Portal Situs Edukasi SD, SMP dan SMA/SMK Berbasis Internet di Jaringan Luas Nomor #1 di Indonesia

13 Nov 2016

25 Contoh Memberikan Tanggapan dan Saran yang Baik & Benar

Hari adalah hal yang harus kita lalu dan jalani dengan baik.

Maka dari itu, yang namanya suatu masalah, rintangan hingga hambatan, pasti ada jalannya sendiri.

Terlebih apabila kita memiliki sebuah karya yang telah kita buat, kita tak akan terlepas dari yang namanya tanggapan dan saran.

Tanggapan dan saran tersebut diberikan oleh orang lain (bisa dari orang tua, sahabat, teman, dan sebagainya), kepada kita agar karya yang kita ciptakan di masa yang akan datang lebih baik dan lebih berkualitas lagi.

Jika kalian juga sedang menghadapi situasi atau kondisi yang sulit, maka tanggapan dan saran dari orang lain pasti sangat diperlukan untuk bisa memecahkan masalah yang kamu hadapi itu.

Apabila kita sudah menerima tanggapan dan saran dari orang lain, maka hargai dan tampung. Bisa jadi, apa yang mereka ungkapkan bisa membuat kita menjadi lebih baik lagi.

Nah, kembali ke topik masalah, sebenarnya untuk mengungkapkan suatu tanggapan atau saran ini bisa dikatakan gampang-gampang susah. Masalahnya, agar yang ditanggapi tidak marah, maka kita harus mengungkapkannya secara perlahan dan baik-baik.

Lalu, bagaimana cara memberikan suatu tanggapan dan saran itu? Ini simak, beberapa cara atau contoh memberikan tanggapan dan saran terhadap suatu masalah dengan baik dan benar.

Memberikan Tanggapan dan Saran

Tanggapan dan Saran

Beberapa kasus di bawah ini adalah tanggapan dan saran yang singkat, dan bisa dikembangkan lagi menjadi lebih sempurna.

1. Anak-anak Bermain Sepak Bola saat Hujan Deras

Tanggapan dan Saran :
Bermain bola memang menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari oleh anak laki-laki. Akan tetapi, tidak dilakukan saat sedang hujan. Hal ini bisa membuat petir menyambar dan bahkan, kita mudah sakit akibat guyuran hujan tersebut.

2. Kucing Andi Sakit-sakitan

Tanggapan dan Saran :
Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang harus kita jaga. Baik itu pola makan hingga kesehatan harus dijaga baik-baik. Berilah makan secara teratur, dan apabila kucing tersebut sakit, maka berikan perawatan sesegera mungkin ke dokter hewan.

3. Rumah Budi Sangatlah Kotor

Tanggapan dan Saran :
Rumah merupakan salah satu tempat yang nyaman sekaligus menjadi tempat bagi kita untuk berteduh. Rumah adalah istana. Maka, jagalah kebersihan rumah di dalamnya agar tidak kotor, sehingga rumah menjadi lebih bersih, nyaman, enak dipandang, dan penyakit tidak mudah datang.

4. Choky Sangat Senang Bermalas-malasan

Tanggapan dan Saran :
Bermalas-malasan bukan menjadi salah satu hal yang bisa dibanggakan. Cobalah untuk pergi dan keluar, lihatlah dunia, betapa indahnya dunia, jika tidak bermalas-malasan.

5. Dodi Tidak Suka Membaca Buku

Tanggapan dan Saran :
Buku adalah sumber pengetahuan. Maka, bacalah buku jika ingin wawasan dan pengetahuan bertambah. Dengan membaca, maka akan mendapatkan ilmu, dan akan mudah mencari jalan keluar apabila menemui suatu masalah.

6. Teman-teman Edo Menjelek-jelekkan Dirinya Karena Tulisan Edo Jelek

Tanggapan dan Saran :
Dengan menulis, maka akan memiliki sebuah catatan untuk dibaca. Jangan dihiraukan perkataan teman-teman apabila tulisan jelek. Tidak baik mengejek satu sama lain. Untuk bisa menulis dengan baik dan bagus, bisa berlatih setiap hari.

