mencapai hingga 2,3 meter. Jika beratnya itu sendiri biasanya banteng jantan memiliki bobot yang berkisar antara 680 kg hingga 810 kg.

Banteng ini kelompok pemakan tumbuhan karena makanannya seperti bambu, buah-buahan, dedaunan, ranting yang masih muda serta rerumputan.

5. Belalang

Pada umumnya, serangga yang satu ini memiliki sayap, walau terkadang sayapnya itu sendiri tak bisa digunakan untuk terbang. Biasanya, ukuran belalang betina jauh lebih besar dibandingkan dengan belalang jantan.

Makanan belalang tergantung dari habitatnya, seperti daun, bunga, kulit kayu, batang, dan masih banyak lagi yang lain.

6. Burung Merpati

Burung merpati dan dara ini termasuk ke dalam famili columbidae yang berasal dari ordo Columbiformes, di mana mencakup hingga sebanyak 300 spesies burung kerabat pekicau.

Makanan dari burung merpati itu sendiri seperti jagung, kacang hijau hingga beras merah. Maka dari itulah, burung merpati atau dara ini termasuk ke dalam hewan herbivora.

7. Burung Parkit

Saat ini, burung parkit mudah untuk ditemukan, karena perawatannya yang bisa dikatakan cukup mudah dan cukup banyak penangkarnya.

Burung parkit ini termasuk ke dalam jenis hewan herbivora karena penyuka biji-bijian, sayuran serta buah-buahan.

8. Burung Perkutut

Burung perkutut juga termasuk ke dalam hewan herbivora karena burung perkutut pemakan biji-bijian.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga jika burung ini memakan serangga pada habitat asli mereka.

9. Gajah

Persebaran dari binatang gajah tersebar di seluruh wilayah Afrika sub-Sahara, Asia Selatan dan juga di Asia Tenggara. Jika membahas mengenai ciri-ciri khusus dari gajah, yang paling mencolok seperti belalai yang bisa digunakan untuk banyak hal contohnya dalam bernapas, menghisap air serta mengambil benda.

Ada juga daun telinga yang besar membantu tubuh dalam mengatur suhunya.

Gajah termasuk hewan herbivora, dan bisa ditemui di berbagai macam habitat, seperti contohnya, gurun, hutan, rawa-rawa, hingga sabana.

10. Jerapah

Jerapah merupakan mamalia berkuku genap endemik Afrika yang merupakan spesies hewan paling tinggi di darat.

Jerapah jantan bisa mencapai tinggi yang berkisar antara 4,8 meter hingga 5,5 meter, serta beratnya yang bisa mencapai hingga 1360 kg. Sementara itu, jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan.

Jerapah termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora karena memakan tumbuh-tumbuhan dan dedaunan.

11. Kambing

Kambing sudah dibudidayakan oleh manusia kira-kira pada 8000 hingga 9000 tahun silam. Pada alam yang asli mereka, kambing hidup secara berkelompok atau bergerombol yang terdiri atas 5 hingga sebanyak 20 ekor kambing.

Waktu aktif untuk mencari makan yakni pada siang hari ataupun di malam hari. Yang menjadi makanan utama kambing adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

Kambing berbeda dengan domba!

Kambing berkembangbiak dengan cara melahirkan, yang mana bisa melahirkan 2 hingga 3 ekor anak kambing.

12. Kelelawar

Memang cukup ambigu bagi hewan yang satu ini.

Akan tetapi, kelelawar bisa diklasifikasikan ke dalam jenis hewan herbivora, walau pada beberapa spesies yang ada, hewan ini termasuk ke dalam kelompok karnivora.

Kelelawar ini adalah binatang yang cukup unik karena binatang mamalia yang bisa terbang dari ordo Chiroptera, dengan kedua kaki depan yang bisa berkembang menjadi sayap.

13. Kelinci

Di era yang sekarang ini, makin banyak orang yang membuat kelinci digunakan sebagai hewan peliharaan. Bisa dikatakan jika kelinci ini termasuk ke dalam kelas mamalia.

Jika secara umum, kelindi dibedakan menjadi 2 jenis, yang pertama kelinci liar, dan yang kedua adalah kelinci peliharaan.

Salah satu makanan terkenal kelinci ini adalah wortel. Sementara itu, masih banyak juga makanan yang lain seperti sayuran, buah, dan lain sebagainya.

14. Kerbau

Saat ini, populasi kerbau liar yang ada di Asia mulai menurun serta dikhawatirkan di masa yang akan datang atau di masa depan tidak akan ada lagi populasi kerbau liar yang masih bisa dijumpai atau ditemukan.

Jika pada kerbau dewasa, maka beratnya berkisar antara 300 kg hingga 600 kg.