7. Setiap pagi, Ferdi Tidak Sarapan

Tanggapan dan Saran :
Sarapan adalah salah satu aspek yang cukup penting. Karena, selama kita tidur di malam hari kita tidak memiliki asupan dan diganti dengan sarapan. Apabila tidak sarapan, maka energi kita untuk beraktivitas atau belajar di sekolah hingga siang atau bahkan sore hari menjadi terganggu dan tak bersemangat. Alangkah baiknya, selalu lakukan sarapan setiap hari.

8. Gigin Tak Pernah Mengerjakan PR

Tanggapan dan Saran :
PR (Pekerjaan Rumah) adalah salah satu bentuk pengetahuan yang diberikan oleh Guru kepada siswanya. Dengan PR, maka diharapkan siswa bisa memahami benar-benar setiap yang diajarkan oleh Guru. Maka dari itu, sangat penting untuk mengerjakan PR karena dengan demikian mampu mengasah otak kita lebih cerdas lagi.

9. Hendri Tak Pernah Belajar di Rumah

Tanggapan dan Saran :
Belajar juga menjadi aspek penting selain dari PR. Dengan belajar, maka bisa mengembangkan, mengolah materi yang telah diajarkan oleh Guru menjadi lebih baik lagi dan mudah untuk kita cermati. Terutama, belajar dengan tekun adalah salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan.

10. Indra Selalu Meminta Uang Saku Lebih untuk Jajan di Sekolah

Tanggapan dan Saran :
Makanan dan minuman memang menjadi hal yang penting dan tak boleh kita lewati. Jajan boleh, namun alangkah baiknya untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Mintalah uang saku secukupnya, jangan berlebihan. Ingat selalu, masih ada orang yang serba kekurangan di sekitar kita. Jadi, tetaplah bersyukur!

11. Tanaman di Rumah Jinny Layu

Tanggapan dan Saran :
Tanaman sama halnya dengan manusia yakni makhluk hidup. Untuk melangsungkan kebutuhan hidupnya, maka salah satu diantaranya, tanaman harus diberikan air. Dengan disiram air inilah maka tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

12. Jika Keluar Rumah, Kenny Tak Pernah Memakai Alas Kaki

Tanggapan dan Saran :
Ada baiknya untuk menggunakan alas kaki (sandal atau sepatu). Hal ini untuk melindungi tubuh kita terutama di bagian kaki, agar tidak menginjak benda-benda yang tajam serta keras, seperti contohnya adalah paku.

13. Sepulang Sekolah, Lili Bermain Bersama Temannya Hingga Sore Hari

Tanggapan dan Saran :
Bermain dengan teman memang salah satu hal yang asyik dan menyenangkan. Hal ini bisa membuat semakin akrab dengan teman kita. Akan tetapi, bermain juga ada waktu dan batasannya. Jangan bermain terlalu sore, bermain secukupnya agar tidak mudah lelah dan nantinya pulang ke rumah bisa langsung disiapkan untuk belajar.

14. Waktunya Tidur, Mario Malah Membaca Buku

Tanggapan dan Saran :
Tidur adalah salah satu aktivitas yang harus kita lakukan. Dengan tidur, maka tubuh akan beristirahat dan tidak akan lelah untuk beraktivitas di keesokan harinya. Alangkah baiknya, waktu tidur digunakan untuk tidur agar waktu tidur tidak berkurang.

15. Nana Berangkat Sekolah Sambil Berlari-lari Karena Sudah Terlambat

Tanggapan dan Saran :
Berlari-lari boleh saja, namun tetap perhatikan jalan agar tidak jatuh. Hindari kebiasaan buruk terlambat, bisa dengan bangun pagi, beribadah lalu sarapan, lantas berangkat ke sekolah dengan jalan kaki agar tenaga tidak terkuras habis dan tidak berkeringat.