Ciri-ciri yang membedakan antara kerbau liar dan kerbau peliharaan adalah kerbau peliharaan mempunyai bentuk perut yang bulat.

Susu dari kerbau biasanya kebanyakan digunakan oleh manusia, sebagai bahan keju mozzarella. Untuk kulit kerbau, biasanya sering digunakan sebagai bahan sepatu, helm, hingga wayang kulit.

15. Kijang

Kijang di masa yang sekarang ini, hanya bisa ditemui di wilayah Asia Selatan, dan juga di Asia Tenggara. Kijang yang jantan biasanya memiliki tanduk yang pendek dan bisa tumbuh lagi apabila sudah patah.

Makanan kijang adalah dedaunan dan rerumputan.

16. Kuda

Kuda merupakan salah satu dari sebanyak 10 spesies modern mamalia yang berasal dari genus Equus. Kuda bisa ditunggangi atau dinaiki oleh manusia dengan menggunakan sadel atau bisa juga dapat digunakan untuk menarik sesuatu, contohnya seperti kendaraan beroda, atau bajak.

Di beberapa daerah, kuda ini juga digunakan sebagai salah satu sumber makanan. Jika dalam Bahasa Jawa, kuda biasa dinamakan dengan nama jaran.

Kuda juga termasuk ke dalam kelompok hewan herbivora, karena kuda memakan makanan seperti tumbuh-tumbuhan, layaknya rumput, jerami dan juga dedaunan.

17. Panda

Secara taksonomi, panda ini adalah hewan karnivora, namun makanannya adalah herbivora, sebagian besar tumbuhan dan bahkan hampir hanya memakan bambu saja.

Akan tetapi, secara teknis, panda ini juga bisa termasuk ke dalam hewan omnivora karena diketahui panda juga memakan telur, dan juga serangga.

18. Sapi

Sapi yang sudah dikebiri dan biasa digunakan untuk membajak sawah, dinamakan dengan Lembu. Salah satu yang menjadi alasan mengapa sapi ini dipelihara, adalah untuk dimanfaatkan susu serta dagingnya sebagai bahan pangan manusia.

Tidak hanya itu saja, ada juga sampingan yang lain seperti contohnya jeroan, kotoran, kulit dan tanduknya yang juga tak kalah untuk dimanfaatkan dalam berbagai macam keperluan dan kebutuhan dari manusia. Sementara itu, masih ada beberapa wilayah atau negara yang menjadikan sapi sebagai alat transportasi, untuk membajak sawah, serta berbagai alat industri lain.

Jika membahas mengenai makanannya, maka sapi adalah tergolong hewan herbivora karena makanannya tumbuh-tumbuhan seperti contohnya rerumputan, dedaunan dan lain sebagainya.

Sekarang ini, sapi banyak diternakkan untuk diambil susu dan dagingnya, karena mengingat kedua sumber ini sangat potensial dengan harganya yang cukup tinggi di pasaran.

19. Unta

Unta merupakan hewan yang memiliki punuk dan hidup di wilayah kering, serta gurun yang ada di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata, umur harapan hidup dari unta adalah antara 30 hingga 50 tahun.

Unta memiliki punuk yang rata-rata berpendapat jika punuk ini berguna untuk menyimpan air, namun nyatanya tidak. Punuk unta berfungsi untuk menyimpan lemak khusus, yang pada suatu saat bisa diubah menjadi air dengan cara bantuan dari oksigen hasil respirasi.

Hebatnya, unta bisa bertahan pada suhu 41 derajat celcius. Jika suhunya lebih panas dari itu, maka tubuh unta akan mengeluarkan keringat.

Ginjal dan usus unta menjadi sangat efisien dalam menyaring air. Urin yang dikeluarkan unta memiliki ciri yang sangat kental serta kotoran yang sangat kering, jadi apabila dikeluarkan bisa langsung dibakar.

Unta termasuk ke dalam herbivora karena unta memakan biji-bijian, dedaunan dan tumbuh-tumbuhan.

20. Zebra

Zebra ini salah satu binatang yang yang tubuhnya identik dengan belang-belang warna hitam dan putih. Habitat dari hewan yang satu ini tersebar di wilayah Afrika Selatan, Afrika Barat dan juga Afrika Timur.

Belang-belang yang ada di tubuh zebra ini sangat membantu sistem pertahanan, karena dengan warna yang belang-belang, bisa membingungkan predator yang akan memangsanya.

Habitat dari zebra biasanya ada di padang rumput, mulai dari padang rumput terbuka hingga padang rumput tanpa pepohonan, bahkan padang rumput yang ada di pinggir hutan.

Zebra juga termasuk ke dalam kelompok binatang herbivora, pasalnya, makanan utama dari zebra adalah rumput, yang terkadang zebra juga memakan dedaunan, ranting, semak dan tidak ketinggalan kulit kayu.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top