16. Odi Ternyata Bangun Kesiangan

Tanggapan dan Saran :
Tidur memang baik, namun jangan sampai tidur berlebih atau hingga bangun tidur kesiangan. Sebelum tidur, ada baiknya meminta orang tuamu untuk membangunkan di pagi hari atau bisa juga dengan menggunakan alarm agar tidak terlambat bangun tidur.

17. Sakit Perut, Kini Putri Sedang Dirawat di Rumah Sakit

Tanggapan dan Saran :
Setiap penyakit pasti ada sebabnya. Contohnya sakit perut, maka tidak boleh jajan atau makan makanan yang sembarangan. Tidak boleh makan makanan yang kotor atau sudah jatuh ke lantai. Ingat selalu, apabila akan memakan sesuatu, alangkah baiknya cuci tangan terlebih dahulu. Semoga lekas sembuh!

18. Di Belakang Rumah, Ternyata Roni Sedang Memanjat Pohon Kelapa

Tanggapan dan Saran :
Memanjat memang tidak baik, terlebih kalau belum ahli. Bisa-bisa terjatuh dan terbentur dengan sakit. Ada baiknya, jika membutuhkan bantuan, hubungi saja keluargamu jangan malah memanjat sendirian. Berbahaya!

19. Seno Tak Mau Beribadah

Tanggapan dan Saran :
Beribadah memang hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat di masing-masing agama. Dengan beribadah, otomatis akan melakukan pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa. Jangan tinggalkan ibadah karena bisa membuat dosa.

20. Toni Tidak Ingin Makan Sayur

Tanggapan dan Saran :
Sayur juga salah satu makanan yang penting dan sehat. Cobalah sedikit makan sayur. Karena, selain enak, sayur juga memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang jauh lebih baik sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

21. Sepulang Sekolah, Udin Tidak ke Rumah, Melainkan Langsung Bermain

Tanggapan dan Saran :
Pulang sekolah memang lelah dan capek. Alangkah baiknya untuk pulang ke rumah terlebih dahulu untuk melepas penat dan memberi kabar jika kita sudah selesai belajar di sekolah. Dengan hal ini, tentu tak akan membuat orang tuamu menjadi cemas.

22. Tidak Bisa Menggambar dengan Bagus, Vian Menangis

Tanggapan dan Saran :
Setiap anak atau setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Jangan menangis jika tidak bisa menggambar. Bisa dipahami aspek-aspek penting, poin-poin penting agar bisa menggambar. Jangan terbawa emosi dan bersikap santai.

23. Wahyu Sangat Gemar Membeli Mainan di Sekolah

Tanggapan dan Saran :
Bermain itu juga sangat mengasyikkan. Akan tetapi, jika memiliki uang, jangan dihabiskan untuk membeli mainan. Uang itu bisa kalian manfaatkan untuk hemat dan ditabung. Lebih asyik!

24. Yuni Bermain Boneka Hingga Lupa Waktu

Tanggapan dan Saran :
Bagi perempuan, bermain boneka memang sangatlah asyik. Akan tetapi, bermainlah secukupnya dan jangan lupa waktu. Setelah bermain ada juga jam untuk belajar, beristirahat dan berkumpul bersama keluarga.

25. Zidane Selalu Berkata Kasar Kepada Temannya

Tanggapan dan Saran :
Saling bertegur sapa dan berkomunikasi satu sama lain adalah hal yang baik bisa membuat lebih akrab. Akan tetapi, berkata juga ada etika dan sopan santun. Tidak pantas kepada sesama teman, yang lebih muda atau bahkan yang lebih muda menggunakan kata-kata kasar. Harus bisa lebih dijaga perkataannya agar lebih sopan.

Maka, kesimpulan dari memberikan tanggapan dan saran itu adalah, kita bisa memberikan tanggapan yang positif dan santun, disertai dengan saran yang masuk akal dan bersifat positif juga. Jangan sampai apa yang kita katakan malah menyinggung orang lain.
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh.” (HR. Muslim no. 1631) - YUK SHARE DI FACEBOOK, TWITTER dan GOOGLE+!
 
Back To Top